Ciri - Ciri Kelinci Birahi dan Siap Kawin

Ciri – Ciri Kelinci Birahi dan Siap Kawin

Dalam proses beternak kelinci tentu ada beberapa hal yang musti peternak ketahui sebelum mulai mengawinkan pasangan induk kelinci miliknya adalah mengethaui ciri-ciri kelinci birahi baik pada kelinci pejantan maupun betina. Dengan mengetahui tanda-tanda kelinci birahi tersebut maka akan sangat memudahkan proses budidaya kelinci itu sendiri.

Akan tetapi bagi peternak pemula biasanya masih kesulitan dalam menentukan apakah kelinci peliharaan sudah memasuki masa reproduksi atau mungkin sudah birahi. Nah, apabila anda memahami ciri-cirinya tentu anda akan sangat dimudahkan sekali dalam proses peternakan nantinya. Anda pun akan tahu apakah kelinci sudah siap dikawinkan atau belum, sehingga kesuksesan dalam budidaya akan memihak pada anda.

Hal ini berlaku untuk semua jenis kelinci, apakah itu jenis kelinci hias maupun kelinci pedaging atau potong. Mengingat ditinjau dari karakternya saat sedang birahi tak ada perbedaan yang begitu mencolok bahkan cendrung sama antara jenis satu dengan lainnya.

Ciri – Ciri Kelinci Birahi

Seekor kelinci dapat dipastikan apakah sudah cukup umur atau sudah siap untuk dikawinkan dengan lawan jenis apabila memiliki ciri-ciri atau tingkah laku sebagai pertanda berahi seperti berikut.

1. Ciri kelinci jantan birahi

  • Kelinci pejantan kerap gelisah bila melihat kelinici betina.
  • Kelinci jantan sering kali menendang alas kandang dengan kaki belakangnya, sehingga menimbulkan suara yang cukup keras. Hal ini bisa diasumsikan sebagai pertanda ia sedang mencari perhatian lawan jenis.

2. Ciri kelinci betina birahi

  • Kelinci betina suka menggosok-gosokan dagu pada dinding kandang atau pada sesuatu yang terdapat di dalam kandang.
  • Tampak gelisah dan sering kali terlihat berputar-putar di dalam kandang.
  • Lebih aktif berdiri mencari tahu keberadaan pejantan.
  • Kelinci betina suka menggosok-gosokan dagu pada dinding kandang atau pada sesuatu yang terdapat di dalam kandang.
  • Pada bagian vulva tampak berwarna merah jambu, perlu diketahui bila warna vulvanya masih pucat berarti ia belum siap dikawinkan karena belum birahi.

Akhir Kata

Itulah ciri-ciri umum kelinci telah siap untuk kawin. Bagi anda sebagai pecinta hewan lucu ini sangat disarankan dapat memahami tentang seluk beluk Kelinci termasuk mengetahui tanda birahinya. Apabila anda beternak hewan berkuping panjang ini maka anda akan lebih cepat memetik hasilnya lantaran sudah tahu ilmunya. Semoga bermanfaat.

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch – Kelinci saat ini telah menjelma menjadi hewan peliharaan favorit …