5 Proyek Arduino Cetak 3D Paling Keren

5 Proyek Arduino Cetak 3D Paling Keren

5 Proyek Arduino Cetak 3D Paling Keren – Kamu bisa membuat beberapa hal yang sangat keren memakai Arduino. Dan kamu bisa membuat beberapa hal yang sangat keren dengan memakai printer 3D. Apa yang bisa didapat saat kamu memakai keduanya? Beberapa hal yang sangat keren!

5 Proyek Arduino Cetak 3D Paling Keren

Berikut proyek yang bisa dicetak dan kuasai 3D dengan memakai Arduino (dan, sebagai bonus, printer 3D yang bisa dibuat dengan memakai Arduino).

1) Tangan Palsu Cyborg

3D Proyek Arduino sudah mendorong penghobi elektronik untuk membuat desain yang lebih menakjubkan dan tangan palsu cyborg merupakan salah satunya.

Lengan yang dicetak 3D mempunyai desain yang cukup bagus. Di luar, terlihat seperti lengan palsu yang sudah pernah kita lihat di kehidupan nyata, sementara pada bagian dalam bodinya yang berlubang memungkinkan dipakai untuk ruang elektronik. Arduino Uno mempunyai dukungan kreasi ini dan setelah proses perakitan komponen cetak 3D, kamu hanya perlu mengunggah kode dari halaman proyek.

Pada bagian yang lain harus kamu sertakan yaitu beberapa servos, kabel, dan tali nilon. Terakhir yang dipakai dalam hal ini untuk bisa menggerakkan jari. Proyek-proyek semacam inilah yang mungkin bisa membuat perbedaan di dunia!

2) Pabrik CNC

Jika kamu mencoba untuk membangun ruang pribadi untuk kamu sendiri, pabrik CNC merupakan tambahan yang bagus. Halaman proyek mencatat itu sudah cukup akurat untuk bisa memotong dan mengebor papan sirkuit, jadi itu bagus untuk proyek penggilingan apa saja yang ingin diambil. Ini juga membutuhkan sebagian besar komponen printer 3D, jadi pertimbangkan memakai layanan pencetakan, tetapi mencetak sendiri tidak akan sulit.

Kamu juga membutuhkan banyak suku cadang, termasuk pengencang, beberapa bantalan, modul relai, dan konektor DC, beberapa bagian logam untuk permukaan, dan Arduino untuk bisa menjalankan semua itu. Ini merupakan proyek yang cukup bagus, tetapi sekali lagi mempunyai pabrik CNC sendiri merupakan hal yang sangat berguna!

3) Lampu DNA

Pada proyek ini, kamu membutuhkan lebih banyak bagian, seperti LED, kapasitor, osilator, transistor, sakelar, dan konektor listrik AC.

Hasilnya, bagaimana pun ini merupakan salah satu lampu paling keren yang kami lihat.

Setelah mengumpulkan semua bagian, kamu juga harus mempunyai keterampilan elektronik dasar untuk melakukan penyambungan heliks ganda yang dicetak 3D ke motor penggerak, seperti pada microwave. Panduan lengkap (tertaut di atas) membawa kamu lewat setiap langkah dengan detail. Setelah selesai, kamu akan mempunyai untaian DNA bercahaya yang berputar!

Perhatian harus diinggat: karena yang satu ini memakai daya listrik, harus berhati-hati ketika mengerjakannya!

4) Pip-Boy dari Fallout

Pip-Boy dari Fallout 4 diantaranya sudah menjadi build DIY yang populer sejak penggemar melihatnya pertama kali!

Ini membutuhkan beberapa komponen unik, paket daya, seperti giroskop, senter, sensor tekanan, sensor metana, layar kapasitif dengan papan driver, dan kotak cetak 3D multi-bagian.

Dibutuhkan papan I/O khusus supaya proyek ini bisa berfungsi, tetapi dalam terperinci (tertaut di atas), langkah-langkah pembuatannya sangat jelas. Jika kamu mencari Pip-Boy versi terbaru, kamu bisa melihat videonya YouTube  yang mencakup desain cetak 3D yang indah dengan detail lukisan yang tidak kalah indahnya.

Ini merupakan proyek yang cukup rumit, tetapi ini benar-benar tidak bisa dikatakan sebagai kostum Halloween, aksesori cosplay, atau lainnya!

5) Robot Berkaki Empat Cetak 3D

Dengan printer 3D, kamu bisa membawa robot kamu sendiri. Contohnya, robot berkaki empat yang terlihat pada film fiksi ilmiah.

Robot ini dibangun dengan 38 bagian yang dicetak 3D dan dikontrol memakai pengontrol PlayStation lama. Setiap kaki dilengkapi tiga servos, yang akan memberikan tiga derajat gerakan: maju dan mundur, atas dan bawah, dan tikungan di sendi. Yang artinya, robot berkaki 4 ini mampu untuk bergerak ke segala arah.

Sebagian besar pekerjaan pengkodean keras yang dilakukan, ini hanya masalah perakitan robot dan mengunggah file yang benar. Tapi tentu saja, ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, panduan proyek (tertaut di atas) memiliki semua yang kamu butuhkan untuk kreatifitas yang luar biasa ini.

Kata Penutup

Demikian yang babaumma sampaikan sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.