7 Cara Mudah Mengusir Semut

Ketika didalam rumah ada semut yang berkerumun, tentunya akan sangat mengganggu. Oleh karena itu, ada sejumalah cara yang bisa kalian lakukan untuk mengusir semut.

Salah satunya yaitu dengan menjaga kebersihan rumah. Karena, biasanya semut yang ada dalam rumah akan mengerubungi remah-remah makanan dilantai bahkan semut bisa masuk kedalam kemasan plastik yang belum dibuka.

Tentunya hal ini dapat menimbulkan kerepotan karena kita harus membersihkan makanan terlebih dahulu dari semut-semut tersebut sebelum kita bisa memakannya.

Lalu, bagaimanakah cara mudah untuk mengusir semut?

 

7 Cara Mudah Mengusir Semut

Berikut adalah 7 cara mudah untuk mengusir semut yaitu dengan menggunakan bahan alami yang antara lain:

 

1. Kapur

Salah satu cara untuk mengusir semut di rumah yaitu dengan kapur. Kapur mengandung kalsium karbonat, yang dapat membantu untuk mengusir semut.

Kalian cukup semprotkan saja sedikit bubuk kapur di area yang menjadi titik masuk semut atau buat garis kapur di pintu masuk. Pastikan jika kalian membuat garis yang jauh dari jangkauan anak-anak di rumah.

 

2. Lemon

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan lemon. Cara mengusir semut dengan lemon yaitu dengan cara memeras lemon atau tempatkan kulit lemon di tempat semut masuk. Kalian juga dapat mengepel lantai dengan air yang sudah ditambahi sedikit air lemon.

Ternyata, semut tidak menyukai bau sari lemon sehingga mereka akan pergi menjauh. Pokoknya, apa pun yang asam dan pahit itu dapat menjauhkan semut.

 

3. Jeruk

Berikutnya yaitu dengan menggunakan jeruk. Jeruk sama saja dengan lemon, yaitu bisa mencegah semut mengunjungi rumah kalian.

Cara mengusirnya yaitu dengan mencampurkan air hangat dan sedikit kulit jeruk lalu oleskan di sekitar titik masuk semut lalu bersihkan setelahnya. Kalian juga bisa meletakkan kulit jeruk di dapur atau di mana pun menurut kalian yang kira-kira semut bisa masuk.

TRENDING :  Cara Agar Bengkel Motor Ramai, Cobalah 5 Trik ini

4. Merica

Selanjutnya yaitu dengan menggunakan merica. Semut suka sekali dengan gula tetapi mereka sangat membenci lada atau merica.

Jadi, cara mengusir semut dengan merica cukup mudah yaitu dengan menaburkan merica di area tempat semut yang masuk ke rumah kalian. Selain merica dan lada, cabai rawit atau lada hitam juga dibenci oleh semut.

Kalian juga bisa membuat larutan merica dan air kemudian menyemprotkannya di dekat area semut yang masuk ke dalam rumah.

 

5. Garam

Berikutnya yaitu dengan menggunakan garam. Dengan menaburkan garam di dekat sudut tempat semut masuk ke dalam rumah bisa untuk menjauhkan semut. Cara mengusir semut ini yaitu dengan cara merebus air dan menambahkan garam pada air dalam jumlah yang besar, lalu aduk sampai larut.

Tuang ke dalam botol semprot kemudian semprotkan ke tempat semut biasa masuk ke dalam rumah.

 

  1. Cuka Putih

Cara selanjutnya yaitu dengan cuka putih. Semut tidak akan tahan dengan bau dari cuka putih. Cara mengusir semut dengan cuka yaitu kalian siapkan larutan air dan cuka putih dengan jumlah yang sama.

Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalamnya lalu kocok hingga tercampur sempurna. Simpan larutan ini lalu taburkan di titik masuk semut. Ulangi ini sehari cukup sekali saja.

 

  1. Kayu manis

Cara mengusir semut yang terakhir yaitu dengan meletakkan kayu manis dan cengkeh di pintu masuk rumah dan area yang menurut kalian bisa dimasuki semut.

Hal ini juga bisa untuk menjaga rumah kalian tetap segar dan harum. Kayu manis dipercaya sebagai pengusir semut alami dikarenakan baunya yang menyengat membuat semut tidak tahan.

TRENDING :  Ternyata Kucing Mampu Mengingat Nama

Untuk hasil yang lebih efektif lagi, kalian juga bisa menambahkan sedikit minyak esensial ke bubuk kayu manis agar dapat menimbulkan bau yang lebih kuat.

Dan demikianlah cara mudah untuk mengusir semut dengan bahan alami yang bisa kalian coba dirumah.

Tinggalkan komentar