SIap - siap !!! Mentan Beri sinyal Harga Mi Instan Naik 3X lipat

SIap – siap !!! Mentan Beri sinyal Harga Mi Instan Naik 3X lipat

Harga mie instan akan mengalamai kenaikan hingga 3 kali lipat, hal ini disampaikan oleh menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang mengatakan bahwa perang antara Rusia dan Ukraina akan berdampak juga kepada Indonesia. Salah satunya adalah kepada harga mi instan.

Ia memperkirakan bahwa nilai kenaikan baru akan terasa signifikan mulai dari saat ini.  Bahkan ia juga memperkirakan bahwa nilai kenaikan akan bisa mencapa 3x lipat dari harga saat ini.

“Belum selesai dengan climate change, kita dihadapkan Perang Ukraina-Rusia, dimana ada 180 juta ton gandum nggak bisa keluar, jadi hati-hati yang makan mi banyak dari gandum, besok harganya (naik) 3x lipat,” katanya dalam webinar Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia.

Kenaikan harga mie instal sangat mungkin terjadi karena bahan baku dari mi instan adalah gandum, dan saat ini gandum masih sangat bergantung dari impor. Sedangkan penghasil gandum terbesar di dunia, yaitu ukraina saat ini sedang mengalami konfilik dengan Rusia yang mengakibatkan pasokan gandum dari Ukraina terhambat.

Rusia dan Ukraina adalah negera penyupalai 30-40% kebutuhan gandum dunia. Akibat dari konfllik antara Rusia dan Ukraina berpengaruh terhadap pasokan gandum dunia yang menjadi terhambat.

“Saya bicara ekstrem aja, ada gandum tapi harganya mahal banget. Sementara kita impor terus,” kata Syahrul.

Berapakah Harga Mi Instan Saat Ini ?

Dilansir dari Detik.com dengan memantau harga pasaran di marketplace Tokopedia, harga mi instan dijual mulai dari Rp 2.000 per bungkus. Salah satu penjual membanderol Mie Sedaap sebesar Rp 2.510-Rp 3.050 per bungkus.

Kemudian, ada pula yang menjual Indomie rasa soto mie, ayam bawang, dan kari ayam sebesar Rp 2.600-Rp 3.150 per bungkus. Pedagang lain menjual Indomie goreng sekitar Rp 2.600-Rp 3.050 per bungkus.

Harga mi instan di e-commerce lain seperti Shopee, terbilang cukup kompetitif. Sebab, harganya mirip-mirip dengan pedagang yang menjual di Shopee.

Sebagai contoh, harga Mie Sedaap rasa soto dibanderol Rp 2.520. Ada juga yang membanderol Indomie dengan berbagai varian dengan harga Rp 2.950 per piecenya. Kemudian untuk harga mi instant merek Mi ABC selera pedas dihargai Rp 2.500 per piece.

Sedangkan untuk harga mi instan di Indomaret sudah berada di kisaran Rp 3.000/bungkus. Berdasarkan situs klik Indomaret, harga Indomie Mi Instan Ayam Bawang dan Indomie Mi Instan Goreng dibandrol dengan harga Rp 3.000 per bungkusnya.

Sumber Detik.com

Check Also

Video Viral, Balita Berjualan Roti di Pinggir Jalan

Video Viral, Balita Berjualan Roti di Pinggir Jalan

Baru baru pengguna media sosial dibuat mewek oleh sebuah video yang melihatkan seorang anak balita …

Leave a Reply

Your email address will not be published.