Ciri - Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch – Kelinci saat ini telah menjelma menjadi hewan peliharaan favorit dengan ciri khasnya yang lucu dan gemesin. Keunikan pada seekor kelinci cukup beragam mulai dari kualitas bulunya yang lembut, panjang hingga ada yang bentuk kupingnya terkulai ke bawah. Bahkan ada juga satu jenis kelinci yang menawarkan keindahan kombinasi warna yang tampak serasi dan cantik ialah kelinci dutch si kelinci mungil asal Belanda.

Kelinci dutch merupakan jenis kelinci kerdil. Bobot dari hewan mungil ini hanya 1 – 2.5 kg di usia dewasa. Namun disitulah letak keunikannya, berkat berat badan dan ukurannya yang mini membuatnya makin terlihat imut dan lucu, ditambah lagi akan kekayaan warna bulunya yang bagitu serasi membentuk pola balutan warna bak kalung atau pelana yang menghias cantik di area leher hingga punggung.

Ciri – Ciri Kelinci Dutch

Kelinci mungil yang diberi nama dutch ini memang sesuai namanya ia berasal dari negeri kincir angin, Belanda. Kelinci dutch memilki ciri yang cukup menonjol pada goresan warna bulu berwarna putih melingkar bagaikan pelana yang tampak begitu serasi dan cantik pada area leher atau dadanya hingga bagian atas punggung sampai ke ujung kaki depan.

Kelinci dutch umumnya mempunyai bulu pendek namun kaya warna antara lain hitam putih, coklat, abu-abu atau perpaduan dari semua warna tersebut. Jika diamati pada pola warna bulunya memang sangat khas yakni selalu ada bulu warna putih atau warna lain dengan bentuk melingkar pada bagian dadanya.

Sedang warna bulu pada bagian moncong dan dahi hampir selalu memiliki warna yang sama dengan warna pelana yang melingkar di area dada dan punggung tersebut. Khusus kelinci dutch yang memiliki tiga warna sekaligus sering disebut Tricoloured Dutch atau kembang telon, tentunya warna bulu lebih beragam dan pasti nya lebih menarik.

Hewan kelinci berperawakan mini nan imut ini ternyata juga dapat berproduksi dengan baik bila usianya sudah memasuki usia produktif. Kelinci betinanya mempunyai sifat keibuan yang tinggi artinya induk kelinci betina pandai merawat anak-anaknya hingga anakan lepas sapih. Dalam satu kelahiran satu ekor induk betina dapat beranak antara 7 – 8 ekor.

Harga Kelinci Dutch

Perlu anda ketahui meski ukurannya terbilang mini ternyata harganya tak semini ukurannya. Ia memiliki harga pasaran yang cukup mahal bila dibandingkan dengan kelinci lokal yang cukup murah. Harga kelinci dutch indukan (Rp 250.000-UP ) dan anakan bekisar (Rp 50.000-200.000) di marketplace. Sekian ulasan singkat mengenai kelinci dutch si binatang ucu dan gemesin ini.

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Anggora yang Perlu Diketahui

Ciri – Ciri Kelinci Anggora yang Perlu Diketahui

Ciri – Ciri Kelinci Anggora – Kelinci angora atau yang lebih umum dikenal dengan sebutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.