4 Aplikasi Belajar Online yang Cocok Digunakan untuk Kegiatan Belajar di Rumah

4 Aplikasi Belajar Online yang Cocok Digunakan untuk Kegiatan Belajar di Rumah – Sampai saat ini, perserkolahan maupun perguruan tinggi masih melakukan proses belajar mengajar secara online. Untuk melakukan pertemuan tatap muka, biasanya dilakukan melalui video conference. Namun, itu juga tidak dilakukan setiap saat. Ada kalanya guru hanya memberikan bahan ajaran atau juga bahan latihan. Sebagai bentuk tambahan materi pelajaran, siswa dan orang tua harus secara aktif mencari materi pembelajaran lainnya.

Untungnya saat ini sudah banyak sekali aplikasi pembelajaran yang bisa digunakan secara gratis. Beberapa aplikasi bahkan sudah bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diharapkan dengan penggunaan aplikasi ini guru dan murid bisa melakukan proses pembelajaran dengan lebih efektif lagi. Berikut adalah beberapa aplikasi pembelajaran online yang saat ini tersedia dan banyak digunakan.

  • Ruangguru

Saat ini, rasanya tidak ada yang tidak mengenal aplikasi ruang guru. Aplikasi belajar online yang dirintis oleh dua pemuda asli Indonesia ini kini sudah membuka program gratis yang dijalankan pada waktu yang ditentukan dari hari Senin hingga Jum’at. Pelajaran yang disediakan di sekolah online ini sudah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia dan tersedia dalam semua jenjang pendidikan.

Program sekolah gratis ini bisa diakses bebas oleh semua siswa. Jika ada murid yang ketinggalan sesi materi pelajaran maka tidak perlu khawatir karena video pembelajaran tersebut bisa diputar ulang setelah sesi berakhir. Tidak perlu bingung dengan latihan karena Ruangguru memiliki bank soal yang menyediakan beragam soal dan pertanyaan yang bisa diakses secara gratis juga.

  • Zenius

Bagi para siswa yang sedang menghadapi masa ujian akhir, rasanya penting untuk memiliki aplikasi Zenius. Aplikasi belajar online ini dikhususkan untuk belajar secara mandiri untuk persiapan menghadapi ujian akhir tersebut. Video soal yang disediakan lengkap mulai dari jenjang SD hingga SMA dengan tiga macam kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum KTSP, 2013 dan 2013 revisi.

  • Google Classroom

Google bisa dikatakan menyediakan layanan lengkap untuk kebutuhan di masa physical distancing ini. Bagi para guru dan pelajar bisa menggunakan fitur Google Classroom. Penggunaan fitur ini tidak hanya bisa digunakan oleh guru dan murid tingkat sekolahan saja. Kebanyakan penggunanya justru adalah dosen dan mahasiswa di perguruan tinggi. Program ini sangat membantu karena memiliki fitur yang cukup lengkap.

Sebagai guru, Anda bisa membuat ruang kelas sendiri yang nantinya khusus diakses oleh Anda dan murid-murid. Di kelas tersebut, guru bisa membagikan materi secara tertulis, memberikan tugas, melakukan pertemuan via video conference dan bahkan memberikan penilaian. Aplikasi belajar online ini bisa dikatakan seperti kelas daring yang sesungguhnya. Terlebih lagi sampai saat ini aplikasi tersedia secara gratis.

  • Quipper School

Quipper School merupakan aplikasi yang menggunakan teknologi manajemen kelas digital atau learning management system. Melalui aplikasi ini guru bisa mengirim dan juga mengelola materi pembelajaran, soal latihan dan ujian juga menilai hasil kerja siswa secara online. Bagi siswa, melalui aplikasi ini siswa bisa mengerjakan semua tugas yang diberikan guru secara daring dan mendapatkan materi pelajaran yang diberikan guru. Semuanya bisa didapatkan dengan gratis.

Dengan semakin banyaknya aplikasi belajar online yang kini semakin gencar diperkenalkan menbuat belajar di rumah menjadi semakin mudah. Baik guru maupun murid bisa berusaha seefektif mungkin melakukan aktivitas belajar mengajar layaknya bertatap muka secara langsung. Pemerintah serta provider internet juga memberi dukungan secara finansial dengan memberikan jatah kuota belajar secara gratis. Pastikan saja nomor yang digunakan untuk belajar terdaftar untuk mendapatkan jatah kuota gratis tersebut.

author
Author: 
No related post!

Leave a reply "4 Aplikasi Belajar Online yang Cocok Digunakan untuk Kegiatan Belajar di Rumah"

Must read×

Top