Apa Itu Robo Advisor dan Bagaimana Untuk Cara Kerjanya?

Apa Itu Robo Advisor dan Bagaimana Untuk Cara Kerjanya?

Apa itu robo advisor dan bagaimana untuk cara kerjanya? Robo Advisor ini merupakan salah satu dari fasilitas yang sering digunakan dalam dunia investasi terutama di Negara Amerika Serikat. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan robo advisor ini dan bagaimana untuk cara kerjanya.

Mengenal Robo Advisor

Apa kalian sudah pernah mendengar istilah robo advisorRobo advisor adalah sebuah perangkat lunak yang dapat memberikan layanan wealth management yang bisa untuk membantu kalian dalam membuat portofolio investasi. Portofolio ini dibentuk dengan berdasarkan algoritma dan juga tidak menggunakan bantuan dari manusia.

Dengan kalian menggunakannya maka kalian sudah tidak perlu lagi berkonsultasi dengan perencana keuangan. Karena Robo advisor akan secara otomatis membuatkan portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan kalian dengan menggunakan algoritma.

Pada dasarnya robo advisor ini menggantikan fungsi dari perencana keuangan kalian dalam merekomendasikan portofolio investasi. Hanya saja karena sebuah mesin yang tidak memiliki dan juga memahami emosi, dan hal-hal yang berkaitan dengan emosi ataupun yang bersifat pribadi tidak dapat dipertimbangkan.

Robo advisor ini hanya akan bekerja berdasarkan data eksak yang kalian masukkan. Dan dari data tersebutlah, maka akan mengambil keputusan portofolio apa yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Robo advisor juga merupakan salah satu solusi bagi para investor yang lebih suka mengelola investasinya sendiri, tetapi juga ingin mengoptimasi portofolio investasinya.

Akan tetapi, jika kalian adalah tipe investor yang suka berinteraksi dengan seorang konsultan, sebaiknya kalian tidak perlu untuk menggunakannya. Robo advisor telah memberikan seluruh rekomendasinya ke dalam basis online.

Bagaimana Cara Kerja dari Robo Advisor?

Ada berbagai perusahaan yang telah menawarkan jasa robo advisor, setiap perusahaan bisa saja mempunyai cara kerja yang berbeda. Tetapi, secara umum cara kerja dari robo advisor adalah seperti berikut :

  1. Mengisi Survei Online

Pertama-tama, robo advisor perlu untuk mengetahui profil risiko kalian. Profil risiko ini memiliki peran yang sangat penting untuk menghasilkan portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Jadi kalian harus mengisi survei yang berkaitan dengan profil risiko kalian terlebih dahulu.

  1. Membuat Rekening

Jika sudah mengisi survei profil risiko, maka kalian sudah bisa membuat rekening pada perusahaan robo advisor untuk menyimpan dana yang nantinya akan diinvestasikan. Rekening ini nanti bisa kalian diakses secara otomatis oleh robo advisor sehingga kalian dapat mengotomasi seluruh kegiatan investasi kalian.

  1. Robo Advisor Mengolah Data

Data profil risiko yang sudah kalian berikan maka akan secara otomatis diolah oleh robo advisor.

  1. Rekomendasi Portofolio

Setelah mengolah data, maka robo advisor akan memberikan sebuah rekomendasi portofolio untuk kalian. Kemudian robo advisor secara otomatis akan membeli produk-produk investasi yang sudah disarankan dengan menggunakan uang yang disimpan pada rekening investasi kalian.

  1. Penyeimbangan Portofolio

Dengan seiring berjalannya waktu, keuntungan investasi kalian peroleh beragam. Jika keuntungan investasi kalian tidak merata maka proporsi dalam portofolio investasi akan bisa berubah dan belum tentu bisa untuk optimal lagi. Karena itulah robo advisor akan secara otomatis memantau dan juga menyeimbangkan portofolio tersebut secara berkala.

TRENDING :  Takut Haram?Begini Hukum Trading Forex Menurut Islam

Biaya Robo Advisor

Sama saja halnya seperti perencana keuangan konvensional, robo advisor ini juga mengenakan biaya untuk para investornya. Ketika kalian menggunakan robo advisor, kalian harus membayar biaya jasa dan juga biaya administratif untuk setiap produk investasi yang telah kalian beli. Biaya jasa ini bisa beragam, bisa dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, sementara untuk biaya administrasi investasi tergantung pada pihak yang mengeluarkan produk investasi tersebut.

Ada sebuah perusahaan robo advisor yang mengenakan biayanya sudah fix setiap bulannya, tetapi ada juga perusahaan yang mengenakan biayanya dengan berdasarkan persentase aset yang dimiliki oleh investor. Dan untuk robo advisor yang menawarkan biaya fix setiap bulannya, biasanya biayanya beragam berdasarkan dengan ukuran portofolio investasi. Jika semakin besar portofolio investasi kalian, maka akan semakin besar juga biaya fix per bulannya.

Sementara itu bagi robo advisor yang mengenakan biaya berdasarkan persentase asset, biasanya biaya tersebut berkisaran 0,15% sampai 0,5% dari seluruh aset yang kalian miliki. Akan tetapi ini angka ini hanyalah sebuah patokan, masing-masing dari perusahaan robo advisor dapat mengenakan biaya tersendiri. Biaya ini bisa dibilang relatif murah karena perusahaan robo advisor sudah tidak perlu menyediakan tenaga kerja lagi untuk melayani investor secara langsung.

Investasi dengan Jasa Robo Advisor

Robo advisor merupakan salah satu terobosan dalam dunia investasi yang bisa memudahkan para investor untuk menjalankan investasinya. Terutama jika kalian masih pemula sebagai investor yang masih belum memiliki pengalaman dan juga masih kebingungan untuk menentukan portofolio investasi sendiri.

Robo advisor ini sudah tersedia di beberapa negara contohnya seperti Amerika Serikat dan Singapura. Namun sayangnya sampai saat ini robo advisor masih belum ada di Indonesia. Layanan ini sangat sesuai bagi kalian yang tidak ingin repot dalam berinvestasi dan juga tidak ingin mengeluarkan biaya mahal.

TRENDING :  Investor Properti Lebih Berhati-hati Disaat PPKM Darurat

Tetapi bagi para investor yang membutuhkan kepercayaan lebih tinggi yaitu dengan berkonsultasi secara langsung dengan manusia, maka robo advisor ini tidak sesuai untuk kalian.

 

crossorigin="anonymous">