10 Persiapan Wajib Sebelum Berhenti Kerja (Resign)

10 Persiapan Wajib Sebelum Berhenti Kerja (Resign)

10 Persiapan Wajib Sebelum Berhenti Kerja (Resign) – Supaya kalian tidak salah langkah dalam perencanaan, sebelum resign sebaiknya kalian pastikan terlebih dahulu kalua kalian memiliki 10 modal berikut ini.

Persiapan Sebelum Berhenti Kerja

Jika kalian hendak berhenti bekerja begitu saja, lalu bagaimana dengan kehidupan kalian selanjutnya? Tentu tidak mungkin kalian akan menganggur terus-terusan bukan?

Apalagi dimasa pandemi seperti ini sulit untuk mencari pekerjaan yang nyaman. Sebaiknya sebelum kalian berhenti bekerja pastikan kalian mempersiapkan beberapa modal penting, antara lain seperti berikut.

  1. Dana Darurat

Pastikan kalian sudah menyisihkan sebuah dana darurat dari penghasilan kalian selama ini. Setidaknya kalian menyiapkan 3-6 bulan gaji untuk berjaga-jaga, agar masa menganggur kalian tidak terlalu membebani orang lain.

Kalian pun bisa lebih santai untuk menikmati waktu tersebut sambil mencari informsai tentang pekerjaan yang cocok dengan kemampuan dan juga latar belakang kalian.

  1. Berlibur Sejenak

Sebelum mencari pekerjaan yang baru, sebaiknya kalian sempatkan diri kalian untuk berlibur sejenak. Habiskan beberapa waktu kalian untuk bersama keluarga, teman, atau pun kekasih. Buatlah diri kalian senyaman dan serileks mungkin di masa-masa tersebut.

  1. Asuransi Kesehatan

Jika kantor atau tempat kalian bekerja menanggung asuransi kesehatan para karyawan. Sebaiknya kalian manfaatkanlah hal tersebut sebaik mungkin. Periksakan kesehatan kalian secara penuh, agar kalian tidak merasa terlalu rugi.

  1. Ucapkan Terima Kasih Kepada Rekan

Tidak ada salahnya jika kita meninggalkan kesan yang baik pada orang lain. Kalian bisa mulai dengan mengucapkan terima kasih kepada para rekan kerja kalian yang telah membantu selama ini.

  1. Rencana Selanjutnya

Sebaiknya kalian sudah tahu mau melakukan apa setelah nanti mengundurkan diri. Jika kalian belum mempunyai rencana yang matang, sebaiknya kalian bertahan dulu di pekerjaan kalian yang sekarang. Dan carilah pekerjaan lain yang sudah jelas, supaya nanti tidak bingung.

  1. Waktu yang Tepat

Tidak ada patokan yang jelas memang terkait waktu resign. Sebenarnya ini tergantung kepada diri kalian sendiri. Apakah kalian sudah siap dengan konsekuensi atas keputusan tersebut?

  1. Budget Bulanan

Sebaiknya hitung kembali budget bulanan kalian dengan teliti. Meskipun sulit untuk menyesuaikan diri dengan perubahan status, Kalian harus mengatur pengeluaran.

Khususnya untuk kalian yang memang mengandalkan gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Membersihkan Jejak

Hapuslah semua data serta riwayat di komputer kantor kalian. Sebisa mungkin kalian hilangkan semua jejak yang berkaitan dengan media sosial dan internet.

  1. Beri Tahu Atasan

Jangan sampai atasan kalian tahu tentang rencana resign kalian dari orang lain. Hal ini akan menimbulkan sebuah kesan yang buruk pada diri kalian sendiri. Jika tidak nanti atasan kalian akan merasa dikhianati atau diperlakukan dengan tidak hormat.

  1. Beri Alasan yang Jujur

Kalian tidak perlu menutup-nutupi alasan resign kalian. Sebaiknya kalian sampaikan yang sejujurnya tentang alasan mengapa kalian memilih resign dari perusahaan tersebut.

Akhir Kata

Itulah pembahasan tentang 10 Persiapan Wajib Sebelum Berhenti Kerja (Resign). Jadi sebelum memutuskan untuk resign sebaiknya perhitungkan secara matang rencana kedepannya,agar tidak menyesal dikemudian hari.

Check Also

Begini Syarat dan Cara Cek Penerima Bantuan Langsung Tunai BBM

Begini Syarat dan Cara Cek Penerima Bantuan Langsung Tunai BBM

Syarat dan Cara Cek Penerima Bantuan Langsung Tunai BBM – Beberapa waktu yang lalu pemerintah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.