13 Makanan Kelinci Bergizi dan Mudah Didapat

13 Makanan Kelinci Bergizi dan Mudah Didapat

Makanan Kelinci Sebaigan hewan terkenal dengan makanan favorit mereka seperti Panda suka memakan bambu, Monyet suka memakan pisang hingga Kelinci yang suka memakan wortel. Bagi kalian yang memelihara kelinci, apakah kalian pernah memberi makan kelinci kalian dengan wortel?

Meskipun kelinci terkenal sekali sebagai hewan yang menyukai wortel, tapi ternyata wortel bukanlah makanan alami kelinci.

Justru tidak sehat dan bisa berbahaya jika kelinci terlalu sering mengkonsumsi wortel. Jadi, makanan apa saja yang sebaiknya diberikan kepada kelinci peliharaan?

Apabila kamu ingin memelihara atau berternak kelinci, Silahkan kalian simak baik-baik ulasan berikut ini.

Makanan Alami Kelinci 

Wortel sudah sejak lama dikenal sebagai makanan yang sering diberikan untuk kelinci, baik itu kelinci peliharaan maupun kelinci yang ada ditempat wisata. Hal ini tak lepas dari tontonan seperti kartun – kartun yang memperlihatkan bahwa wortel adalah makan kesukaan kelinci.

Walaupun seringkali kelinci terlihat diberi makan wortel, tapi ternyata wortel bukanlah makanan alami dari kelinci.

Memang kelinci adalah hewan yang bisa mengkonsumsi makanan apapun, tetapi sebaiknya jangan terlalu sering memberikan wortel pada kelinci.

Sebelum kelinci banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan, kelinci merupakan hewan liar yang tidak memakan sayuran akar ataupun buah-buahan seperti wortel salah satunya.

Wortel Tidak Baik untuk Kesehatan Kelinci

Penyebab mengapa sebaiknya kelinci tidak diberikan wortel atau buah-buahan lainnya karena didalamnya terdapat kandungan gula yang tinggi.

Karena itulah, kelinci tidak boleh diberi makan wortel atau buah-buahan setiap hari atau terlalu sering, kalian bisa memberikan wortel atau buah-buahan sebagai makanan selingan saja dalam jumlah yang kecil.

Tak hanya memiliki kadar gula yang tinggi saja, adapun alasan lain mengapa kelinci tidak boleh terlalu sering mengkonsumsi wortel atau buah-buahan karena bisa menyebabkan permasalahan pada pencernaan dan masalah pada gigi kelinci.

Wortel dan sebagian besar buah-buahan memiliki tekstur keras, sehingga bisa saja membuat gigi kelinci jadi rusak.

Dan bahkan dari data yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi amal di Inggris yang berfokus pada kesejahteraan hewan, RSPCA, menuliskan bahwa ada sekitar 11% kelinci mengalami masalah pencernaan dan gigi karena mengkonsumsi makanan yang bertekstur keras terlalu sering seperti wortel.

Tak hanya itu, adapun juga beberapa pemilik kelinci yang juga memberi makan kelinci dengan selada jenis Iceberg.

Padahal, selada jenis Iceberg ini juga tidak baik jika diberikan terlalu banyak kepada kelinci. Karena, selada iceberg mempunyai kandungan lactucarium yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan berefek seperti obat penenang.

Selain itu, jika dibandingkan nutrisinya, beberapa jenis selada itu lebih banyak mengandung air. Sehingga nutrisi yang didapatkan kelinci tidak akan cukup.

Daftar Makanan untuk Kelinci Bergizi dan Mudah Didapat

Daftar bahan-bahan makanan untuk kelinci yang tentunya mudah ditemukan dilingkungan rumah atau dipasaran. Selain menyehatkan kelinci, tentunya daftar makanan ini akan memberikan vitamin yang berlimpah untuk kelinci.

1. Daun Pepaya

Daun pepaya makanan kelinci
Gambar Pixabay

Rekomendasi pertama adalah daun papaya. Daun papaya ini punya banyak kandungan seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalori, lemak, besi, kalsium dan fosfor untuk menunjang kesehatan dan supaya kelinci tidak mudah terserang penyakit.

2. Buah Pepaya

Buah pepaya sebagai makanan kelinci
Gambar Pixabay

Selanjutnya ada buah papaya. Tak hanya daun papaya saja, ternyata buah papaya juga bisa menyehatkan kelinci. Buah yang kaya akan serat dan vitamin ini baik untuk pencernaan kelinci, terlebih lagi untuk mendapatkan buah papaya juga tidaklah sulit.

3. Buah Apel

buah apel sebagai makanan kelinci
Image by Rebekka D from Pixabay

Ternyata buah apel ini sangat disukai oleh kelinci. Buah ini bagus untuk memenuhi asupan vitamin bagi kelinci, kalian bisa menambahkan potongan apel baik itu apel merah ataupun hijau pada menu makanan kelinci kalian. Tetapi, pastikan dulu bahwa apel yang hendak kalian berikan itu masih dalam keadaan segar dan bebas dari pestisida untuk mencegah kelinci kelinci terjangkit gangguan kesehatan.

4. Rumput

Rumput sebagai makanan bergizi untuk kelinci
Image by David Mark from Pixabay

Berikutnya ada rumput. Rumput merupakan salah satu makanan kelinci yang mudah ditemukan. Rumput ini kaya akan serat dan baik untuk menutrisi kelinci apalagi untuk kelinci yang sedang mengandung atau menyusui. Pilihan rumput yang baik untuk pakan kelinci yaitu rumput alfafa, timothy, rumput teki, rumput gajah, ataupun rumput kering atau jerami. Tetapi, pastikan juga bahwa rumput yang akan kalian berikan kepada kelinci itu bebas dari pestisida.

5. Selada

selada sebagai makanan yang baik untuk kelinci
Image by Van3ssa 🩺 Zheki 🙏 Dany 🎹 from Pixabay

Selada menjadi pilihan makanan sehat untuk kelinci yang selanjutnya. Selaian menyegarkan, selada kaya akan mineral dan vitamin. Kalian bisa memvariasikan selada dengan seledri, kangkung ataupun makanan kelinci yang lainnya untuk memperkaya asupan gizi kelinci kalian.

6. Daun Lobak

daun lobak sebagai makanan bergizi kelinci

Berikutnya ada daun Lobak. Daun lobak akan memberikan perlindungan antibodi kepada kelinci supaya tetap sehat dan lincah.

7. Kangkung

kangkung adalah makanan kelinci

Kangkung adalah salah satu sayuran yang disukai kelinci. Kangkung ini baik untuk nutrisi kelinci dan juga bergizi. Meski kangkung bergizi, pastikan bahwa kalian selalu memvariasikan sayuran pada makanan kelinci kalian supaya keseimbangan gizi dan nutrisi nya seimbang.

8. Seledri

seledri adalah makanan kelinci

Selanjutnya ada Seledri. Selain kaya akan vitamin, seledri juga mengandung banyak nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh kelinci untuk menunjang kesehatan. Tekstur batang seledri yang renyah juga  menjadi salah satu alasan mengapa kelinci sangat menggemari sayuran hijau ini.

9. Tomat

buah tomat baik sebagai makanan kelinci

Berikutnya adalah tomat. Tomat kaya akan vitamin dan antioksidan yang tak hanya baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan kelinci saja, tetapi bisa juga membantu tumbuh kembang kelinci yang masih anak-anak. Jadi, jika kelinci kalian masih kecil, jika bisa setiap harinya kalian tambahkan tomat dalam menu makan kelinci kalian.

10. Kol

kol makanan kelinci

Makanan yang digemari kelinci selanjutnya adalah Kol. Kol atau yang sering disebut dengan kubis ini baik itu kubis hijau maupun kubis ungu, keduanya bisa kalian variasikan pada menu makan kelinci kalian supaya kelinci tidak bosan dengan menu makan yang itu-itu saja.

11. Jagung dan Biji-bijian lainnya

Jagung dan biji bijian

Selain buah dan sayur-sayuran, biji-bijian seperti jagung juga bisa jadi pilihan pakan kelinci. Tak hanya jagung, kalian juga bisa memberikan kacang-kacangan. Tetapi, pastikan kalian menghaluskan dulu kacang-kacangannya sebelum diberikan pada kelinci. Karena kaya akan kalori dan berbagai nutrisi lainnya, maka kalian harus membatasi pemberian pakan jenis ini supaya kelinci kalian tidak obesitas.

12. Brokoli

brokoli makanan kelinci

Makanan kelinci selanjutnya adalah brokoli. Brokoli ini kaya akan mineral yang bagus untuk kesehatan kelinci. Selain menyehatkan, brokoli juga termasuk salah satu pilihan yang bisa kalian variasikan pada menu makan kelinci kalian. Serat yang ada pada brokoli akan membantu memperlancar sistem pencernaan pada kelinci.

13. Ubi Jalar

ubi jalar makanan kelinci

Tak hanya wortel, umbi-umbian lain yang bisa kalian jadikan makanan untuk kelinci adalah Ubi Jalar. Ubi Jalar ini mengandung kalori dan serat yang tinggi serta beragam vitamin dan mineral. Jika kelinci kalian sedang sembelit, maka berikan Ubi Jalar ini karena dipercaya mampu berberan sebagai obat untuk kelinci yang sedang sembelit. Selain itu, Ubi Jalar ini bisa membantu menyerap lemak dan kolesterol pada kelinci kalian. Sebaiknya kalian jadikan ubi jalar ini sebagai menu pakan mingguan bagi kelinci kalian supaya lebih bervariasi.

Akhri Kata

Ternayata, pilihan makan sehat dan bergizi untuk kelinci itu ada banyak. Untuk menjaga kesehatan kelinci kalian, maka hindarilah memberi pakan biji buah, daun kentang, bawang-bawangan, cookies, alpukat ataupun yogurt.

 

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Anggora yang Perlu Diketahui

Ciri – Ciri Kelinci Anggora yang Perlu Diketahui

Ciri – Ciri Kelinci Anggora – Kelinci angora atau yang lebih umum dikenal dengan sebutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.