Cek Penerima BLT Balita Online di HP

Kemensos masih menyalurkan BLT balita ke anak usia dini yang telah tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jadi, untuk para orang tua yang ingin mengetahui apakah mendapatkan BLT balita atau tidak, maka bisa mengecek penerima secara online melalui HP.

Dengan begini, maka orang tua pun tidak perlu bingung lagi untuk mengecek penerima BLT balita, karena hanya perlu mengakses link resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id melalui HP saja.

Setelah selesai mengecek penerima BLT balita online melalui HP di link cekbansos.kemensos.go.id, maka anak usia dini nantinya akan mendapat bantuan yang berupa uang tunai.

Cek Penerima BLT Balita Online di HP

Tapi perlu diketahui bahwa penyaluran BLT balita ini dilakukan dengan mengikuti alur pencairan bansos PKH, yaitu 3 bulan sekali atau selama empat tahap dalam satu tahun. Untuk alur pencairan PKH tahap 4 saat ini dimulai sejak bulan Oktober, November 2022 sampai dengan Desember mendatang.

Untuk jadwal lengkap pencairan PKH yang didalamnya memuat BLT balita yakni sebagai berikut:

  • Tahap 1: Januari, Februari, Maret
  • Tahap 2: April, Mei, Juni
  • Tahap 3: Juli, Agustus, September
  • Tahap 4: Oktober, November, Desember.

Akan tetapi, tidak sembarang anak usia dini yang bisa mendapatkan BLT balita ini. Karena, hanya anak usia dini yang telah memenuhi syarat saja yang berhak untuk mendapatkan BLT balita ini. Lalu, apa sajakah syaratnya? Berikut ini ulasannya:

  1. Anak usia dini yang berasal dari keluarga golongan miskin atau rentan miskin yang telah terdaftar di DTKS Kemensos
  2. Anak merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  3. Anak tidak berasal dari keluarga ASN, PNS, TNI atau Polri, pegawai BUMN/BUMD, komisaris, kepala desa, dan juga pejebat negara lainnya
  4. Anak harus rutin untuk memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat
  5. Anak berasal dari keluarga yang terkena imbas dari Covid-19 atau kehilangan pekerjaan dikarenakan PHK.

Jika syarat-syarat diatas tadi telah terpenuhi, maka orang tua harus segera mengecek penerima BLT balita melalui HP di cekbansos.kemensos.go.id.

Untuk cara mengecek penerima BLT balita secara online melalui HP di cekbansos.kemensos.go.id yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama-tama memyiapkan HP dan KTP, lalu mengunjungi link kemensos.go.id
  2. Setelah itu, kalian pilih wilayah tempat tinggal penerima di bagian ‘Wilayah PM” yang berupa nama Provinsi/Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa
  3. Kemudian tinggal input data diri di kolom ‘Nama PM’ yang berupa nama lengkap sesuai dengan yang ada di KTP
  4. Lalu tulislah ulang 8 huruf kode (dipisahkan spasi) di bagian ‘Huruf Kode’. Silahkan refresh saja jika huruf kode tidak bisa terbaca dengan jelas
  5. Jika sudah, silahkan klik tombol “Cari Data”

Nantinya, sistem cekbansos.kemensos.go.id akan memadankan nama yang diinput dengan data yang ada di database Kemensos. Jika kedua data telah cocok, maka sistem pun akan menampilkan sejumlah informasi berupa umur, nama penerima, jenis bansos, status, keterangan dan juga periode bantuan.

Nama anak usia dini yang tertera tersebut juga berhak mendapatkan BLT balita dengan nominal Rp 750.000 pada bulan November 2022. Untuk mengambil bantuan senilai Rp 750.000 tersebut, orang tua bisa mengambilnya di kantor pos dengan melampirkan KK, KTP, surat undangan dan juga Kartu Booster Orang Tua.