Apa itu Tindakan Afirmatif Dan Pengaruhnya

“Afirmatif” dan “tindakan” merupakan dua kata yang relatif dan tidak berbahaya, sampai kedua kata tersebut disatukan. Tindakan afirmatif sudah menjadi salah satu topik yang terpolarisasi di A.S selama 50 tahun lebih, dan tetap sampai sekarang. Mengingat tuntutan hukum baru-baru ini diajukan oleh Universitas Harvard, orang bahkan berargumen tindakan afirmatif akan menjadi lebih kontroversial seiring waktu.

Apa itu Tindakan Afirmatif Dan Pengaruhnya

Jika kamu bertanya-tanya apa itu tindakan afirmatif, dan apa pengaruhnya kepada penerimaan perguruan tinggi, berikut yang harus kamu ketahui.

Yang Dimaksud Dengan Tindakan Afirmatif?

Tindakan afirmatif pada dasarnya, merupakan kebijakan yang mana ras, warna kulit, jenis kelamin, agama, asal kebangsaan seseorang akan diperhitungkan dalam seleksi (seringkali terjadi dalam penerimaan perguruan tinggi atau pekerjaan), dan preferensi diberikan kepada yang kurang terwakili atau didiskriminasi sebelumnya (Bagian dari masyarakat).

Apa artinya ini dalam hal penerimaan mahasiswa? Ini berarti siswa yang mempunyai latar belakang secara historis kurang terwakili bisa diterima walaupun mempunyai nilai dan nilai ujian yang tidak sekuat siswa dari kelompok lain. Begitu juga dengan siswa dari kelompok yang terlalu terwakili mungkin harus memenuhi standar akademik untuk bisa diterima. Ini merupakan masalah yang diangkat ke latar depan pada gugatan untuk Universitas Harvard oleh Mahasiswa untuk Penerimaan Yang Adil, yang mewakili orang orang Asia-Amerika yang mengklaim tindakan afirmatif membuat mereka lebih sulit untuk bisa masuk.

Paradoks Affirmative Action

Akar permasalah tindakan afirmatif yaitu bahwa ini merupakan sebuah paradoks. Dalam upaya memberikan kesetaraan dan kesempatan yang sama kepada kelompok yang kurang terwakili, tindakan afirmatif memperlakukan kelompok tersebut dengan cara yang berbeda, atau tidak sama.

Dalam sebuah artikel yang berjudul, “The Changing Meaning of Affirmative Action,” The New Yorker menunjukkan: “Begitu kita mengubah Konstitusi dan mengesahkan undang-undang perlindungan untuk orang dengan kulit berwarna supaya tidak diperlakukan berbeda dengan cara yang berbahaya untuk mereka, pemerintah mengalami kesulitan dalam memberlakukan program yang memperlakukan orang dengan kulit berwarna secara berbeda dengan cara yang kemungkinan bermanfaat. Kami mengambil perlombaan keluar dari persamaan tersebut hanya untuk menyadari, jika kami benar-benar menginginkannya tidak hanya sekedar persamaan kesempatan untuk semua orang Amerika tetapi juga persamaan hasil, kami harus memasukkannya kembali. ”

Sejarah Affirmative Action dalam Pendidikan dan Penerimaan Perguruan Tinggi

1978, Pada Regents of the University of California v. Bakke, Mahkamah Agung memutuskan untuk memakai ras sebagai salah satu faktor (antara lain) dalam diperbolehkan penerimaan, tetapi karena kuota kelompok minoritas yang kurang terwakili tidak diperbolehkan.

1995: Bupati Universitas California memberhentikan semua jenis tindakan afirmatif (yang berbasis ras, jenis kelamin, etnis, dan asal negara) pada semua sekolah di Universitas California, yang akan diterapkan untuk 3 tahun ke depan.

1996-1997: Di Texas v. Hopwood, Pengadilan Banding AS untuk Fifth Circuit memutuskan sistem penerimaan University of Texas, yang menganggap ras, tidak konstitusional. Dalam menanggapi keputusan ini, Rencana 10% Teratas dikembangkan dalam menjamin penerimaan untuk semua perguruan tinggi negeri di Texas bagi semua siswa sekolah menengah di Texas 10% teratas dari kelas kelulusan mereka.

2003: Pada Grutter v. Bollinger, Barbara Grutter melakukan gugatan kepada Fakultas Hukum Universitas Michigan, karena dia yakin bahwa dia ditolak karena rasnya (kulit putih). Pengadilan memutuskan penerimaan didasarkan kepada ras diperbolehkan, tetapi mereka menyatakan bahwa mengharapkan tindakan afirmatif tidak lagi dipadai dalam 25 tahun. Pada hari yang sama, mereka mendengar bahwa Gratz v. Bollinger lah yang menghancurkan sistem penerimaan yang berbasis poin Universitas Michigan, karena sistem tersebut akan memberikan poin secara otomatis kepada minoritas yang kurang terwakili. Ini pada dasarnya mengarah kepada kuota, dan tidak meninjauan kasus per kasus kepada pelamar.

2014: Pada Schuette v. Coalition to Defend Affirmative Action, Mahkamah Agung memberika dukungan kepada amandemen konstitusi negara bagian Michigan yang melarang universitas untuk menerima penerimaan yang sadar ras.

2016: Fisher v. University of Texas, sistem penerimaan UT yang sadar ras dianggap sebagai sebuah konstitusional. Sistem UT sebelumnya sudah mengakhiri tindakan afirmatif, tetapi dengan mengaktifkannya kembali setelah keputusan dari Grutter v. Bollinger.

2019: Mahasiswa untuk Penerimaan Adil menuduh Harvard melakukan diskriminasi kepada orang Asia dalam penerimaan yang berbasis ras. Hakim Pengadilan Distrik Federal memutuskan untuk memberikan dukungan kepada Harvard, dan mengatakan “Pengadilan [tidak menemukan] bukti dokumenter persuasif dari … prasangka yang disadari kepada orang Asia-Amerika,” dan walaupun penerimaan berdasarkan ras di Harvard tidak “sempurna”, itu perlu memastikan keberagaman.

Sekarang: Tindakan afirmatif masih hidup di seluruh AS sekarang ini; tetapi, saat ini terdapat sembilan negara bagian yaitu Arizona, California, Florida, Idaho, Washington, Michigan, Nebraska, New Hampshire, dan Oklahoma sudah melarang itu baik lewat inisiatif pemungutan suara atau referendum legislatif. (Texas sebelumnya melarang terjadinya tindakan afirmatif, tetapi mulai menerapkannya kembali pada penerimaan sadar ras setelah Grutt.

Kata Penutup

Demikian yang babaumma sampaikan sekian dan terimakasih.

Tinggalkan komentar