Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran: Fungsi, Konsep dan Tujuan

Pengertian Manajemen Pemasaran: Fungsi, Konsep dan Tujuan – Definisi manajemen pemasaran merupakan sebuah rangkaian proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan juga pengendalian suatu kegiatan pemasaran.

Dan bertujuan untuk mencapai target perusahaan secara efisien dan efektif.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

#1 Philip Kotler (1980)

Menurut Philip Kotler manajemen pemasaran merupakan sebuah proses menganalisa, merencanakan, melaksanakan, dan juga mengawasi program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang bermaksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

#2 Dharmmesta dan Handoko (1982)

Manajemen pemasaran menurut Dharmmesta dan juga Handoko adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya.

#3 William J. Stanton

Menurut William J. Stanton pengertian dari manajemen pemasaran adalah sebuah sistem keseluruhan kegiatan bisnis yang tujuannya untuk merencanakan, menentukan harga, promosi, dan juga distribusi barang atau jasa yang bisa memuaskan para konsumennya.

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep dari manajemen pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang di mana bisa untuk memuaskan kebutuhan konsumen.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Fungsi Pertukaran

Untuk fungsi pertukaran dalam manajemen pemasaran telah dibagi menjadi dua. Dua fungsi tersebut antara lain pembelian dan juga fungsi penjualan.

Maksud dari fungsi pembelian itu berarti manajemen pemasaran berfungsi sebagai proses timbal balik dari aktivitas penjualan.

Sedangkan untuk fungsi penjualan termasuk dalam mempertemukan penjual dan juga pembeli yang dilakukan secara langsung ataupun bisa melalui perantara.

Fungsi Fisis

Dan fungsi fisis yang dimaksudkan adalah terpusat pada penggunaan waktu, lokasi, dan juga bentuk yang harus dipertimbangkan pada suatu produk pada saat suatu produk akan diangkut, diproses, dan juga disimpan sampai akhirnya nanti jatuh ke tangan para konsumen.

Fungsi Penyediaan Sarana

Fungsi penyediaan sarana ini berkaitan dengan segala kegiatan yang mampu untuk melancarkan operasional pemasaran.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran sendiri mempunyai beberapa tujuan yang penting untuk perusahaan. Dan berikut inilah 6 tujuan manajamen pemasaran, yaitu :

§  Membangun Permintaan

§  Membangun Kepuasan Para Konsumen

§  Mendapatkan Market Share

§  Mendapatkan Keuntungan

§  Mendapatkan Pencitraan Sesuai Dengan Harapan

§  Menjaga Kelangsungan Usaha

Pentingnya Manajemen Keuangan

Manajemen pemasaran ini memang sangat penting dalam suatu bisnis ataupun perusahaan. Dengan manajemen perusahaan yang baik tentu bisa untuk membantu perusahaan agar bisa mencapai tujuannya yaitu keuntungan secara efektif dan juga efisien. Jadi, perusahaan bisa berjalan dengan baik dan bertahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.