10 Cara Menghemat Biaya Pernikahan

Cara Menghemat Biaya Pernikahan – Pernikahan merupakan salah satu terindah dalam hidup seseorang, sehingga tidak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan budget hingga ratusan juta demi momen sakral yang satu ini.

10 Cara Menghemat Biaya Pernikahan

Akan tetapi, bagi kalian yang ingin melaksanakan pernikahan, supaya mengeluarkan biaya tidak terlalu mahal maka kalian bisa simak cara menghemat biaya pernikahan supaya tidak dirasa mahal berikut.

1. Menggunakan Undangan Digital

Dengan semakin majunya teknologi seperti sekarang ini, undangan sudah tidak harus berbentuk kertas atau hardcopy lagi, karena sekarang sudah ada yang namanya undangan digital. Hanya cukup 1 kali buat kalian bisa mengundang seluruh teman kalian.

Tapi undangan digital ini hanya bisa kalian gunakan untuk teman-teman kalian saja, sedangkan untuk kerabat yang dihormati kalian harus menggunakan undangan berbentuk cetak supaya lebih sopan dan menghargai.

2. Mengurangi Jumlah Undangan

Pernikahan merupakan suatu momen yang sakral dan penuh keakraban. Jadi supaya kalian tidak merasa asing dengan orang yang datang karena kerabat jauh, lebih baik kalian mengundang yang kalian anggap dekat saja.

Dengan mengundang kerabat dekat saja, tentunya kalian bisa mengurangi jumlah undangan sehingga bisa menghemat budget yang kalian gunakan, dan budget tersebut bisa untuk keperluan yang lainnya.

3. Meminta Bantuan Teman

Masalah yang satu ini kalian harus mencari bantuan dari teman kalian yang punya keahlian seperti makeup atau fotografi supaya bisa mengabadikan setiap momen pernikahan kalian baik itu prewedding atau bahkan ketika hari H.

Dengan menggunakan jasa teman tentunya harga juga menjadi harga teman yang bisa kalian tawar menjadi lebih murah.

4. Meminimalisir Biaya Souvenir

Sepertinya souvenir menjadi hal yang wajib di setiap pernikahan, souvenir dijadikan sebagai kenang-kenangan oleh keluarga pengantin. Kalian tidak perlu membeli souvenir yang mahal karena akan cukup menguras kantong kalian.

Untuk ide souvenir kalian bisa mencarinya di internet dengan souvenir yang murah tapi unik. Atau bisa juga kalian membuat souvenir sendiri dengan bahan-bahan yang lebih murah.

5. Pilih Hari Yang Tepat

Mengurangi budget bisa kalian ambil dari mengurangi biaya catering atau biaya gedung. Karena biasanya ketika hari kerja maka biaya sewa gedung akan lebih murah dibandingkan dengan hari libur ataupun weekend.

Jika kalian ingin lebih hemat lagi, kalian bisa mengadakan resepsi pernikahan di sore hari dimana para undangan hanya membutuhkan minuman dan cemilan.

6. Mengurangi Biaya Seragam

Dengan menggunakan seragam, maka hasil foto tentunya akan semakin rapih karena menggunakan warna yang senada. Tapi bagi kalian yang ingin mengurangi budget, ada triknya.

Kalian bisa menggunakan seragam keluarga dengan membeli baju masing-masing, tetapi dengan catatan semua warnanya harus sama meskipun bahannya berbeda-beda. Dan untuk hasil fotonya pasti akan tetap bagus, karena menggunakan warna yang senada.

7. Pilih Tempat Yang Terjangkau

Jika kalian merasa menyewa gedung untuk pernikahan itu terlalu mahal, maka kalian bisa mengunakan alternatif lain yang lebih murah, contohnya di museum atau hutan pinus.

Para tamu undangan tidak akan memperdulikan lokasi pernikahan kalian, karena yang terpenting lokasi tersebut aman dan juga nyaman.

8. Pilih Dekorasi Pelaminan Yang Minimalis

Kalian masih tetap bisa menggunakan dekorasi pernikahan meskipun dengan harga yang terjangkau. Contohnya kalian bisa menggunakan bunga palsu tapi yang berkualitas bagus.

Bisa juga kalian menggunakan dekorasi pelaminan yang pernah digunakan oleh vendor, jadi kalian tidak akan dikenakan biaya tambahan jika dekorasinya lebih rumit.

Pilihlah juga warna dekorasi yang senada dan gunakan produk local, maka tidak akan ada tamu yang memperhatikan apakah bunga tersebut lokal ataupun impor.

9. Memilih Menu Makanan Yang Umum

Sebaiknya kalian memilih makanan yang umum yang bisa dinikmati oleh semua orang. Kalian bisa menghidangkan menu seperti nasi uduk, bakso, pecel, soto, atau menu lainnya yang semua kurang suka.

Kalian tidak perlu menghidangkan menu seperti kepiting, lobster ataupun menu lain yang susah untuk dimakan, terlebih lagi menu tersebut tidak semua orang suka bahkan ada yang memilki alergi dengan makanan seafood.

10. Jangan Semua Dibeli

Sebenarnya ada beberapa perlengkapan tertentu yang tidak harus kalian beli sehingga bisa memangkas biaya pernikahan. Berbeda dengan cincin, karena digunakan untuk jangka panjang sehingga harus dibeli.

Contohnya seperti gaun pengantin, jas, sepatu, heel dan juga masih banyak lagi yang bisa kalian sewa tanpa harus membelinya.

Akhir Kata

Itulah 10 Cara Menghemat Biaya Pernikahan. Pernikahan adalah acara yang sakral, maka sebaiknya jangan memaksakan diluar kemampuan hanya untuk sesuatu yang mungkin tidak begitu perlu dalam acara pernikahan. Ingat, setelah acara pernikahan selesai ujian kehidupan yang sebenarnya baru dimulai.

Tinggalkan komentar