5 Cara Agar Merpati Cepat Bertelur

Cara Agar Merpati Cepat Bertelur – Para penghobi merpati tentunya ingin sekali melihat burung merpati mereka bertelur dengan lancar dan normal. Karena, merpati betina yang rajin bertelur akan bagus untuk kedepannya, apalagi jika indukannya adalah trah juara.

Tetapi sayangnya tidak semua burung merpati betina bisa bertelur dengan mudah, ada juga yang burung merpati yang jarang untuk bertelur. Tentu saja merpati yang tidak mau mengeluarkan telur ini ada beberapa penyebabnya.

Tetapi ada satu hal yang perlu diingat bahwa ketika ingin merpati cepat mengeluarkan keturunan maka dibutuhkan yang namanya kesabaran dan ketelatenan dalam proses perawatannya. Tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Penyebab Merpati Jarang Bertelur

Seperti yang sudah dikatakan diatas tadi, merpati betina yang jarang bertelur itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor entah itu faktor internal maupun eksternal, diantaranya adalah.

  • Usia Merpati masih terlalu muda.
  • Merpati kekurangan vitamin.
  • Merpati kekurangan mineral.
  • Merpati belum beradaptasi dengan lingkungannya.
  • Merpati kurang kawin dengan pasangannya.
  • Merpati kekurangan asupan protein.
  • Merpati betina mandul.
  • Merpati jantan mandul.

Cara Agar Burung Merpati Cepat Bertelur

Setelah kalian mengetahui apa sajakah faktor yang bisa menyebabkan merpati jarang bertelur meskipun sudah giring keras dengan pasangannya, maka sekarang kalian harus mengetahui juga cara agar merpati betina cepat bertelur. Tanpa berlama-lama, langsung saja kalian perhatikan cara-caranya dibawah ini.

  1. Buat Merpati Nyaman di Kandang

Cara pertama agar burung merpati cepat bertelur yaitu dengan memberikan kandang merpati yang nyaman dan ruangan yang cukup. Kami menyarankan sebaiknya kalian memberikan kandang yang layak agar nantinya burung jadi cepat dan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pengumbaran juga agar merpati bisa lebih nyaman lagi.

  1. Cukupi Kebutuhan Asupan Protein Merpati

Selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan asupan protein setiap harinya. Kalian bisa memberikan makanan yang berprotein tinggi ke merpati kalian seperti Terasi, pelet ikan lele atau voer ayam petelur setiap harinya. Tapi perlu kalian ingat bahwa pemberian pakan tambahan tersebut harus sesuai dengan porsinya, tidak boleh lebih.

Karena, jika makanan yang berprotein tinggi bisa untuk memperbaiki sel-sel rusak, maka sudah pasti bisa diharapkan untuk memperbaiki sistem reproduksi pada merpati. Tetapi di sisi lain makanan yang berprotein tinggi seperti terasi juga sangat berpengaruh untuk beberapa burung lainnya, contohnya terasi untuk membuat suara perkutut jadi semakin merdu.

  1. Berikan Merpati Vitamin E

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan vitamin E. Jika rajin memberikan vitamin E, maka bisa menjadi salah satu cara agar merpati cepat bertelur. Jadi, silahkan kalian berikan vitamin E seperti Natur E, Ever E dan lain sebagainya secara rutin dan teratur setiap harinya. Vitamin E ini bermanfaat untuk suplemen sebagai antioksidan dan pelindung sel-sel pada tubuh dari kerusakan, dan bahkan bisa meningkatkan giring merpati dengan pasangannya.

  1. Berikan Merpati Grit

Seperti yang kita tahu, merpati termasuk ke jenis burung yang memakan biji-bijian seperti kacang hijau, jagung dan lain sebagainya. Dikarenakan biji jagung cenderung keras terhadap pencernaan merpati, maka dibutuhkan pakan pendamping supaya biji jagung tersebut bisa cepat hancur, salah satunya adalah grit ini.

Grit sendiri berbentuk seperti pasir yang gunanya sebagai pakan ngasin untuk membantuk proses penghancuran biji jagung didalam pencernaan burung merpati. Karena jika proses pencernaan pada burung merpati terhambat, maka bisa mengganggu proses pembuahan. Karena itulah pencernaan pada burung harus lancar, dengan begitu maka kemungkinan besar merpati akan cepat bertelur.

  1. Berikan Merpati Cangkang Telur

Cara yang terakhir agar burung merpati cepat bertelur adalah memberikannya kulit atau cangkang telur. Berdasarkan penlitian, kulit atau cangkang telur ini dapat membantu proses penghancuran biji jagung keras didalam pencernaan, hampir sama seperti pakan grit. Jadi, pemberian cangkang telur ini sebagai cemilan ngasin, akan bisa membantu proses merpati agar cepat berbuah.

Ciri Ciri Burung Merpati Mau Bertelur

Jika kalian sudah mengetahui beberapa tips diatas, maka kalian perlu tahu juga ciri-ciri burung merpati yang mau bertelur, antara lain yaitu.

  • Merpati jadi lebih agresif.
  • Merpati betina terlihat lebih gelisah.
  • Perut Merpati mulai membesar.
  • Merpati jadi tidak banyak bergerak.
  • Merpati mengurangi porsi makannya.
  • Merpati mulai mengumpulkan jerami.
  • Merpati mulai mencari tempat yang aman dan nyaman.
  • Merpati mulai mencari tempat yang hangat.
  • Merpati betina menolak untuk kawin.
  • Merpati betina dikejar-kejar oleh Merpati jantan.

 

Tinggalkan komentar