Kisah Suram di Balik Wajah Glowing TKW Hongkong

Bekerja di luar negeri merupakan salah satu pilihan yang banyak dipilih orang untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarga. Meski berada jauh dari tanah kelahiran, akan tetapi bekerja di luar negeri dianggap menjadi salah satu jalan yang paling cepat untuk mengumpulkan uang.

Beberapa negara tujuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk mengadu nasib yaitu Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, dan juga Taiwan. Adapun juga pekerja migran Indonesia yang bekerja di negeri jiran yaitu Malaysia dan Singapura.

Memang sudah banyak cerita pilu yang telah dialami oleh para TKI, khususnya pekerja migran wanita atau yang sering disebut dengan TKW. Meski demikian, sudah banyak juga kisah sukses para pahlawan devisa itu. Mereka bahkan bisa membeli sawah, ladang, dan juga membangun rumah yang mewah.

Banyak dari mereka yang sukses merubah hidupnya. Termasuk juga dengan gaya hidupnya. Jika pada saat berangkat mungkin tidak mengenal tentang perawatan, maka setelah pulang dari luar negeri akan berubah glowing. Kulit cerah, terawat.

Salah satunya seperti yang dialami oleh wanita pemilik akun TikTok @ervicristine yang memilih untuk bekerja sebagai KTW di Hong Kong. Melalui akun TikTok nya, ia mengunggah sebuah video perubahannya sebelum dan setelah bekerja sebagai TKI.

Sebelumnya dirinya terlihat lebih kurus dengan riasan yang seadanya. Tapi dalam potret selanjutnya,  terlihat perubahannya yang semakin glow up.

” Sumpah nangis banget liat muka dulu sekuruuuss itu,” tulisnya dalam caption video tersebut.

Akan tetapi, di balik wajah glowing itu tersimpan sebuah kisah yang suram. Melalui videonya tersebut, ia menceritakan prahara rumah tangganya dengan mantan suaminya. Biduk rumah tangganya harus kandas dikarenakan masalah ekonomi.

Wanita itu mengaku bahwa dulunya pernah berbadan gemuk. Akan tetapi, lama-kelamaan tubuhnya menjadi semakin kurus, bahkan berat badannya pernah mencapai kurang lebih 38 kilogram. Wanita bernama Ervi ini mengaku kembali bekerja untuk membantu keuangan di rumah tangganya setelah melahirkan.

” Ini foto pas aku baru 1 bulan sc, di mana aku kembali bekerja untuk memenuhi kebutuhan anak dan bantu suami. Sumpah di sini aku masih pakai gurita karena perut masih belum normal,” tutur Ervi.

Pada akhirnya, Ervi pun memutuskan untuk menjadi TKI. Ia harus menjalani pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK).

” Ini foto kita trakhir bertiga sebelum akhirnya mutusin pegi ke yayasan. Di sini anak aku ulang tahun ke-2,” tulis Ervi.

Tapi sayangnya, rumah tangganya harus kandas. Menurut Ervi, suaminya telah lepas dari tanggung jawab.

” Doi itu penyayang banget sama anak. Tapi dia lupa sebagai laki-laki dalam tanggung jawab nafkah untuk keluarga. Malas dan harus diperintah,” ungkapnya.

Kondisi tersebut pun membuat Ervi merasa stres dan akhirnya Ervi memutuskan untuk cerai dari suaminya. Ervi mengaku sudah tidak kuat lagi dengan tingkah suaminya tersebut.

” Ini dua bulan di Hong Kong. Sampai pernah stress bgt trus motong rambut krna keadaan yang selalu ngedesak. Dan di tahun 2021 aku mutusin buat resmiin sidang cerai sama doi. Krna emg udah gak kuat. Doi lupa sama tanggung jawab sebagai suami,” jelasnya.

Dari hasil kerjanya tersebut, Ervi pun berhasil memenuhi kebutuhan keluarga serta anaknya. Selama bekerja di Hong Kong, Ervi pun memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya. Ia tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menamatkan kuliahnya meskipun sibuk bekerja.

” Ini sudah masuk semester 3. Tetap lanjut walaupun kerjaan semakin susah diatur. Berharap bisa lanjut sampai lulus nanti baru mutusin pulang ke Indonesia,” ucapnya.

Meski sudah bercerai, Tetapi Ervi dan mantan suaminya masih tetap bertanggung jawab untuk mengurus anak mereka. Dia juga mendoakan mantan suaminya supaya bisa mendapatkan jodoh yang lebih baik dari dirinya.

” Meskipun begitu, kita tetaplah orang tua Via yang sama-sama bertanggung jawab buat dia. Selamat hari ayah 19 Juni 2022 buat kamu Agus. Sehat selalu ya. Inget nafkahnya buat Vianya. Semoga kamu dapat yang lebih baik dari aku,” pungkas Ervi.

@ervicristine Sumpah nangis bgt liat muka dulu sekuruss itu🥹 #MakeNightsEpic ♬ are you ready? – boygmg_

Tinggalkan komentar