Cek Dulu Sebelum Membeli, Untung dan Rugi Investasi di Properti

Saat ini semakin banyak anak muda yang tertarik dengan investasi real estate. Pembelian real estat tidak lagi terbatas pada orang yang sudah menikah yang membutuhkan apartemen. Banyak anak muda juga membeli real estate sebagai investasi.

Jenis investasi ini dianggap oleh kebanyakan orang lebih aman daripada instrumen seperti saham atau obligasi. Namun, sebelum Anda memutuskan jenis investasi ini, Anda perlu memahami semua manfaat dan risikonya. Apakah kamu?

1. Peluang untuk mendapatkan penghasilan pasif

Mengutip Finansialku, salah satu keuntungan berinvestasi di real estate adalah Anda bisa menyewakan aset properti dengan imbalan, namun tetap memegang kepemilikan aset di tangan Anda. Jadi Anda mendapatkan keuntungan ganda dengan cara yang sama.

Ketika Anda menyewa rumah yang tidak ditempati, kepemilikan rumah tetap atas nama Anda, tetapi dapat menghasilkan hasil yang dikenal sebagai pendapatan pasif (passive income). Selain itu, nilai investasi real estat terus meningkat, sehingga sangat kecil kemungkinan investor akan mengalami kerugian.

2. Dapat digunakan sebagai pengaman

Manfaat lainnya adalah properti yang Anda beli dapat digunakan sebagai jaminan atau sebagai jaminan untuk meminjam uang dari bank. Dengan begitu, modal Anda bisa berkembang dan bisnis Anda bisa berkembang lebih luas.

Selain itu, harga tanah sebagai salah satu produk investasi real estate selalu naik karena permintaannya yang terus meningkat. Jadi Anda bisa mendapatkan banyak modal dengan menggunakan real estat sebagai jaminan pinjaman.

3. Lamanya proses jual beli dan mudah terkena bencana

Tapi jangan lupa ya? Selain keuntungan, Anda juga perlu mengetahui risiko investasi real estat. Beberapa risiko yang Anda hadapi saat berinvestasi di real estate antara lain proses jual beli properti Anda yang tidak bisa dilakukan dengan cepat.

Butuh waktu lama karena jual beli real estat tidak seperti transaksi lainnya. Dibutuhkan publisitas dan ketelitian saat melakukan transaksi untuk menjual dan membeli real estat.

Selain itu, Anda juga menghadapi risiko jenis investasi ini rawan bencana alam. Jika investasi real estat Anda di gedung, risiko Anda bahkan lebih tinggi.

Setelah menimbang keuntungan dan risiko, kini saatnya untuk memastikan apakah Anda membuat keputusan investasi real estat atau tidak. Jika Anda merasa ini tidak cocok untuk Anda, jangan ragu untuk mempelajari wahana investasi lainnya, guys!

kLIK lANJUTKAN uNTUK mELIHAT APLIKASI

  Secure Verified