3 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Gratis untuk Meeting Maupun Belajar dari Rumah

3 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Gratis untuk Meeting Maupun Belajar dari Rumah – Di masa pandemi corona, setiap orang dianjurkan untuk menjaga jarak untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Oleh karenanya, baik sekolah maupun perkantoran dianjurkan untuk melakukan kegiatannya dari rumah. Akan tetapi, ada kalanya kebutuhan saling tatap muka itu diperlukan. Baik itu untuk pemberian materi pelajaran, penilaian atau dalan hal pekerjaan untuk meeting.

Karena keadaan ini, sederetan aplikasi conference yang dulu tidak terlalu populer mendadak banyak digunakan. Dengan tergabung ke dalam ruang video conference ini setiap anggota yang bersangkutan bisa saling bertatap muka secara daring. Aplikasi yang banyak dan populer digunakan oleh banyak orang adalah Zoom. Padahal masih banyak aplikasi lain yang tidak kalah bagus seperti beberapa aplikasi berikut ini.

  • Skype

Skype sebenarnya merupakan sebuah aplikasi video conference yang sudah ada cukup lama. Sayangnya, di dalam negeri penggunaan aplikasi ini hanya populer di kalangan tertentu saja. Aplikasi ini merupakan milik Microsoft dan bisa diunduh serta dipasang secara gratis. Program aplikasi ini bisa digunakan baik pada ponsel juga pada komputer sehingga mudah digunakan untuk tatap muka daring. Sayangnya, dalam satu kali pertemuan hanya bisa menampung hingga 25 orang saja.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Skype adalah aplikasi ini memiliki fitur subtitle. Maksudnya adalah setiap kata yang diucapkan oleh lawan bicara akan muncul artinya, apalagi jika itu adalah kata-kata dari bahasa asing. Selain itu, Skype juga memiliki fitur rekaman panggilan sehingga jika membutuhkan notula rapat atau pun rekaman kegiatan pembelajaran bisa direkam langsung menggunakan aplikasi.

  • Google Meet

Bagi pengguna Google, sebenarnya ada satu fitur yang disediakan perusahaan ini untuk melakukan video conference yang bernama Google Meet. Aplikasi video conference ini cukup mudah digunakan karena yang dibutuhkan hanyalah akun Google yang biasanya sudah dimiliki oleh orang-orang yang aktif berkirim pesan melalui email. Ini menjadi keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh Google Meet.

Konferensi yang dilakukan melalui Google Meet ini terbilang aman karena terenkripsi. Selain itu, jika Anda butuh membuat penjelasan dari gambar, slide maupun presentasi yang sedang dilakukan, terdapat fitur white board yang memiliki fungsi hampir mirip dengan papan tulis pada umumnya namun berbentuk virtual. Kelebihan lain dari program ini adalah bisa mengundang hingga 100 peserta dan tidak ada batasan waktu penggunaan.

  • Teams

Jika Anda membutuhkan aplikasi video conference yang mampu mengundang hingga 10 ribu orang dalam satu kali panggilan, Anda bisa menggunakan Teams. Aplikasi ini merupakan keluaran Microsoft juga, seperti Skype. Hanya saja memiliki kapasitas peserta konferensi yang lebih besar. Kualitas video yang diberikan oleh aplikasi ini juga bisa dikatakan lebih jernih sehingga tidak mengganggu tatap muka daring yang Anda lakukan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengelola beberapa grup sekaligus tanpa adanya clash. Elain grup, Anda juga bisa mengelola percakapan video pribadi secara terpisah jika diperlukan dan tetap aman. Melalui aplikasi ini juga Anda bisa dengan mudah melakukan pengeditan berkas, sehingga ketika sedang rapat diperlukan perbaikan data dan sebagainya bisa langsung dilakukan tanpa perlu membuka aplikasi lain.

Itulah beberapa aplikasi video conference yang bisa digunakan selain Zoom. Ketiga aplikasi di atas memiliki keunggulan dari segi waktu penggunaan karena tidak ada batasan waktu seperti yang terdapat pada Zoom versi gratis. Anda bisa melakukan meeting maupun pertemuan kelas dengan lebih nyaman tanpa dibatasi waktu. Pastikan saja sinyal yang digunakan stabil supaya tidak terpotong-potong ketika sedang live.

author
Author: 
No related post!

Leave a reply "3 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Gratis untuk Meeting Maupun Belajar dari Rumah"

Must read×

Top