Makanan Burung Merpati Juara

Makanan burung merpati itu sebenarnya beragam. Dilansir dari laman VCA Hospitals, umumnya makanan burung merpati dihabitat aslinya yaitu berupa biji-bijan, sayuran hijau dan juga buah-buahan.

Selain itu, merpati juga terkadang memakan serangga, cacing dan siput yang membuat merpati sebagai omnivora atau pemakan segala. Lalu, jenis makanan merpati peliharaan apa sajakah yang perlu diberikan?

Daftar Makanan Burung Merpati yang Berkualitas

  1. Jagung

Makanan jenis biji-bijian ini cocok sekali untuk merpati balap ataupun untuk merpati hias yang mudah ditemukan disekitar rumah dan harganya juga cukup terjangkau.

Jagung ini juga bisa diberikan sebagai pakan harian dengan cara mencampurkannya dengan jenis makanan biji-bijian lainnya.

Varietas jagung yang kebanyakan dipilih untuk pakan burung merpati adalah jagung Kristal. Ini karena jagung Kristal memiliki bulir yang lebih kecil, sehingga burung merpati jadi lebih mudah mengkonsumsinya.

  1. Kacang-Kacangan

Tak hanya biji-bijian, adapun juga beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa diberikan kepada burung merpati sebagai pakan.

Yang perlu untuk diperhatikan ketika memberi pakan kacang-kacangan adalah kandungan lemak yang tinggi. Jadi, porsi dan asupannya mungkin harus dibatasi.

Berikut ini adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa kalian berikan sebagai makanan burung merpati, diantaranya:

  • Kacang kedelai: memiliki kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin E
  • Kacang hijau: memiliki kandungan protein, mineral, dan sumber serat alami
  • Kacang tanah: memiliki kandungan protein, lemak, zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, dan juga vitamin K.
  1. Beras Merah

Beras merah menyimpan banyak nutrisi penting, salah satunya Vitamin B1 yang dapat meningkatkan stamina, menguatkan organ, dan juga membuat merpati tidak cepat kelelahan.

Beras merah ini lebih bagus dibandingkan beras putih yang cenderung akan membuat burung jadi cepat gemuk dan membuatnya tampas malas-malasan.

Hal ini karena beras putih cenderung mengandung kandungan gula tinggi dan mengandung kandungan nutrisi yang lebih sedikit dibandingkan jenis biji-bijian lainnya.

  1. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran ini bisa kalian jadikan pilihan untuk pakan tambahan burung merpati yang bisa diberikan dalam kondisi segar sewaktu-waktu.

Untuk mempersiapkan buah dan sayur untuk pakan burung merpati, pastikan bahwa kalian sudah mencucinya terlebih dahulu sampai bersih lalu potong sesuai dengan ukuran yang dapat dikonsumsi oleh burung.

Jenis buah yang bisa untuk pakan merpati antara lain adalah apel, melon, papaya dan pisang. Sedangkan untuk sayurannya bisa berupa sayuran hijau seperti selada, kangkung, brokoli dan juga wortel.

Dilansir dari laman PetSmart, sayuran yang diberikan untuk pakan setidaknya 2 hari sekali sebagai pakan tambahan.

Sementara untuk buah-buahan sebaiknya hanya diberikan sekali saja dalam seminggu mengingat kandungan gula yang lebih tinggi dibandingkan pada sayuran.

  1. Voer

Voer atau pelet ini termasuk ke jenis makanan burung merpati yang berasal dari biji-bijian yang sudah diolah.

Berdasarkan laman PetSmart, karena biji-bijian merupakan pakan utama burung merpati, maka sebaiknya pemberian voer hanya 15-25% saja dari asupan harian.

Untuk pakan burung merpati yang sudah dewasa, voer bisa dijadikan campuran biji-bijian untuk pakan harian.

Sementara itu voer bisa juga dijadikan pilihan makanan untuk anak burung merpati, tetapi harus dilembutkan terlebih dahulu dengan air.

  1. Batu Kecil (Kerikil)

Kebanyakan dari kalian mungkin merasa bingung kenapa kerikil bisa masuk ke daftar pakan merpati, padahal batu kerikil ini bukanlah makanan yang bisa dimakan.

Tapi faktanya, burung merpati itu ternyata perlu memakan sesuatu yang bertekstur sedikit keras seperti batu kecil. Ini dikarenakn kerikil dapat memperlancar pencernaan burung merpati.

Jadi prosesnya, kerikil yang dimakan oleh merpati ini akan disimpan didalam tembolok, kemudian akan digunakan untuk mengancurkan makanan seperti biji-bijian yang keras supaya nantinya bisa dicerna oleh tubuhnya.

  1. Grit Asinan

Seperti yang telah dijelaskan diatas tadi kalau burung merpati di alam liar terkadang mengonsumsi batu kerikil yang berguna untuk mencerna biji-bijian dalam sistem pencernaan mereka.

Sebagai merpati peliharaan, kalian bisa juga mengganti hal ini dengan grit asinan yang untuk sekarang ini sudah bisa didapatakan dengan mudah ditoko perlengkapan hewan.

Berilah grit asinan ini dalam jumlah sedikit pada makanan merpati kalian. Tak hanya grit, kalian bisa juga menggantinya dengan kulit telur atau tulang sotong yang sudah dihancurkan.

Ini bagus terlebih lagi untuk merpati betina yang mau bertelur, dengan komposisi grit yang kaya akan mineral, kalsium dan fosfor juga bisa meningkatkan kualitas telur.

  1. Suplemen Tambahan

Vitamini burung ini bisa menjadi salah satu suplemen tambahan untuk beberapa tipe burung merpati. Misalnya saja pada burung merpati balap yang membutuhkan stamina dan daya tahan yang tinggi.

Suplemen tambahan bisa juga diberikan pada kondisi tertenu, misalnya untuk membantu proses burung merpati bertelur atau masa pemulihan burung merpati yang sakit.

Jenis suplemen tambahan yang bisa diberikan diantaranya yaitu Vitamin dan minyak ikan yang bisa dicampurkan dengan pakan burung merpati.

  1. Air Minum

Kebutuhan air minum untuk burung merpati juga perlu kalian perhatikan sepanjang waktu. Pastikan juga bahwa kualitas air yang diberikan tidak akan mempengaruhi kesehatan burung.

Jika kondisi air minumnya sudah kotor dan sudah tidak layak dikonsumsi, maka sebaiknya segeralah kalian ganti. Kalian juga perlu memperhatikan kebersihan wadah makanan dan minuman dengan mencucinya sampai bersih dengan sabun dan air mengalir.

Makanan Anak Burung Merpati

Anakan burung merpati yang dirawat oleh induknya, mereka akan memperoleh makanan dari “susu” yang dihasilkan pada tembolok burung merpati.

“Susu” ini dihasilkan melalui cairan sel pelapis tembolok yang kaya akan protein dan lemak. Cairan ini  penting sekali untuk perkembangan dan pertumbuhan merpati muda.

Karena itulah, sangat penting untuk memberikan makanan burung merpati yang berkualitas, terlebih lagi pada saat mereka sedang merawat anakan merpati.

Lalu jika tidak dirawat induknya, anak burung merpati makan apa? Sebagai pengganti “susu” tembolok, kalian bisa meloloh dan menyuapi anakan merpati dengan voer atau bubur bayi yang teksturnya lembut.

Kalian bisa menggunakan bantuan dari suntikan tanpa jarum (spuit) untuk membantu anakan merpati mengonsumsi makanan mereka. Lakukanlah hal ini sampai anakan merpati siap untuk makan biji-bijian, sama halnya seperti merpati dewasa.

Akhir Kata

Makanan burung merpati yang berkualitas dan bergizi tentu akan sangat mempengaruhi kualitas dari merpati tersebut. Apalagi jika burung tersebut sering mengikuti lomba merpati tentunya akan membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi.

kLIK lANJUTKAN uNTUK mELIHAT APLIKASI

  Secure Verified