Definisi dan Perbedaan Zakat, Infaq, Sedekah

Jangan Kebalik! Ini Definisi dan Perbedaan Zakat, Infaq, Sedekah

Definisi dan Perbedaan Zakat, Infaq, Sedekah – Dalam ajaran agama Islam, Zakat, Infaq dan juga Sedekah merupakan amal ibadah yang sangat dianjurkan, yaitu dengan cara memberikan sebagian harta kita kepada orang-orang miskin dan juga yatim piatu.

Pengertian dari zakat sendiri yaitu memberikan sebagian harta kita dengan ketentuan tertentu untuk diberikan ke orang, kelompok, ataupun golongan tertentu.

Sedangkan, Infaq merupakan semua bentuk pembelanjaan dari seorang muslim yang untuk dirinya sendiri, keluarganya, maupun masyarakat.

Dan yang terakhir adalah sedekah, sedekah merupakan bentuk infaq yang lebih dikhususkan lagi diberikan di jalan Allah untuk bisa membantu orang-orang yang tidak mampu.

Perbedaan Konkret dari Zakat, Infaq dan juga Sedekah

Dari ketiga jenis amal ibadah tersebut, masih banyak orang yang belum terlalu paham masing-masing fungsi serta perbedaannya.

1. Perbedaan Waktu

Yang membedakan dari ketiga amal tersebut adalah perbedaan waktu. Zakat akan dilakukan ketika bulan Ramadan saja, sedangkan untuk infaq dan juga sedekah bisa dilakukan kapanpun.

2. Perbedaan Jumlah

Zakat berbeda dengan kedua amal lainnya yaitu infaq dan juga sedekah. Perbedaannya adalah untuk masalah jumlahnya. Antara zakat, infaq, sedekah memang mempunyai perbedaan pada besaran jumlah yang akan diberikan nantinya.

Untuk zakat sendiri ditentukan dengan 2.5 persen dari harta yang dimiliki oleh masing-masing orang ataupun jiwa dalam satu penghasilan yang didapat ataupun juga bisa dibayar dengan beras sebesar 2.5 kilogram yang di mana harga perliternya adalah Rp 15 ribu, sedangkan untuk infaq dan sedekah bisa sedikit lebih bebas dan tidak ada aturannya.

3. Perbedaan Hukum

Perbedaan yang selanjutnya adalah perbedaan hukumnya. Yang dimana, zakat ditetapkan hukumnya wajib sedangkan infaq dan sedekah adalah sunah.

4. Perbedaan Jenis

Dan perbedaan lainya adalah perbedaan jenis barang yang akan diberikan. Pada zakat yang mempunyai beberapa jenis, juga mempunyai beberapa standardisasi barang yang akan diberikan, seperti uang, atau beras.

Sedangkan, untuk sedekah bisa juga berupa macam-macam bentuk. Bisa juga dalam bentuk uang, barang yang kita miliki, atau bahkan dengan hanya sekedar memberikan bantuan tenaga maka sudah bisa dikatakan sebagai sedekah.

5. Perbedaan Tujuan

Dan yang terakhir adalah perbedaan dari segi tujuan pemberian. Jika zakat sudah ada ketentuannya pada siapa nanti kita akan memberikan zakat tersebut, karena sudah ada badan sendiri yang mengurusnya.

Sedangkan untuk infaq diutamakan untuk diberikan kepada keluarga sendiri ataupun orang yang terdekat terlebih dulu, dan juga sedekah bisa kita berikan kepada siapapun yang ingin kita beri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.