Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Tim

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Tim – Terdapa hubungan kuat antara motivasi tim dan keterlibatan, yang berarti kamu tidak bisa mempunyai satunya tanpa yang lain. Jika tim tidak mempunyai keinginan melakukan sesuatu, tim tidak akan tertarik untuk ikut berpartisipasi.

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Tim

Mari kita lihat bagaimana cara meningkatkan keduanya pada tempat kerja.

Melibatkan Tim Lewat Kolaborasi

Melihat landasan membangkitkan motivasi dan keterlibatan tim merupakan dengan memahami mereka mempunyai nilai dan kebutuhannya mereka sendiri. Supaya mereka ingin melakkan kontribusi, diperlu untuk memperlihatkan kepada tim bahwa kamu peduli dengan yang mereka katakan.

Melakukan kolaborasi dengan tim kamu merupakan langkah penting untuk memastikan tim mempunyai komitmen dengan pekerjaan mereka. Faktanya, salah satu dari alasan utama mengapa karyawan meninggalkan pekerja mereka yaitu karena kurangnya kontribusi dengan tujuan organisasi. Selain itu, 75% karyawan menilai melakukan kolaborasi itu “sangat penting” menurut penelitian yang dilakukan Queen’s University of Charlotte .

Saat kamu bekerja sama dengan tim kamu dan melibatkan tim dengan pengambilan keputusan, kamu akan melihat peningkatan kepercayaan, keterlibatan, dan produktivitas. Ini karena akan memberi mereka rasa mempunyai dan kendali, yang membuat mereka merasa mempunyai tanggung jawab atas pekerjaan mereka dan tenaga kerja yang lebih luas.

Tetapi, kolaborasi yang sejati bukan hanya sekedar memberi pekerja kepada kamu sedikit pekerjaan proyek sesekali. Tangga Partisipasi memperlihatkan tingkat partisipasi yang berbeda dan apa artinya.

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Tim

Memberikan informasi kepada rekan kerja dan meminta masukan kepada mereka pada sebuah proyek yang cukup rendah di tangga, sedangkan pendapat dan keterampilan mereka tertanam dalam produksi yang tinggi. Pada dasarnya, itu dibutuhkan kemitraan.

Jadi, bagaimana mewujudkannya? Berkumpullah dengan tim dan cari tahu apa yang penting untuk tim. Melakukan ini bisa dengan tatap muka atau dari jarak jauh, tetapi mempunyai alat untuk memulainya akan berguna. Padlet sangat berguna untuk melakujan ini, karena mempunyai beberapa template yang sudah ditentukan sebelumnya yang bisa kamu dan tim kamu sumbangkan.

Padlet merupakan aplikasi gratis yang memungkinkan orang lain ikut berkontribusi secara anonim dan real-time, sera mendukung banyak jenis file seperti musik, file Microsoft Office, gambar, tautan ke situs web, dan masih banyak lagi. Untuk memulai, cukup ikuti langkah langkah berikut ini:

  1. Klik Buat Padlet di layar beranda.
  2. Pilih Template yang sesuai kebutuhan.
  3. Pada toolbar Ubah, beri padlet kamu Judul dan Deskripsi jika mau.
  4. Klik simbol Plus di sebelah kanan bawah layar untuk menambah Postingan sebanyak yang dimau.
  5. Untuk menambahkan kontributor, klik Bagikan di sebelah kanan atas layar.
  6. Salin tautan ke papan klip dan kirim tautan ke pada tim untuk memberi akses penuh.

Dari sini kamu bisa menggali lebih mendalam dari potensi tim kamu dengan mengembangkan proyek yang mereka pimpin dan membuat perubahan, jika memungkinkan, pada proses apa saja yang menghalangi keterlibatan mereka.

Memotivasi Tim dengan Mempersonalisasi Alat Kerja

Setiap orang mempunyai cara kerja yang berbeda beda yang bisa memaksimalkan kekuatan mereka, beberapa orang lebih visual, dan beberapa orang lebih memilih beberapa aplikasi daripada yang lain. Jika tim hanya diizinkan memakai aplikasi yang kamu setujui, kamu bisa melumpuhkan kemampuan mereka.

Untuk membuat tim lebih termotivasi, kamu mungkin ingin melakukan pertimbangan untuk membiarkan mereka memakai software dan program mereka sendiri, termasuk memakai ponsel mereka.

Alasan sebagian besar perusahaan melarang telepon dari tempat kerja yaitu karena menghawatiran staf menggunakan ponsel untuk membuka media sosial dan menghindari pekerjaan. Tetapi, itu sama saja mengatakan kepada tim kamu bahwa kamu tidak mempercayai mereka, dan ini bisa menciptakan budaya ketidak percayaan.

Smartphone pada dasarnya merupakan alat yang ringkas dengan akses ke aplikasi produktivitas yang bisa membuat tim lebih efisien. Memungkinkan mereka memakai perangkat mereka sendiri selama jam kerja akan memberi mereka otonomi untuk mempersonalisasi ruang kerja mereka dan memberikan jaminan bahwa kamu memandang mereka sebagai sorang yang profesional.

Memakai Metode 5:1 untuk Memberi Umpan Balik

Alasan lain mengapa karyawan menjadi tidak terlibat dan meninggalkan pekerjaan yaitu karena kurangnya pengakuan dan tidak merasa dihargai. Ini berhubungan langsung dengan gaya dan frekuensi bagaimana kamu memberi umpan balik. Untuk mengamankan keterlibatan yang baik pada tim kamu, perlu dipastikan kamu memberikan perhatian saat mereka bekerja keras dan memuji mereka untuk hal ini.

Tim dengan kinerja yang tinggi, rasio pujian terhadap kritik yaitu 5 : 1. Ini berarti untuk setiap komentar negatif yang kamu buat, kamu harus memberikan 5 komentar positif.

Contohnya, selama pemeriksaan rutin anggota staf, kamu menyebutkan manajemen waktu mereka perlu ditingkatkan. Menurut metode 5:1, kamu perlu melakukan integrasi ini di antara lima komentar positif tentang yang mereka lakukan dengan baik.

Ini bisa menjadi tantangan, tetapi juga tidak diperlu, bahkan pujian kecil juga bisa menghasilkan dorongan moral yang besar. Berpikirlah untuk melakukan pertimbangan semua keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka, dan kamu akan melihat sebuah peningkatan dari mereka untuk terlibat. Jika dilakukan secara teratur, kamu mungkin akan melihat mereka berusaha keras untuk membuat kamu terkesan dan datang kepada kamu dengan ide-idenya.

Memakai aplikasi seperti Microsoft Teams dan Slack sangat bagus dalam hal ini, terutama jika ingin menerapkan rasio 5:1 dalam komunikasi sehari-hari dengan karyawan. Kamu bisa memakai fungsi obrolan untuk melakukan komentar kepada pekerjaan yang mereka kirimkan kepada kamu dan melakukan sapaan dalam obrolan grup, sehingga setiap anggota tim merasa dihargai.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa dapat mengirimkan buletin email setiap mingguan, di mana kamu menyoroti keterampilan dan pekerjaan yang baik, serta berterima kasih kepada tim atas waktu yang mereka berikan.

Peningkatan Motivasi Dan Keterlibatan Tim

Orang-orang yang mempunyai kontribusi lebih banyak saat mereka merasa pandangan mereka penting dan mereka juga mempunyai kewajiban pribadi dalam pekerjaan itu. Menjaga tim untuk tetap termotivasi dan terlibat merupakan aspek manajemen menantang yang membutuhkan dedikasi dan latihan, sera sangat penting bagi kinerja dan retensi yang mereka yang tinggi.

Saat kamu melakukan investasi waktu untuk menciptakan sebuah budaya kepercayaan, pengakuan, dan kemitraan, kamu akan mendapatkan penghargaan dengan peningkatan output dan produktivitas. Para pekerja yang kamu kelola juga akan merasa berakar dengan tujuan keseluruhan organisasi, dan secara tidak langsung bisa meningkatkan hubungan kamu dengan mereka.

Kata Penutup

Demikian yang babaumma sampaikan tentang Meningkatkan Motivasi Kerja Tim sekian dan terimakasih.

Tinggalkan komentar