7 Software Terbaik Rekam Layar Pada saat Bermain Game di PC

Merekam game di PC telah menjadi kebutuhan akhir-akhir ini dan ada alasan bagus untuk itu. Dalam beberapa tahun terakhir, live streamer atau pembuat konten dengan fokus game menjadi salah satu hobi atau bahkan pekerjaan yang banyak dikejar orang. Merekam game sambil bermain juga tidak sulit.

Ada cukup banyak perangkat lunak di luar sana untuk merekam layar saat bermain game di PC. Beberapa juga dilengkapi dengan fitur hebat seperti perekaman definisi tinggi dan fps stabil. Berikut 7 rekomendasi software terbaik untuk merekam layar saat bermain game di PC.

1. OBS Studio

Open Broadcaster Software Studio atau biasa disingkat OBS Studio adalah software yang banyak digunakan oleh para streamer di YouTube dan Twitch untuk merekam sesi permainan mereka. Ini open source yang dapat diunduh secara gratis dan akan gratis selamanya.

OBS dipilih oleh banyak gamer karena banyak alat canggihnya selain opsi penyesuaian penuh. Secara default, OBS menggunakan CPU untuk merender aktivitas perekaman layar, tetapi Anda dapat mengubahnya ke GPU. OBS juga merupakan salah satu dari sedikit perangkat lunak perekaman layar yang mendukung resolusi 4K pada 60 fps.

2. Pengalaman NVIDIA GeForce

Jika PC Anda menggunakan GPU NVIDIA, maka GeForce Experience adalah software perekam layar yang wajib Anda gunakan. Ini menggunakan GPU untuk menyandikan sesi perekaman dan menawarkan beberapa resolusi dan opsi FPS. Anda dapat mengakses GeForce Experience secara langsung dengan menekan Alt + Z.

Selain fitur perekaman layar pada umumnya, GeForce Experience memiliki fitur keren bernama Instant Replay. Sederhananya, Instant Replay dapat membantu gamer untuk tidak merekam semua sesi permainan, tetapi hanya untuk merekam momen terbaik.

3. Bilah permainan Xbox

Tanpa software tambahan apapun, Windows 10 yang menjadi sistem operasi kebanyakan PC saat ini sebenarnya memiliki fungsi perekaman layar sendiri. Fitur ini dapat ditemukan di Xbox Game Bar, diakses dengan menekan Windows + G.

Ia bekerja seperti NVIDIA GeForce Experience, dan bahkan memiliki fitur yang mirip dengan Instant Replay. Secara default, fps maksimum saat merekam dari Xbox Game Bar adalah 30 fps, tetapi dapat diubah secara manual menjadi 60 fps. Sayangnya, resolusi maksimal yang didukung oleh Xbox Game Bar hanya 1080p.

Baca Juga: Baru Beli Laptop atau Komputer? Instal 11 perangkat lunak penting ini

4. Perangkat lunak AMD Radeon

Jika pengguna GPU NVIDIA dapat menggunakan fitur perekaman layar di GeForce Experience, pengguna GPU AMD dapat menggunakan fitur serupa melalui perangkat lunak bernama Radeon Software. Perangkat lunak ini memiliki fitur atau kemampuan apa pun yang dapat ditawarkan oleh GeForce Experience, termasuk beberapa seperti Putar Ulang Instan.

Bukan tanpa fitur-fitur menarik yang tidak terdapat pada software lain, Radeon Software juga menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu Anda. Fitur ini adalah fitur upscaling yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan resolusi klip yang direkam untuk kualitas visual yang lebih baik dari materi gameplay.

5. Gamecaster

Gamecaster adalah aplikasi dengan fokus streaming yang sama dengan OBS Studio, tetapi dengan antarmuka pengguna yang lebih sederhana. Saat digunakan untuk pertama kalinya, Gamecaster menawarkan opsi streaming atau perekaman. Keduanya telah dikonfigurasikan sebelumnya dengan pengaturan kualitas video otomatis untuk game dan GPU sebagai encoder default.

Namun, Anda juga dapat mengaturnya secara manual, dimulai dengan resolusi (maksimum 4K) dan diakhiri dengan memilih opsi encoder untuk CPU. Ini gratis untuk diunduh dan cocok untuk mereka yang baru memulai dengan streaming langsung.

6. Streamlabs OBS

Sama seperti Gamecaster, Streamlabs OBS ditujukan untuk mereka yang merasa bahwa antarmuka pengguna OBS Studio terlalu rumit dan membutuhkan alternatif yang lebih sederhana. Aliran Streamlabs OBS sendiri adalah perangkat lunak perekaman layar yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan banyak fitur menarik yang memungkinkan Anda merekam dan streaming sesi permainan. Setelah masuk ke akun Streamlabs Anda, Anda dapat langsung mengimpor semua alat yang disediakan oleh Streamlabs di situs web mereka tanpa harus menyalin dan menempelkan URL.

7. Bandika

Bandicam adalah salah satu perangkat lunak paling terkenal dalam hal media sosial Perangkat lunak perekaman layar. Perangkat lunak ini dapat merekam pada frame per detik dan bit rate tinggi, yang membuatnya cocok untuk merekam sesi permainan. Anda dapat merekam video yang memainkan game Anda pada fps yang Anda inginkan dan resolusi maksimum pada 4K.

Yang menarik, meski pada resolusi tinggi, hasil akhirnya akan berukuran kecil karena memiliki fitur kompresi bawaan. Selain itu, software ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur bagian layar mana yang ingin Anda rekam.

Itu tadi tes sekaligus rekomendasi software terbaik untuk merekam layar saat bermain game di PC. Selain merekam aktivitas game, Anda juga dapat menggunakan aplikasi di atas untuk merekam hal-hal lain seperti video tutorial atau presentasi. Mungkin berguna!

kLIK lANJUTKAN uNTUK mELIHAT APLIKASI

  Secure Verified