Apa yang dimaksud dengan Festival Holi?

Festival Holi atau festival warna adalah sebuah perayaan budaya dan agama yang menarik yang mencakup lebih dari sekadar melempar pewarna berwarna ke udara. Pada artikel kali ini, akan membahas tentang Festival Holi secara umum, dan juga melihat sekilas kekayaan tradisi keagamaan di balik perayaannya. Selain itu juga akan memberi tahu kalian tentang beberapa organisasi relawan yang menyelenggarakan program di India sehingga kalian bisa mempunyai kesempatan untuk merasakan Festival Holi secara langsung.

 

Untuk Apa Holi Dirayakan?

Holi merupakan festival Hindu yang sudah dirayakan sejak zaman kuno. Dirayakannya Festival Holi adalah cara untuk menyambut musim semi, dan juga dipandang sebagai awal baru di mana orang bisa melepaskan semua hambatan mereka dan memulai dengan segar. Dikatakan bahwa selama Festival Holi, para dewa akan menutup mata, dan ini merupakan salah satu dari beberapa kali umat Hindu yang sangat taat membiarkan diri mereka lepas. Mereka terbuka dan menikmati kebersamaan antar satu sama lain, meluangkan waktu untuk berpesta dan menari, dan juga mengesampingkan norma budaya mereka. Di hari pertama festival, api unggun akan dinyalakan untuk secara simbolis membakar semua hal buruk dan memberikan jalan untuk masa depan baru yang penuh warna dan cerah.

Pada Festival Holi, para pesertanya akan melemparkan pewarna bubuk ke udara, menutupi semua yang hadir dengan warna-warna cerah. Dalam religius, pengertian warna-warna itu kaya akan simbolisme dan mempunyai banyak arti: warna-warna itu artinya bisa kehidupan baru yang bersemangat dan bahkan mewakili dosa. Bagi beberapa orang, mencuci pewarna di penghujung hari bisa berarti komitmen baru untuk hidup dengan baik, seperti membersihkan diri dari kejahatan dan setan.

 

Agama Apa yang Merayakan Festival Holi?

Festival Holi terutama dirayakan oleh para umat Hindu. Konon katanya, festival ini sangat inklusif, dikarenakan salah satu tema utama festival adalah persatuan. Jadi, meskipun Festival Holi berakar pada tradisi Hindu, ini adalah sebuah perayaan yang terjadi di seluruh dunia. Itu akan menyatukan orang dan mengundang mereka untuk membuang hambatan mereka, dan merasa bersatu dalam satu kelompok besar yang penuh dengan warna.

 

Apa Kisah Festival Holi?

Pada awalnya Festival Holi adalah upacara bagi wanita yang sudah menikah untuk menyebarkan kemakmuran serta niat baik pada keluarga baru mereka. Sejak itulah, festival ini berkembang menjadi lebih luas lagi. Nah, salah satu fokus utama dari Festival Holi yaitu perayaan kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Mengatasi kejahatan yang baik dalam agama Hindu berakar pada kisah Hiranyakashipu. Dia adalah seorang raja kuno yang mengaku bahwa dirinya abadi dan menuntut agar disembah sebagai dewa. Putranya Prahlad sangat setia untuk menyembah dewa Hindu Wisnu, dan Hiranyakashipu pun menjadi marah karena putranya menyembah dewa ini atas dirinya. Menurut cerita, Dewa Wisnu pun muncul dalam wujud setengah singa dan setengah manusia, dan membunuh Hiranyakashipu. Dengan cara itulah, kebaikan mengalahkan kejahatan.

Kisah lain yang terkait dengan Festival Holi adalah kisah tentang Radha dan Krishna. Sebagai inkarnasi kedelapan dari dewa Hindu Wisna, Kresna dipandang oleh banyak orang sebagai dewa yang paling tinggi. Menurut legenda, Kresna dikatakan berkulit biru karena dia minum susu beracun dari iblis ketika dia masih bayi. Krishna jatuh cinta kepada dewi Radha, tetapi dia takut cintainya tidak diterima karena kulitnya yang berwarna biru. Akan tetapi, Radha mengizinkan Krishna mewarnai kulitnya dengan warna, menjadikan mereka pasangan yang sejati. Pada Holi, peserta Festival mengaplikasikan warna pada kulit satu sama lain, hal ini bertujuan untuk menghormati Krishna dan Radha.

 

Di Mana Terutama Festival Holi Dirayakan?

Festival Holi paling banyak dirayakan di India dan Nepal, tetapi selama bertahun-tahun festival ini sudah semakin berkembang menjadi perayaan yang berlangsung di banyak komunitas di seluruh dunia. Festival ini pun dirayakan paling luas dan terbuka di kota-kota seperti Delhi, Agra, dan juga Jaipur meskipun setiap kota mungkin merayakannya dengan sedikit berbeda, kalian bisa melihat banyak warna, musik, serta tarian.

 

Mengapa Kita Merayakan Holi di Amerika?

Di Amerika, ada banyak populasi Hindu, terutama di wilayah metropolitan yang lebih besar. Selain makna keagamaan dari festival tersebut, beberapa juga telah mengadopsinya di Amerika Serikat untuk tontonan dan hiburan. Festival Holi bisa kalian temukan di New York, Houston, Boston dan bahkan Spanish Fork, Utah.

 

Kapan Festival Holi?

Festival Holi dirayakan pada hari bulan purnama terakhir bulan lunar (Phalguna), umumnya sekitar akhir bulan Maret. Tanggal pasti Holi dari tahun ke tahun bisa bervariasi.

 

Seperti Apa Festival Holi?

Festival Holi itu liar: pikirkan kerumunan besar, pewarna berwarna, senapan air, musik, tarian, dan juga pesta. Selama Festival Holi berlangsung, orang-orang akan menari di sepanjang jalan dan saling melemparkan pewarna warna-warni. Festival Holi merupakan saat yang membahagiakan ketika orang-orang berkumpul bersama dan melepaskan hambatan mereka.

 

Apa Beberapa Cara untuk Mengalami Festival Holi?

Jika kalian tinggal di Amerika Serikat, kalian mungkin bisa menemukan kota besar yang menyelenggarakan Festival Holi ini. Untuk pengalaman penuh, kalian perlu menghadiri perayaan Festival Holi di India, dan cara terbaik untuk mengalami Holi di India yaitu dengan menjadi sukarelawan di sana. Terlepas dari apakah kalian berada di sana untuk festival yang sebenarnya, kalian akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai budaya India dan Hinduisme, dan terbungkus dalam kekayaan warisan negara tersebut.

Tinggalkan komentar