Para Karyawan, Ini Motivasi Kerja yang Anda Butuhkan!

Ini Motivasi Kerja – Apakah kalian pernah kehilangan motivasi kerja? Jika iya, apa yang biasa kalian lakukan untuk membangkitkan motivasi kerja kalian?

Pentingnya Motivasi Kerja

Seperti yang mungkin sudah kalian ketahui, bahwa motivasi kerja bisa membuat hari kita menjadi baik ataupun menjadi buruk.

Kalian bisa menjadi orang yang malas seharian tanpa ingin berbuat sesuatu di kantor jika kalian sedang tidak memiliki motivasi kerja.

Sebaliknya, kalian juga bisa menjadi orang yang sangat bersemangat dan berusaha menyelesaikan semua pekerjaan kalian ketika kalian sangat termotivasi dalam bekerja.

Karena itulah motivasi kerja sangatlah penting, karena ketika motivasi kalian tercapai, maka kalian akan bisa memberikan seratus sepuluh persen atau bahkan dua ratus persen kepada pekerjaan kalian.

Secara garis besar motivasi kerja dibagi menjadi 2, ada yang berasal dari luar diri kalian dan ada yang berasal dari dalam diri kalian.

Simak penjelasannya berikut ini untuk mengetahui perbedaanya.

Motivasi Kerja dari Luar Diri Kalian

Motivasi dari luar diri merupakan semua hal yang bisa memotivasi tetapi datangnya tidak dari diri kalian sendiri, melainkan dari lingkungan ataupun orang lain.

Motivasi dari luar diri antara lain gaji yang kalian terima dari kantor, lingkungan kerja kalian dan sikap atasan kalian.

  1. Pembayaran yang Sesuai Dengan Performa

Tidak bisa dipungkiri, pembayaran merupakan salah satu motivasi dari luar diri yang paling kuat. Banyak orang yang bekerja keras demi mendapatkan penghasilan tinggi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Bekerja di sebuah perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan hidup karyawannya dan yang memberikan penghasilan dengan baik, pastinya akan memberikan motivasi yang besar jika dibandingkan bekerja di perusahaan yang tidak berlaku demikian.

Tentunya kita akan merasa senang saat kita mendapatkan penghargaan atas usaha dan kerja keras kita.

Salah satu penghargaan yang paling memotivasi karyawan yaitu kenaikan penghasilan atau tambahan penghasilan yang sesuai dengan performa yang telah kita berikan kepada perusahaan.

Tak hanya itu, ketepatan waktu dalam memberikan pembayaran atau penghasilan menjadi salah satu faktor penting yang akan memotivasi orang untuk bekerja dengan baik dan lebih semangat.

Ketika kalian tahu bahwa kalian dibayar tepat waktu setiap bulannya bahkan terkadang lebih awal, tentunya kalian akan menjadi lebih termotivasi lagi dalam bekerja.

Oleh karena itu, sebelum kalian masuk ke sebuah perusahaan pastikan kalian melakukan negosiasi dengan baik dan melihat apakah perusahaan ini memperhatikan karyawannya dengan pembayaran yang baik atau malah sebaliknya.

  1. Lingkungan Kerja yang Kondusif

Selain tentang pembayaran, lingkungan kerja juga tak kalah berpengaruh terhadap motivasi kerja. Lingkungan kerja yang kondusif bisa memberikan motivasi kerja kepada diri kalian. Kalian akan termotivasi jika rekan kerja kalian terus mendukung kalian dalam bekerja dan saling membantu untuk berkembang.

Tentunya akan menyenangkan jika rekan kerja kalian bukan sebatas rekan kerja di kantor tetapi juga teman baik di luar kantor. Dengan memiliki lingkungan kerja yang kondusif, maka kalian akan bisa bekerja dengan lebih baik lagi. Kalian juga bisa nyaman bekerja sama dengan rekan-rekan kerja kalian dalam menyelesaikan tujuan bersama suatu tim atau perusahaan.

  1. Atasan yang Menjadi Teladan dan Membangun Karyawannya

Motivasi dari luar diri yang terakhir adalah mempunyai atasan yang tepat. Atasan yang bukan menjadi seorang ‘bos’, tetapi menjadi seorang pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa memberikan contoh dan teladan yang baik kepada karyawan lain ketika di kantor.

Ketika seorang atasan datang lebih pagi dan pulang lebih sore, tentunya hal ini akan membuat kita lebih termotivasi dalam bekerja. Atasan yang baik bukanlah atasan yang hanya bisa marah-marah ketika pekerjaan kalian belum selesai, melainkan yang ikut membantu menemukan solusi untuk kesulitan yang sedang kalian alami.

Ketika kalian memiliki atasan yang selalu membantu kalian untuk berkembang dan sukses mendapatkan karier yang lebih baik, tentunya kalian akan bersemangat untuk bekerja, karena kalian tahu bahwa atasan kalian sangatlah peduli terhadap diri kalian.

Atasan bisa menjadi salah satu faktor penting dalam kalian bekerja.

Saat kerja keras kalian dihargai oleh atasan, tentunya kalian akan termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi.

Motivasi Kerja dari Dalam Diri Kalian

Selain motivasi dari luar, motivasi dalam diri juga akan mempengaruhi kalian dalam bekerja. Motivasi dalam diri adalah semua hal yang bisa mendorong diri kalian untuk bekerja dengan lebih baik dan lebih giat lagi yang berasal dari diri kalian sendiri.

Berikut inilah contoh-contoh motivasi dari dalam diri:

  1. Tujuan Kalian Bekerja

Tujuan kalian bekerja adalah motivasi dari dalam diri kalian yang paling kuat, bahkan bisa melebihi semua motivasi yang ada. Yaitu jika kalian mengetahui apa tujuan kalian bekerja.

Jika kalian mengetahui bahwa tujuan kalian bekerja adalah untuk mendapatkan pengalaman, maka sekeras apapun lingkungan kerja kalian itu, kalian akan tetap termotivasi untuk bekerja.

Meskipun kalian memiliki atasan yang tidak sesuai dengan ekspektasi kalian, kalian akan tetap bekerja karena kalian tahu tujuan kalian, bahwa kalian ingin mendapatkan pengalaman sebelum kalian mencari tempat kerja yang baru dengan tujuan yang baru.

Jadi pastikan kalian sudah memiliki tujuan ketika kalian datang ke suatu perusahaan sehingga kalian bisa termotivasi dari dalam, bukan hanya terpengaruh oleh motivasi dari luar diri kalian.

  1. Ingin Mencoba Hal Baru dan Suka Dengan Tantangan

Bentuk motivasi dalam diri kalian yang lainnya adalah ketika kalian merasa tertantang untuk berkembang di dalam pekerjaan kalian. Kalian merasa bahwa kalian harus berubah, mencoba hal yang baru, dan berhasil mengatasi kesulitan yang kalian alami dengan kemampuan kalian sendiri.

Orang yang suka tantangan akan termotivasi ketika mereka sedang mengalami ujian dan tantangan di kantor. Jika kalian adalah tipe orang yang seperti ini, maka kalian harus terus mencari tantangan yang baru dan minta untuk ditantang di dalam pekerjaan kalian, sehingga kalian akan terus termotivasi dan berkembang.

Motivasi Kerja yang Baik Akan Menghasilkan Kinerja yang Baik

Dengan memiliki motivasi kerja yang baik, maka kalian juga akan memberikan kinerja yang baik juga. Performa kalian dalam bekerja akan meningkat. Dan bukan hal yang tidak mungkin lagi kalian akan menjadi seorang karyawan teladan dengan kinerja di atas rata-rata.

Motivasi kerja adalah kunci supaya kalian bisa bekerja dengan maksimal.

 

Tinggalkan komentar