5 Tanaman Hias ini Ternyata Beracun, Sering Tertipu Oleh Keindahannya

Setiap keluarga pastinya ingin memiliki rumah yang asri. Apalagi jika disetiap sudut rumah dihiasi oleh tanaman dan pohon hias, tentu membuat rumah terlihat lebih sejuk dan nyaman. Tapi, dalam memilih tanaman hias kita tidak bisa hanya dengan melihat keindahannya saja. Karena, ternyata ada beberapa tanaman hias yang cantik tetapi beracun. Jadi, kita harus berhati-hati dalam memilih tanaman agar nantinya tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang dapat menyerang keluarga kita.

Sudah tak jarang kalau tanaman-tanaman beracun ini tidak sengaja dikonsumsi oleh anak-anak atau hewan peliharaan di rumah. Bahkan dampak yang paling buruk bisa menyebabkan kematian. Jadi berikut adalah 5 tanaman hias yang ternyata beracun. Simak selengkapnya berikut ini!

 

1. Tanaman Dolar (ZZ Plant)

1. Tanaman Dolar (ZZ Plant)

Tanaman dolar merupakan salah satu jenis tanaman hias yang biasanya ditempatkan di sudut ruangan. Meskipun tanaman hias yang satu ini ditempatkan didalam ruangan, tetapi harus kalian ketahui bahwa seluruh bagian dari tanaman dolar ini mengandung racun.

Berdasarkan sebuah penelitian, dikatakan bahwa seluruh bagian tanaman dolar ini mengandung racun karena senyawa oksalat, sehingga dapat menyebabkan kulit iritasi dan gatal-gatal.

Jika kalian atau anak kalian tidak sengaja menyentuh daun dari tanaman ini, maka segeralah untuk mencuci tangan dengan sabun sampai benar-benar bersih. Dan jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat ingin memindahkan tanaman ini.

 

2. Kuping Gajah (Caladium)

2. Kuping Gajah (Caladium)

Kuping gajah adalah tanaman hias yang termasuk ke dalam keluarga talas dan keladi yang menyimpan racun. Meskipun bentuk dan warnanya indah, tetapi tanaman daun kuping gajah dapat menyebabkan dinding saluran pernapasan membengkak bahkan menutup jalan masuk dan keluarnya udara.

Harap untuk menghindarkan anak-anak dari tanaman hias ini, anak Kecil yang senang bereksplorasi bisa saja menggosokan daun kuping gajah ke tangannya. Padahal hal ini akan menyebabkan kulit terasa gatal dan seperti ada sensasi terbakar. Jika daun dari tanaman hias sampai tertelan, maka dapat memicu terjadinya pembengkakan pada lidah dan mulut. Dalam jangka panjang, efeknya bisa mengakibatkan kesulitan bernapas.

 

3. Bunga Lily

3. Bunga Lily

Bunga lily adalah salah satu tanaman hias yang indah untuk menghiasi setiap sudut di rumah. Warna putih dari bunga lily ini terkesan elegan, sehingga bunga ini banyak disukai orang. Menurut sebuah penelitian dari US Food and Drug Administration, dikatakan bahwa bunga lily tak hanya indah saja, tetapi Hemerocallis bisa membahayakan hewan peliharaan.

Jadi pada saat hewan peliharaan kita berusaha untuk menjilat atau memakan daun bunga lily meski hanya sedikit saja, maka bisa berdampak negatif karena menyebabkan sakit perut dan muntah-muntah. Selain itu, racun dari bunga lily juga bisa menyebabkan hewan peliharaan di rumah mengalami gagal ginjal akut sampai kematian.

 

4. Lidah Mertua (Sanseviera)

4. Lidah Mertua (Sanseviera)

Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer dan digemari oleh banyak orang. Tanaman ini menghiasi setiap pot dalam rumah. Jika diperhatikan, bentuk dari lidah mertua ini seperti pedang. Meskipun tanaman ini terlihat indah, tapi perlu kita sadari bahwa tanaman hias ini beracun. Meskipun kadar racun dari Lidah Mertua tidak terlalu tinggi, tetapi efek samping yang ditimbulkan dari tanaman ini dapat memicu muntah-muntah dan diare.

 

5. Philodendron

5. Philodendron

Ketika membeli tanaman hias, kebanyakan orang pasti menginginkan tanaman yang mempunyai banyak daun hijau untuk menyegarkan mata. Jika diperhatikan, Philodendron mempunyai bentuk daun yang terlihat melengkung dan lancip di bagian ujungnya. Tetapi, daun dari tanaman hias merambat ini sangatlah beracun. Jika tidak sengaja dikonsumsi bisa menyebabkan bagian bibir, lidah serta tenggorokan terjadi pembengkakan.

Dan itulah tadi beberapa penjelasan tentang 5 tanaman hias beracun yang harus kalian waspadai. Semoga bisa bermanfaat

kLIK lANJUTKAN uNTUK mELIHAT APLIKASI

  Secure Verified