5 Penyebab Telur Merpati Tidak Menetas

Apakah kalian mempunyai burung merpati yang telurnya tidak menetas? Sebagian dari kalian pastinya sudah pernah mengalaminya bukan baik itu yang masih pemula maupun yang sudah senior sekalipun. Karena itulah, pada kesempatan kali ini admin akan membahas beberapa faktor yang bisa menyebabkan telur burung merpati tidak menetas.

Telur merpati sendiri menetas sekitar 18 – 20 hari, jika sudah melebihi 20 atau 21 hari biasanya merpati sudah tahu bahwa telurnya tidak menetas dan akan meninggalkan telurnya. Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan telur burung merpati tidak menetas. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kalian simak baik-baik ulasan berikut ini.

Penyebab Telur Burung Merpati Tidak Menetas

Berikut ini adalah 5 hal yang dapat menyebabkan telur burung merpati tidak menetas, diantaranya adalah:

  1. Telur Infertile

Kalian jangan heran jika ada telur merpati tidak menetas dan ketika diperiksa ternyata didalam nya kosong tidak ada isinya tapi sedikit bau amis, bukan bau busuk. Tidak adanya Janin atau disebut juga dengan telur infertile ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang antara lain:

  • Yang pertama umur indukan merpati masih belum matang untuk dibuahi. Supaya hal ini tidak terjadi, bisaanya para peternak akan mengawinkan burung merpati pada umur 2 tahunan dan itu termasuk usia matang serta bisa untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas.
  • Selanjutnya merpati yang sel telurnya kering sehingga tidak bisa dibuahi atau yang sering disebut juga dengan merpati mandul.
  • Terakhir, ketika sedang kawin tidak sempurna. Ini bisa saja karena ada salah satu sel kering baik itu di jantan atau betina. Bisa juga karena saat sedang kawin terhalang oleh bulu dibagian dubur indukan.

Sedikit saran saja, jika kalian ingin mengawinkan burung merpati di umur muda, maka kalian harus memperhatikan pemberian vitamin nya supaya nantinya tidak ada telur yang kosong dan kalian harus memberi makan yang cukup supaya burung merpatinya tidak selalu pergi keluar (keluar kandang).

  1. Suhu Ekstrim

Ketika suhu sedang ekstrim baik itu panas maupaun dingin sekali, maka biasanya dapat menyebabkan telur burung merpati jadi gagal menetas. Karena itulah, jika cuaca sedang tidak stabil saya sarankan untuk selalu menyimpan burung merpati kalian yang sedang mengerami ditempat yang bersuhu normal (tidak terkena sinar matahari secara langsung dan angina kencang)

  1. Induk Kurang Vitamin 

Indukan mepati yang kekurangan vitamin juga bisa menjadi penyebab kondisi telur burung jadi kurang bagus sehingga gagal menetas. Jika sudah begini, maka solusinya mudah yaitu kita hanya perlu memberikan vitamin atau grit yang cukup pada burung merpati supaya nantinya telur dalam keadaan normal dan mudah menetas.

  1. Gangguan

Maksud dari gangguan disini adalah gangguan yang sebabkan oleh binatang jenis lain yang suka mengganggu seperti kucing, cicak, semut dan lain-lainnya. Karena, kondisi telur harus benar-benar netral tidak adanya sebuah gangguan apapun termasuk juga guncangan. Oleh karena itu agar terhindar dari gangguan dari luar, usahakan tempatkan dalam kandang merpati yang aman dan nyaman.

  1. Faktor Indukan

Biasanya hal ini terjadi karena ada beberapa merpati yang tidak terlalu peduli dengan telurnya sendiri alias jarang mengerami. Hal ini seringkali terjadi padad burung merpati yang masih muda.

Demikianlah penyebab telur burung merpati tidak menetas. Jika kalian sudah mengetahui penyebab-penyebab, maka kalian jangan lupa untuk berdoa. Karena, semua urusan rezeki itu ada pada Tuhan, jika telur tidak menetas maka masih belum rezeki kita dan sebaiknya kita lebih rajin lagi beribadah.

Akhir Kata

Dengan memperhatikan 5 penyebab telur merpati tidak menetas diatas, diharapkan dapat mengurangi kemungkinan telur tidak menetas. Kemudian jika merpati kalian ingin cepat bertelur simak artikel mimin sebelumnya 5 Cara Agar Merpati Cepat Bertelur.

 

kLIK lANJUTKAN uNTUK mELIHAT APLIKASI

  Secure Verified