7 Ciri -Ciri Kelinci Sakit Yang Perlu Kamu Ketahui

7 Ciri -Ciri Kelinci Sakit Yang Perlu Kamu Ketahui

Ciri -Ciri Kelinci Sakit – Berparas lucu dan imut merupakan gambaran yang tepat untuk Kelinci Hias yang banyak dipelihara oleh masyarakat luas saat ini. Apalagi jika kelinci peliharaan kita dalam keadaan sehat walafiat, tentunya tingkah kelucuannya akan senantiasa menghibur sang pemilik. Namun kelucuan dan keimutannya tak lagi menghiasi hari-harinya tatkala kelinci sakit.

Sebagian pemilik tidak dapat mengetahui bahwa kelinci kesayangannya sedang sakit. Oleh karena itu, anda harus mampu mengetahui ciri-ciri kelinci sedang sakit agar anda bisa mengambil tindakan tepat, baik dalam pencegahan penularan maupun pengobatan.

Sebelum Kelinci peliharaan jatuh sakit sebetulnya pencegahan lebih utama dari pada mengobati, seperti pepatah mengatakan ‘mencegah lebih baik.. dari pada mengobati’. Maka dari, rawatla kelinci anda sebaik mungkin mulai dari menghidangkan makanan kelinci yang bergizi dan bervariasi. Beri ia minum tiap hari dan tempatkan kelinci pada kandang kelinci yang baik, cukup luas dan kering.

Ciri-Ciri Kelinci Sakit

Berikut beberapa poin yang bisa anda jadikan patokan dalam mengenali apakah kelinci sakit atau tidak, apabila sakit sebaiknya segeralah beri pengobatan sesuai penyakit yang diderita.

1. Mata kelinci

Pada bagian matanya tampak berair, basah, belekan dan lengket serta sayu.

2. Hidung dan mulut kelinci

Pada bagian moncong dan lubang hidung terlihat basah dan berair, ditandai dengan gejala seperti flu atau pilek.

3. Dubur kelinci

Pada area dubur tampak kotor, ada bekas mencret, atau bahkan sedang mencret. Nah, bila kondisi duburnya kotor bisa dipastikan hewan lucu itu sedang sakit.

4. Telinga kelinci

Umunya kelinci yang sakit bentuk daun telinganya cendrung turun ke arah belakang, bila diamati maka bentuknya tidak setegak ketika dalam keadaan sehat. Namun hal ini tidak berlaku untuk jenis Kelinci Lop, sebab semua bentuk kupingnya selalu menggantung ke bawah.

5. Punggung kelinci

Biasanya Kelinci yang sakit bentuk punggung tampak kurus, bila diraba maka tulang punggung terasa tajam lantaran hanya kulit dan sedikit daging menutupi tulang punggung tersebut.

6. Ekor kelinci

Bentuk ekor kelinci yang sakit umumnya tampak melenceng ke samping, bila demikian kemungkinan gangguan penyakit yang diderita diantaranya gangguan ginjal, kantong kemih, pencernaan dan gangguan liver atau hati.

7. Tubuh kelinci yang lemas

Ciri ini merupakan tanda yang paling mudah dikenali, saat tubuh Kelinci kelihatan lemas, lesu atau loyo maka bisa dipastikan kalau ia sedang dalam kondisi tubuh yang tidak sehat atau sakit.

Akhir Kata

Itulah beberapa tanda atau ciri-ciri kelinci sakit. Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut diharapkan anda lebih peka dalam menganalisa apa Kelinci sedang sakit atau sehat. Sehingga anda bisa mengambil sebuah tindakan dengan tepat dan cepat.

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch – Kelinci saat ini telah menjelma menjadi hewan peliharaan favorit …