Cara Mengubah Video Menjadi Link di HP

Cara Mengubah Video Menjadi Link di HP

Cara Mengubah Video Menjadi Link di HP –¬†Kebanyakan dari kalian pasti sudah pernah mengirimkan file berbentuk video ke orang lain, entah itu melalui aplikasi chatting, media sosial atau yang lainnya. Tetapi sayangnya, beberapa media tersebut kebanyakan mempunyai ketentuan tentang batasan ukuran file yang bisa dikirim oleh penggunanya.

Oleh karena itu, salah satu cara supaya video yang berukuran besar tersebut bisa dikirimkan ke orang lain yaitu dengan cara mengubahnya menjadi format link URL atau sebuah tautan. Sebenarnya untuk saat ini sudah tersedia cukup banyak alat pengubah video menjadi link, salah satu contohnya yaitu Google Drive.

Melalui Google Drive, penggunanya bisa lebih leluasa untuk membuat sebuah link dan juga mengatur siapa saja yang bisa melihat ataupun diizinkan untuk mengelolanya. Dan menariknya lagi, aplikasi atau software tersebut sudah tersedia secara gratis bagi semua penggunanya, baik itu di smartphone, laptop maupun komputer.

Meskipun cara melakukan pengubahan video menjadi link URL itu terbilang mudah, tetapi masih ada saja sebagian orang yang mengeluhkan bahwa mereka masih bingung dalam mengubahnya. Jadi, untuk kalian yang masih bingung maka kalian bisa simak cara mengubah video menjadi link melalui Google Drive baik itu di Android maupun laptop berikut.

Cara Mengubah Video Menjadi Link di Android

Perlu kalian ingat, syarat utama agar proses pengubahan video menjadi link ini bisa berhasil yaitu kalian harus sudah memiliki aplikasi Google Drive versi terbarunya. Untuk lebih jelasnya, kalian perhatikan saja tahapan-tahapan berikut.

1. Jalankan Google Drive

Cara yang pertama adalah silahkan kalian buka dan jalankan aplikasi Google Drive di smartphone Android kalian. Tetapi, sebelumnya pastikan bahwa ponsel kalian memiliki koneksi jaringan internet lancar dan stabil.

TRENDING :  Tips Memanfaatkan Fitur Gadget untuk Isi Libur Sekolah

2. Upload Video

Setelah masuk ke Google Drive, silahkan kalian upload file baru berupa video yang hendak kalian ubah menjadi link. Biasanya menu unggahan ini disimbolkan dengan tanda + pada pojok kanan bawah layar.

3. Kelola Orang dan Link

Setelah video telah berhasil terunggah, kemudian kalian klik tombol menu di bagian file selanjutnya pilih Kelola orang dan Link.

4. Atur Pengakses

Setelah itu, akan muncul link video yang diunggah, untuk melanjutkannya klik Ubah. Maka nanti akan keluar beberapa opsi mengenai akses link. Cara berikutnya silahkan atur ke Pengakses Lihat-Saja.

5. Salin Link

Terakhir silahkan kalian salin link video tersebut. Jika sudah sampai pada tahap ini, maka video sudah berhasil diubah menjadi sebuah tautan link URL.

crossorigin="anonymous">