Merpati Kolong

Ciri – Ciri Merpati Kolong Yang Bagus

Merpati Kolong – Merpati kolong atau merpati balap tinggian merupakan salah satu jenis merpati balap yang cukup banyak peminatnya. Jika dibandingkan dengan merpati balap lainnya, merpati kolong ini mempunyai keunikannya tersendiri. Keunikannya yakni dengan adanya 4 tiang berdiri membentuk kubus yang berada diatasnya yang dihubungkan dengan sebuah tali yang menjadi area untuk perlombaan merpati sebagai syarat sah nya Merpati balap memasuki area Finish.

Burung merpati juga dikenal sebagai burung yang paling setia dengan pasangannya, maka sudah tidak heran lagi jika burung ini kerap kali disimbolkan dalam undangan pernikahan. Tak hanya itu, burung merpati juga mempunyai kemampuan dalam mengingat wajah manusia, dan juga dapat terbang hingga  100 km/jam. Dikarenakan kemampuan kecerdasan yang dimilikinya inilah yang membuat burung ini banyak dipelihara dan dilatih sebagai burung yang sering diperlombakan.

Ciri Ciri Burung Merpati Yang Bagus dan Kencang

Pemilihan burung merpati yang berkualitas sudah sering sekali dibahas oleh kalangan para pecinta burung, tetapi banyak berbeda pendapat mengenai ini. Di sini admin akan berusaha untuk menginformasikan yang terbaik untuk kalian para pecinta burung merpati.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengetahui ciri-ciri burung merpati yang bagus dan kencang supaya nantinya kalian tidak salah saat membelinya. Bagaimana, penasaran dengan apa saja ciri-ciri burung merpati yang bagus untuk balapan? Jika penasaran, langsung saja kalian simak ulasan berikut.

  1. Mata

Mata merupakan topik yang seringkali dibahas oleh para pecinta burung merpati. Kalian harus benar-benar melihat faktor ini dengan baik.

Perhatikanlah bagian pupil mata burung merpati. Pupil seharusnya merespon cahaya matahari dengan cepat, ketika terkena matahari pupil seharusnya mengecil dan begitu pula sebaliknya.

Hal ini sangatlah penting, karena saat mata burung merpati tidak normal, maka sudah pasti penglihatannya juga tidak baik ketika sedang terbang. Karena itulah, kalian harus memperhatikan bagian mata dari burung merpati ini.

Tak hanya itu saja, kalian juga harus mencari ciri-ciri burung merpati yang bagus dan kencang dari cincin lingkar yang menempel pada biji mata. Karena, ini nantinya juga akan menentukan kecepatan burung ketika sedang terbang.

  1. Bentuk Kepala

Selanjutnya yaitu mencari burung merpati dengan batok kepala yang besar. Menurut pendapat para pakar, burung merpati yang mempunyai kepala besar akan lebih pintar karena anggapannya bahwa otak mereka akan lebih besar.

Ada hal yang unik lagi jika kita berbicara tentang batok kepala burung merpati. Kalian carilah kemiringan burung merpati yang kemiringan pangkal hidungnya mempunyai besar sudut 45 – 60 derajat.

Tak hanya kencang, ini bisa juga jadi ciri-ciri burung merpati cerdas yang bisa kalian temukan. Kalian carilah juga bentuk wajah burung yang terlihat galak, sehingga saat perlombaan nanti bisa lebih gahar.

  1. Bagian Dada

Selanjutnya yaitu pemilihan burung merpati pada bagian dada nya. Biasanya, burung dara yang bagus dan kencang mempunyai dada seperti huruf V jika dilihat dari depan. Janganlah sesekali kalian memilih burung dara yang mempunyai bentuk dada seperti huruf O karena biasanya burung tersebut lambat atau tidak kencang.

Untuk besar dan jarak pinggang burung merpati juga mempengaruhi sekali kestabilan burung ketika sedang terbang. Jarak pinggang yang renggang dari badan akan membuat burung merpati jadi tidak punya keseimbangan ketika sedang terbang. Burung merpati seperti ini akan cepat turun dan berbelok diseparuh jalan.

  1. Sayap

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pemilihan sayap untuk menentukan burung merpati yang bagus atau tidak. Pilihlah sayap dari burung merpati yang kuat dan lentur, atau yang kelihatannya berotot pada sayapnya.

Setelah itu kalian bisa melihat pada bagian bulu sayapnya, apakah bulu sayapnya tebal dan tidak bergelombang? Jika iya, maka kalian harus memperhatikan hal lainnya seperti tulang pada bulu sayapnya. Pilihlah tulang bulu pada sayap burung merpati yang tidak melengkung ketika sedang dipegang.

Pemilihan sayap ini sangatlah mempengaruhi kecepatan dan juga kekuatan dari sang burung saat mengikuti lomba adu cepat. Karena itulah, sangat penting bagi kalian untuk memeriksa lebih jauh lagi apakah sayapnya sudah menunjukan kualitas yang baik atau tidak.

  1. Rongga Pernapasan

Selanjutnya adalah rongga pernapasan, ini merupakan atribut terpenting saat sedang memilih burung merpati yang bagus. Sama seperti kebanyakan hewan lainnya, terdapat variasi di lubang hidung burung merpati balap yang ada disetiap ekornya.

Pada lubang hidung burung merpati, teradapat sedikit selaput yang akan memiliki asupan oksigen yang lebih banyak ketika sedang terbang di ketinggian dengan kecepatan tinggi.

Burung seperti ini akan banyak dicari karena ketikda sedang terbang pernapasannya terjaga dengan baik sehingga tidak akan cepat haus. Hal ini membuat stamina burung merpati jadi jauh lebih baik. Jadi, usahakan kalian mencari merpati yang seperti ini.

  1. Saluran Udara

Saat udara dihirup melalui lubang hidung, maka nantinya udara akan melewati rahang atas. Kalian bisa melihat banyak peternak burung merpati yang membuka rahang atas dan bawah untuk memeriksa apakah ada celah terbuka.

Jika tertutup, berarti burung merpati tidak terlalu bagus karena dapat menyebabkan penyakit pernapasan. Cara ini merupakan cara kuno dan dianggap salah. Justru yang ada malah akan membuat burung merpati jadi merasa dipaksa ketika melihat saluran pernapasan mereka.

Yang sebenarnya harus kalian lakukan adalah menutup rahang atas dan bawah dengan ibu jari, kemudian jari telunjuk menahan lubang hidung  yang ada didekat telinga. Nah, jika tidak ada suara gemertak atau gerakan meronta dan hanya bisa mendengar nafas dari dirinya berarti semuanya berfungsi dengan baik.

  1. Bentuk Ekor

Selanjutnya kalian carilah burung merpati yang memiliki ekor tebal dan panjang. Tetapi kalian harus melihat apakah panjang dan tebal nya cukup wajar. Jika masih dalam batas normal, maka kalian bisa memilih burung ini.

Ciri burung merpati yang bagus ketika sedang dipegang ekornya akan tampak melebar, itu menandakan bahwa burung tidak cepat turun ketika sedang terbang. Ini bisa kalian jadikan patokan saat memilih burung merpati yang bagus.

  1. Mental Yang Kuat

Tak hanya dari bentuk tubuh dari burung merpati saja, kemampuan mental yang baik juga akan menjadikan burung merpati ini menjadi jawara ketika sedang lomba balap merpati. Faktor anatomi diatas tidak akan bekerja jika burung tidak mempunyai mental petarung yang baik.

Fakta dilapangan sudah banyak menunjukan hal seperti itu. Banyak burung merpati yang memiliki ciri-ciri fisik burung dara yang bagus, tetapi ketika sedang terbang di ketinggian, burung merpati tidak berani bermanuver.

Jadi bisa disimpulkan bahwa mental dari burung merpati tidak sebaik ciri fisiknya. Saat kalian memiliki ini, saya yakin burung merpati kalian akan selangkah lagi bisa memenangkan perlombaan.

Akhir Kata

Sebagus apapun fisik ataupun indukan dari merpati kolong tetap harus dilatih dengan baik dan benar agar bisa menjadi merpati kolong yang bagus dan bisa juara. Tak hanya itu, faktor makanan merpati dan kandang merpati juga harus diperhatikan.

 

 

Check Also

 Jenis - Jenis Lomba Burung Merpati yang Ada di Indonesia

 Jenis – Jenis Lomba Burung Merpati yang Ada di Indonesia

Lomba Burung Merpati – Perlombaan burung sudah cukup lama digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published.