Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Tembok Ruangan Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Tembok Ruangan Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding – Sebelum membeli bahan, tentunya kita harus menghitung terlebih dahulu kebutuhan cat untuk tembok dinding ruangan rumah. Supaya nanti kita bisa memperkirakan berapa banyak/kaleng/kilogram cat yang harus kita beli untuk mengecat dinding rumah, dan juga estimasi biaya bisa dipersiapkan. Dan cara menghitung kebutuhan cat ini berlaku untuk penghitungan pada cat dinding tembok, kusen ataupun plafon.

Sama seperti ketika sedang melakukan pembangunan rumah atau bangunan juga perlu mengetahui cara menghitung kebutuhan keramik, agar nantinya tau berapa jumlah keramik yang dibutuhkan.

Dalam menghitung jumlah cat yang dibutuhkan kita harus mengetahui volume dinding tembok ruangan terlebih dahulu supaya bisa dilakukan perhitungan. Contohnya dalam suatu bangunan ada berapa ruangan, dan dinding tembok nya ukuran berapa kali berapa?  Karena itu, berikut ini akan dijelaskan cara menghitung kebutuhan cat dengan rumus sederhana :

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding

Rumus :
Kebutuhan Cat = Luas Dinding / luas 1 liter
Standard pemakaian cat (10 – 12) m2/liter, setiap pelapisan.

Contohnya ruangan dengan ukuran 3m x 4m. dengan tinggi dinding 3m. Lalu kebutuhan Cat yang dibutuhkan yaitu :
= (2 x (3m + 4m)) x 3m / (12 m2/liter)
= 14 m x 3m / (12 m2/liter)
= 42 m2 / (12 m2/liter)

= 3.5 liter

Itu berarti kebutuhan Cat untuk ruangan 3m x 4m.
untuk 1x pelapisan membutuhkan 3,5 liter
untuk 2x pelapisan membutuhkan 7 liter atau 3 kaleng cat @ 2,5 liter

Catatan :

  • 1 Kaleng Cat itu berisi 2,5 liter, dan ada juga yang berisi 5 liter.1 Pail (= ember) Cat berisi 20 liter.
  • Proses pelarutan atau pengeceran dengan menambahkan air bersih 5%-25% dari jumlah cat. Kemudian aduk hingga rata sebelum digunakan.
  • Agar mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna, dibutuhkan minimal 2x pelapisan.
TRENDING :  Manakah Ojek Online Paling Murah Gojek, Grab ataukah Uber?

Jika kalian membeli cat dalam satuan kg
Rumus diatas dikalikan koefisien 1.4
untuk 1 x pelapisan membutuhkan 3,5 liter x 1.4 = 4.9 kg
untuk 2 x pelapisan membutuhkan 7 liter x 1.4 = 9.8 kg

Ingat! Untuk caara menghitung luas dinding yang akan di Cat pada rumus tersebut hanya pada dinding tembok dan juga tidak termasuk penghitungan cat pintu, jendela, lubang angin dan sebagainya.

Penghitungan kebutuhan cat yang ada diatas hanya sebagai contoh saja. Jika kalian akan melakukan pengecatan dalam skala yang besar maka kalian wajib melakukan rumus tersebut, apalagi jika kalian mau borongan cat dalam jumlah yang banyak.

Tetapi sebaliknya, jika kalian hanya mengecat dinding berskala kecil kalian tidak perlu dihitung juga tidak apa-apa, hanya menggunakan perkirakan saja.

Akhir Kata

Penting untuk kalian yang sedang atau akan melakukan renovasi atau mengecat ulang rumah kalian untuk tau Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Tembok Ruangan Rumah.

crossorigin="anonymous">