Cara Memelihara Kelinci Agar Tidak Bau

Cara Memelihara Kelinci Agar Tidak Bau

Cara Memelihara Kelinci Agar Tidak Bau – Sebenarnya, kelinci merupakan hewan yang relatif bersih. Sama seperti kucing, kelinci juga bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara self grooming. Tapi meski begitu, kelinci juga sama dengan hewan yang lainnya, yakni tidak bisa membersihkan kandang tempatnya tinggal.

Hal ini tentunya perlu kita perhatikan untuk membersihkan kandang kelinci secara rutin dan teratur. Kandang yang bersih juga akan mencerminkan bahwa kelinci yang kita pelihara hidup dengan sehat.

Untuk membersihkan kandang kelinci juga ada beberapa tips serta aturan nya. Jadi, kalian tidak bisa membersihkan kandang kelinci dengan sembarangan, apalagi jika kamu sedang belajar ternak kelinci.

Dengan kandang yang bersih, maka akan memberikan kenyamanan bagi kelinci yang kita pelihara. Lalu bagaimanakah cara atau langkah-langkah untuk membersihkan kandang kelinci yang benar? Mari kita simak penjelasan lebih lanjutnya berikut ini.

Penyebab Kandang Kelinci Bau

Kelinci telah dikenal sebagai hewan yang sangat menjaga keberihan tubuh nya sendiri. Jika ada kelinci yang bau, tentunya hal itu akan sangat mengherankan. Lantas, apa yang sebenarnya membuat kelinci dan kandangnya jadi bau?

1. Pemilihan Jenis Pakan Tidak Tepat

Biasanya bau pada kelinci bisa disebabkan karena air seni atau kotoran kelinci. Bau dari air seni dan kotoran kelinci bisa dipengaruhi oleh pakan yang kalian berikan pada kelinci.

Karena itulah, sebaiknya kalian tahu beberapa jenis pakan yang sering diberikan untuk kelinci peliharaan terlebih dulu. Jenis pakan yang sering diberikan pada kelinci yaitu pakan instan, sayuran hijau, buah dan juga kacang-kacangan.

Berdasarkan pengalaman beberapa orang, yang membuat kotoran kelinci bau adalah pakan jenis sayuran hijau. Selain bau, kotoran kelinci juga jadi terlihat lebih lembek dan cair.

Pemberian pakan sayuran hijau untuk kelinci sebenarnya untuk menambah berat badan dan untuk mempercepat reproduksi dari kelinci. Tetapi ada efek sampingnya, yakni kotoran kelinci jadi sangat bau dan lembek.

Dan supaya air seni kelinci tidak pesing, maka pakan yang harus kalian berikan adalah pakan kering dari pabrik atau kacang-kacangan.

2. Kandang Kurang Bersih

Kotoran dan air seni kelinci saja sudah bau, apalagi jika ditambah dengan kandang yang kurang bersih, tentunya akan membuat kelinci yang kalian pelihara jadi semakin bau. Semakin hari, kandang kelinci akan semakin kotor karena kelinci juga membuat kotoran dalam kandangnya.

3. Pemberian Air Minum Terlalu Banyak

Yang menjadi penyebab kotoran kelinci bau adalah pemberian pakan sayuran hijau yang terlalu banyak, sedangkan yang menjadi penyebab air seni kelinci jadi bau adalah pemberian air minum yang terlalu banyak.

Dengan pemberian air minum yang terlalu banyak, maka akan membuat kelinci jadi lebih sering kencing. Tentunya hal ini akan membuat kandang jadi semakin kotor dan semakin bau. Jadi, supaya air seni kelinci kalian tidak bau, maka kalian harus membatasi pemberian air minum nya.

Cara Memelihara Kelinci Agar Tidak Bau

Supaya tidak mengganggu kesehatan kelinci, maka kalian harus segera melakukan perawatan untuk mengatasi bau pada kelinci. Sebenarnya untuk merawat kelinci supaya tidak bau bisa kalian lihat dari penyebabnya. Berdasarkan penyebabnya, berikut ini adalah cara agar kelinci tidak bau:

1. Membersihkan Kandang

Untuk mencegah kandang kelinci kalian bau, maka kalian harus sering membersihkannya. Supaya kandang kelinci tidak bau, ada beberapa pedoman yang harus kalian lakukan.

Pertama, buanglah sisa pakah yang tidak dimakan oleh kelinci kalian. Jika tidak dibuang, sisa pakan tersebut bisa saja membusuk dan menyebarkan bau yang tidak enak. Jadi, sebelum hal itu terjadi kalian bisa membersihkan sisa pakan tersebut terlebih dulu.

Untuk membersihkan sisa pakan yang tidak dimakan kelinci, setidaknya kalian bersihkan dua kali  sehari untuk membersihkan kandang.

Ketika sedang membuang pakan yang tersisa, sebaiknya sekalian kalian bersihkan juga wadah pakan kelincinya. Bersihkan menggunakan air sabun lalu bilas hingga bersih.

Selain itu, kalian bersihkan juga botol air nya. Air minum yang sudah terlalu lama akan mempunyai kualitas yang kurang bagus untuk kelinci. Jadi, kalian bersihkan juga botol air seperti membersihkan wadah pakan tadi.

Sembari menunggu wadah pakan dan botol air yang sudah dicuci tadi mongering, silahkan kalian bersihkan kandang kelinci dari sisa-sisa pakan air dan kotoran yang jatuh. Biasanya lantai kandang kelinci dialasi oleh jerami. Silahkan kalian buang saja jerami tersebut jika sudah kotor dan gantilah dengan jerami yang baru.

Isilah ulang pakan dan air minumnya lalu letakkan kembali pada tempatnya masing-masing. Biarkan kelinci kalian kembali makan dan minum seperti biasanya.

Membersihkan kandang harus dilakukan secara rutin, terlebih lagi apabila kelenci sedang hamil yang memang membutuhkan perhatian khusus.

2. Mengganti Litter Box

Mengganti litter box. Litter box adalah wadah berbentuk kotak yang fungsinya untuk menampung kotoran hewan. Kalian bisa menggunakan litter box yang diletakan dibawah kandang untuk memastikan bahwa kotoran kelinci tidak menyebar keluar kandang ataupun langsung jatuh ke lantai.

Jika kalian menggunakan litter box, maka kalian harus mengganti litter box ini secara teratur. Selain bisa menyebarkan bau yang tak sedap, kotoran kelinci yang ada pada litter box juga bisa menyebarkan penyakit jika tidak dibersihkan.

Litter box harus kalian ganti dan bersihkan setiap hari, bersamaan pada saat membersihkan kandang kelinci. Jangan sampai pada litter box masih ada kotoran yang tertinggal. Untuk membersihkan litter box, kalian bisa menggunakan air sabun dan membilasnya dengan air bersih. Untuk memastikan bakteri atau virus pada litter box telah mati, kalian bisa juga menggunakan desinfektan.

3. Memandikan Kelinci

Sebenarnya kelinci merupakan hewan yang sangat menjaga kebersihan badannya sendiri. Kelinci bisa mandi sendiri, tetapi ada beberapa bagian kelinci yang tidak bisa dibersihkan sendiri. Contoh bagian tersebut adalah bagian atas kepala kelinci.

Pada bagian atas kepala kelinci, bulunya sangat rentan mengeluarkan bau tidak sedap karena jarang dimandikan. Jadi, kalian bisa membersihkan bagian tersebut, sekaligus memandikan seluruh badan pada kelinci.

Tentunya ada panduan untuk memandikan kelinci yang benar. Kalian harus mengikuti panduan ini supaya kelinci tetap sehat setelah dimandikan. Ada beberapa kasus yang menunjukan kalau kelinci stress atau sakit setelah dimandikan dengan cara yang salah.

Pertama-tama kalian siapkan peralatan mandi untuk kelinci kalian terlebih dahulu. Peralatan mandi tersebut antara lain sisir khusus kelinci, shampoo, handuk, hair dryer dan juga cotton buds. Peralatan yang terakhir atau cotton buds fungsinya untuk membersihkan telingan kelinci.

Kemudian kalian siapkan air hangat. Kelinci ini sangat sensitif terhadap udara dingin sehingga mudah mengalami hipotermia. Karena itulah, akan lebih aman jika menggunakan air yang suhunya rendah.

Kalian jangan langsung menyiramkan air hangat pada kelinci kalian. Kalian usapkan terlebih dahulu handuk yang sudah dibasahi air hangat supaya kelinci bisa beradaptasi terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kalian siram kelinci kalian dengan air hangat secara perlahan.

Jika kelinci sudah basah karena air hangat, sekarang sudah saat nya menggunakan shampoo. Untuk shampoo yang digunakan harus shampoo khusus kelinci karena kulit kelinci sangat sensitif. Jangan pernah kalian menggunakan shampoo untuk manusia ataupun hewan lainnya ke kelinci.

Gunakanlah shampoo seperti pada umumnya. Jika sudah, jangan lupa kalian bersihkan bagian atas kepala yang jarang tersentuh oleh kelinci.

Ketika menggunakan shampoo, kalian juga bisa sambil menyisir bulu kelinci guna memastikan bahwa kotoran yang menempel sudah terangkat semua. Setelah itu, tinggal kalian bilas dengan air hangat bersih. Pastikan kelinci kalian sudah bersih, tidak ada shamppo yang tersisa pada badan nya.

Kemudian kalian bisa lanjut menyisir bulu kelinci kalian untuk memastikan bahwa tidak ada bulu yang menggumpal.

Keringkan kelinci dengan hairdryer lalu bersihkan telinga kelinci dengan cotton buds yang sudah disiapkan tadi. Kalian juga bisa membersihkan mata kelinci dan juga memotong kuku nya agar membuatnya lebih sehat.

Akhir Kata

Demikian Cara Memelihara Kelinci Agar Tidak Bau, pad intinya menjaga kebersihan kandang dan hewan peliharan itu harus diklakukan secara rutin agar tidak membawa penyakit.

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch – Kelinci saat ini telah menjelma menjadi hewan peliharaan favorit …

Leave a Reply

Your email address will not be published.