Macam - Macam Kandang Merpati

Macam – Macam Kandang Merpati

Macam – Macam Kandang Merpati – Merpati adalah burung yang sangat jinak, sehingga mudah sekali untuk disangkarkan. Tetapi sebelum kita hendak memelihara burung ini, ada baiknya jika mengenal dan mengetahui beberapa jenis kandangnya terlebih dahulu. Masing-masing jenis kandang juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kalian ketahui. Jadi, diharapkan agar kita bisa menyesuaikan merpati mana yang akan kita budidayakan nanti dengan kandang yang akan kita pakai.

Macam – Macam Kandang Merpati

  1. Kandang Koloni

Yang pertama adalah kandang koloni. Kandang koloni mempunyai ukuran yang besar, yang dimana dalam satu kandang terdiri dari beberapa pasang merpati. Pada kandang koloni terdapat sebuah pembatas berupa kawat atau kayu sehingga, merpati tidak bisa terbang dengan secara bebas.

Kelebihan Kandang Koloni Yaitu:

  • Merpati dalam kandang koloni ini masih bisa bergerak dengan bebas tanpa membawa sifat liar seperti merpati dengan kandang umbaran
  • Untuk pemeliharaannya lebih simple karena hanya membutuhkan satu atau dua wadah pakan dan minum saja untuk beberapa pasang merpati
  • Birahi dari sang induk akan jadi meningkat dengan adanya pasangan lain dalam satu kandang tersebut karena merpati punya sifat setia terhadap pasangannya dan enggan untuk melepaskan pasangannya ketika ada merpati lain.

Kekurangan kandang Koloni:

  • Pada  koloni ini masih memungkinkan terjadinya pertarungan karena perebutan sarang antara merpati satu dengan lainnya sehingga kandang yang satu ini lebih cocok untuk kandang peremajaan.
  • Jika ada merpati yang sedang sakit, maka akan mudah menular ke merpati lainnya yang berada dalam satu kandang yang sama. Jadi, harus sering-sering dilakukan kebersihan kandang dan pengecekan kesehatan supaya nantinya ketika ada salah satu merpati yang sakit bisa segera diisolasi.
  1. Kandang Baterai

Selanjutnya ada kandang baterai. Kandang baterai ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dari kandang koloni karena pada kandang baterai satu kandangnya hanya berisikan satu pasang merpati.

Kelebihan kandang Baterai:

  • Dalam kandang baterai, sang indukan akan lebih leluasa dalam produksi karena tidak perlu berebut sarang. Sehingga kandang ini lebih cocok digunakan untuk kandang indukan.
  • Pengontrolan kesehatannya juga lebih terjaga karena dalam satu kandang hanya tediri dari satu pasang merpati saja, sehingga bisa diantisipasi dengan mudah jika ada merpati yang sedang sakit.

Kelemahan kandang Baterai:

  • Biaya untuk membuat kandang lebih banyak karena hanya ada satu pasang merpati saja dalam satu kandang.
  • Perawatannya tidak semudah kandang yang lain karena pemberian pakan dan pembersihan kandang harus satu persatu disetiap kandang yang hanya berisi satu pasang saja.
  • Pergerakan merpati kurang leluasa karena kandang jenis ini lebih kecil dari jenis kandang lainnya.
  1. Kandang Umbaran

Berikutnya adalah kandang Umbaran. Kandang ini hanya perlu didirikan sebuah rumah-rumahan berupa susunan-susunan pagupon yang digunakan untuk tempat berteduh dan juga sebagai sarang saat sang induk sedang bertelur.

Kelebihan dari kandang Umbaran:

  • Merpati jadi lebih sehat karena dalam kandang ini merpati bisa hidup dengan bebas sehingga pergerakannya pun jadi sangat leluasa.
  • Pemberian pakannya sangatlah praktis karena hanya perlu ditebarkan saja di tanah, pakan akan dihampiri sendiri oleh para merpati. Tetapi supaya merpati tidak berebut dengan piaraan lainnya, maka lebih baik jika diberi satu wadah pakan besar di tempat yang agak tinggi.
  • Untuk pembersihan kandang juga cukup mudah karena biasanya merpati akan terbang ke sana kemari dan tidak terus menerus di dalam kandang kecuali sedang mengeram atau sedang mengasuh anakannya.

Kekurangan dari kandang Umbaran:

  • Karena merpati bisa bebas berterbangan ke manapun, maka bisa menyebabkan merpati jadi memiliki sifat liar dan terkadang susah untuk dipegang. Jadi, kandang ini tidak dianjurkan untuk merpati hias yang memiliki kualitas kontes.
  • Terkadang, ada juga merpati yang bertelur di sembarang tempat karena kalah saat berebut pagupon tempat untuk bertelur.
  • Tingkat keamanannya terlalu rendah sehingga jika kita memelihara merpati yang mahal dengan kandang ini akan sangat rawan untuk dicuri oleh orang lain, jadi dibutuhkan ronda untuk berjaga jaga jika ada maling.

Akhir Kata

Tiap jenis merpati membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang berbeda – beda, baik itu merpati kolong atau balap ataupun merpati hias. Untuk itu pemilihan tempat merpati menjadi sangat penting agar menjadi nyaman dan tidak mudah stress.

Check Also

 Jenis - Jenis Lomba Burung Merpati yang Ada di Indonesia

 Jenis – Jenis Lomba Burung Merpati yang Ada di Indonesia

Lomba Burung Merpati – Perlombaan burung sudah cukup lama digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published.