Fungsi, Unsur, Bentuk, dan Pengertian dari Komunikasi Bisnis

Fungsi, Unsur, Bentuk, dan Pengertian dari Komunikasi Bisnis

Pengertian Komunikasi Bisnis – Dalam dunia akademi, Komunikasi dipelajari dalam spektrum yang lebih luas dan juga lebih mendalam.

Banyak para ahli yang menyatakan pandangan mereka tentang pengertian komunikasi.

Salah satunya adalah menurut Everett M. Rogers dalam bukunya, yang mengatakan bahwa “komunikasi adalah proses pengalihan ide dari sumber ke penerima dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku sang penerima”.

Fungsi Komunikasi Bisnis

Fungsi Komunikasi Bisnis ada empat yang dilansir dari laman dosenpendidikan.co.id, yaitu :

  1. Fungsi Informatif

Selain sebagai sumber kehidupan, sebuah organisasi bisnis, dalam kacamata komunikasi ini juga mempunyai fungsi informatif.

Yang maksudnya, organisasi adalah juga sebuah sistem pemrosesan informasi bagi seluruh anggota yang dinaungi.

Tentunya informasi ini harus disampaikan secara struktural agar operasional dari organisasi tersebut tetap berjalan dengan lancar.

Informasi ini bisa saja disampaikan secara horizontal ataupun secara vertikal, tergantung juga pada jenis informasi itu sendiri.

  1. Fungsi Regulatif

Dan untuk fungsi yang kedua dari komunikasi ini adalah fungsi regulatif, yaitu organisasi menerapkan beberapa peraturan yang wajib untuk dipatuhi oleh seluruh anggota supaya timbul ketertiban.

Beberapa peraturan itu sendiri terbagi lagi menjadi beberapa bagian, tergantung pada divisi, ataupun bagian yang ada pada organisasi tersebut.

Seperti contohnya, peraturan yang dibuat selama karyawan berada di dalam ruangan tertentu, ataupun peraturan general yang wajib untuk dipatuhi oleh seluruh karyawan tanpa terkecuali.

  1. Fungsi Persuasif

Fungsi persuasi yang ada pada sebuah organisasi perusahaan, biasanya berbentuk persamaan persepsi dan juga tujuan untuk masa depan serta kebaikan perusahaan.

Biasanya, akan lebih efektif jika disampaikan oleh pejabat tinggi di perusahaan terkait, yang merangkul seluruh jajaran di perusahaan.

  1. Fungsi Integratif
TRENDING :  10 Fasilitas Hotel yang Paling Diburu Tamu

Fungsi integratif pada prakteknya diwujudkan dalam media internal, buletin, dan juga laporan perkembangan perusahaan yang bisa diakses oleh semua karyawan.

Tentu saja hal ini akan menumbuhkan rasa memiliki dan juga rasa ingin terus memberikan yang terbaik untuk kemajuan perusahaan dari setiap karyawan.

Unsur Komunikasi Bisnis

Dalam modulnya, Dr. Yosal Iriantara, ada 6 unsur dari komunikasi bisnis yang menjadi pokok dari komunikasi tersebut, yaitu sebagai berikut :

  • Tujuan
  • Pertukaran
  • Pesan ( gagasan, opini, informasi, instruksi )
  • Media ( saluran personal atau impersonal )
  • Simbol atau sinyal
  • Pencapaian tujuan

Bentuk Komunikasi Bisnis

Sebenarnya sama saja dengan komunikasi pada umumnya, komunikasi bisnis terdiri dari dua bentuk, yaitu verbal dan juga non-verbal.

Verbal sendiri merupakan bentuk dari komunikasi yang dilakukan melalui tulisan ataupun ucapan, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

Contoh komunikasi verbal adalah ; membuat dan mengirim surat ke suatu perusahaan ataupun divisi lain, memberikan informasi kepada pelanggan, melakukan diskusi ke sesama anggota, melakukan presentasi, dan lainnya.

Sementara untuk komunikasi non-verbal, merupakan komunikasi yang menggunakan bahasa isyarat, ekspresi wajah, sandi, simbol, pakaian seragam, intonasi suara, dan lainnya yang dimana tidak disampaikan secara langsung.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

6 unsur pokok dalam komunikasi bisnisunsur pokok dalam komunikasi adalah
crossorigin="anonymous">