Cara Memilih Anakan Kelinci Yang Bagus dan Berkualitas

Cara Memilih Anakan Kelinci Yang Bagus dan Berkualitas

Cara Memilih Anakan Kelinci Sebagai pecinta kelinci sebaiknya anda dapat mengenali ciri-ciri anakan kelinci berkualitas super atau unggul. Sebab kita tahu kelinci unggulan memang menjadi incaran para hobiis. Kelinci berkualitas memiliki banyak keunggulan diantaranya pertumbuhannya cepat, warna bulunya cantik, dihargai lebih tinggi, lebih laku dan produktifitasnya tinggi.

Bagi para junior yang baru saja mengenal dunia kelinci, sebaiknya ketahui ciri-ciri kelinci anakan berkualitas, agar saat hendak melakukan transaksi baik ketika ingin membeli kelinci atau menjualnya tidak terkecoh, sehingga tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Ciri-Ciri Anak Kelinci Berkualitas

Berikut beberapa poin yang dapat anda jadikan patokan dalam mengenali apakah anakan kelinci tersebut termasuk unggulan atau kualitasnya dibawah standar.

1. Berasal dari indukan unggulan

Induk unggulan tentu akan melahirkan anakan yang memiliki sifat unggul pula, baik dari postur, pertumbuhan dan kualitas bulunya yang cantik.

2. Energik atau lincah

Anakan kelinci yang berkualitas biasanya sangat enerjik, lincah dan pastinya sehat. Di dalam kandangnya tampak selalu berjalan kesana-kemari, tidak sering ngantuk, tidak bermalas-malasan, bawaannya selalu tenang.

3. Mata jernih

Mata jernih menjadi indikasi bahwa ia dalam keadaan sehat atau baik. Bila kedua matanya berair kemungkinan besar ia sedang tidak fit bahkan sakit.

4. Postur badan proporsional dan tidak cacat

Postur badannya terlihat serasi jika diamati dari ujung kepala sampai pangkal ekor. Bila diamati pada bagian kaki semuanya dalam kondisi normal artinya tidak cacat atau bengkok.

5. Gemuk alias tidak kurus

Kelinci yang gemuk juga menjadi pertanda bahwa ia memiliki pertumbuhan daging atau badan yang baik. Pasalnya kelinci yang kaulitasnya di bawah rata-rata biasanya akan tumbuh kurus dan lambat. Bahkan kurus-kurusan meski pakan sudah disediakan setiap saat.

6. Tidak memiliki riwayat sakit

Selama masa pertumbuhan hewan lucu tersebut tidak sakit-sakitan. Hal ini bisa ditengarai pada anusnya, bila anusnya bersih tidak ada sisa kotoran menempel berarti dalam kondisi sehat. Apalagi sampai kelihatan mencret berarti sedang tidak fit.

Pada bagian hidung juga bisa dicek apabila pada lubang hidung tampak basah atau flu berarti hewan tersebut tidak sehat. Apabila pada saat anakan kelinci sering sakit-sakitan, maka pertumbuhannya tidak bisa optimal sehingga kurang baik untuk dijadikan indukan.

7. Ekor lurus

Bentuk ekornya lurus alias bentuknya tak menyamping atau bengkok.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan Cara Memilih Anakan Kelinci dan ciri-ciri anakan kelinci berkualitas super. Nah, Jika anda ingin membeli anakan kelinci di pasaran atau ke peternak setidaknya memiliki beberapa kriteria seperti yang telah diuraikan diatas. Anak kelinci yang baik tentu sangat ideal untuk dijadikan hewan peliharaan apalagi bila dijadikan indukan untuk dibudidayakan

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch – Kelinci saat ini telah menjelma menjadi hewan peliharaan favorit …

Leave a Reply

Your email address will not be published.