Seorang Freelancer Tanpa Gaji Tetap? Inilah Suka Dukanya

Seorang Freelancer Tanpa Gaji Tetap? Inilah Suka Dukanya – Untuk menjadi seorang pekerja lepas, maka dibutuhkan keputusan yang matang. Karen jika tidak mengetahui apa yang harus dilakukan, alih-alih mendapatkan banyak uang bisa jadi malah menjadi malapetaka. Jika posisi kalian sekarang ini bekerja dengan orang lain pasti sering terlintas dibenak misalnya:

“Ah enak ya jadi si A yang kerjanya cuma didepan laptop setiap hari, kerja dirumah cuma pakek kolor tapi bisa beli ini dan beli itu.“

Padahal kalian hanya melihat enaknya aja tapi tidak melihat perjuangan si A untuk mencapai posisinya sekarang. Bisa jadi si A dulunya kurang tidur setiap hari dan malah tidak menutup kemungkinan si A bekerja lebih dari 8 jam sehari atau bahkan 16 jam sehari yang artinya 2 kali lipat dari pada performa kerja yang kalian lakukan.

 

Jadi Freelancer Itu Tidak Enak

Ya benar, kata siapa menjadi seorang freelancer pekerja lepas itu enak? Jika kalian tidak percaya silahkan kalian coba, kalian rasakan sendiri bagaimana rasanya bekerja atau melakukan sesuatu yang tidak ada kepastiannya.

Bahkan seringkali seorang freelancer menemukan jalan buntu tapi harus tetap memutar otak agar bisa mendapatkan income bulanan untuk kehidupan setiap bulan. Banyak juga yang tadinya bekerja lalu bertekat untuk menjadi seorang freelancer, tapi setelah mencoba 1-2 bulan tidak kuat dan bingung apa yang harus dilakukan ketika menjadi seorang freelancer.

Alhasil ketika dibulan ke 2 mereka kembali melamar pekerjaan dan kembali menjadi seorang pekerja.

Boleh Jadi Seorang Freelancer Asalkan…

Kalian boleh memutuskan untuk menjadi seorang freelancer asalkan

  1. Punya Keahlian yang bisa menghasilkan uang
  2. Tau apa yang ingin dilakukan
  3. Punya tujuan dan goal saat bekerja untuk diri sendiri

Coba sebelum kalian memutuskan untuk menjadi seorang freelancer tanya kepada diri kalian sendiri apakah kalian mempunyai ke 3 poin diatas?

Jika tidak ada silahkan pertimbangkan lagi, karena bukannya makmur menjadi seorang freelancer yang ada malah menjadi sengsara nanti untuk kedepannya.

Terlebih lagi jika posisinya kalian adalah seorang kepala keluarga yang harus menafkahi anak dan istri, cobalah kalian fikir-fikir lagi untuk memutuskan jadi seorang freelancer.

 

Jadilah Freelancer Ketika…

Ketika kalian sekarang masih bekerja dan belum tahu ingin melakukan apa kedepannya jangan coba-coba terjun langsung gambling menjadi seorang freelancer.

Jadilah freelancer disaat Pendapatan sampingan kalian sudah 2x lipat dari gaji ditempat kalian bekerja saat ini.

Kalian boleh memutuskan untuk menjadi seorang freelancer jika uang yang kalian dapatkan lebih tinggi dari pada gaji bulanan.

Tetapi sebelum itu banyak juga yang harus diperimbangkan sebelum benar-benar terjun menjadi seorang freelancer.

  1. Apakah income sampingan kalian akan selalu ada setiap bulannya?
  2. Apakah income sampingan kalian hanya sekedar momentum?
  3. Apakah resiko income sampingan kalian cenderung turun atau naik untuk kedepannya?

Coba difikir-fikir terlebih dahulu apakah pertanyaan ketiga itu sudah kalian pertimbangkan.

Contohnya ketika saya memutuskan untuk menjadi seorang freelancer saat income dari beberapa website yang saya kelola bisa menghasilkan 2 kali income bulanan saya dikantor maka pada saat itulah saya putuskan untuk fokus melakukan blogging.

Saya yakin income yang didapatkan bukan sekedar momentum sesaat seperti orang yang menjual masker pada saat pandemi pertama menghantam indonesia.

Saya juga yakin bahwa income dari blog akan cenderung naik jika saya melakukan update artikel setiap harinya.

Dengan menjawab ke 3 pertanyaan tersebut akhirnya saya memutuskan untuk menjadi seorang pengangguran dan lebih memilih untuk fokus menulis artikel setiap hari.

 

Menjadi Freelancer Enak Ketika…

Menjadi seorang Freelancer itu sangatlah enak ketika income datang setiap bulan tanpa perlu kerja setiap hari dan bekerja suka hati kapan mau kerja ya kerja, kalo tidak mau kerja ya tidak perlu kerja.

Ya semua kembali ke hukum tabur tuai, siapa yang menabur dia yang menuai.

Semua kenikmatan itu bisa kalian rasakan saat kalian sudah berusaha keras konsisten dengan apa yang kalian kerjakan selama bertahun-tahun ya minimal untuk melihat hasil itu dibutuhkan 1-2 tahun.

Contohnya saat saya ngeblog diawal-awal saya konsisten mengupdate artikel setiap hari hingga 1 tahun kedepan.

Nah saat income dari blog sudah 3-5 kali dari hasil yang sekarang maka saya bisa memilih banyak hal, misalnya:

  1. Mempekerjakan orang lain untuk mengupdate artikel.
  2. Bekerja sesuka hati saat sedang ingin saja
  3. Tidak bekerja sama sekali selama 1 bulan full tapi mengerjakan hal lain.

Tetapi itu hanya bisa kalian dapatkan saat kalian konsisten melakukannya selama 1 tahun kedepan dan dilakukan setiap hari secara terus menerus.

Bahkan kalian harus siap-siap bekerja melebihi jam karyawan pada saat pertama kali terjun menjadi seorang freelancer.

 

Jadi Lebih Enak Kerja Bersama Orang Lain atau Menjadi Seorang Freelancer?

Itu tergantung, misalnya kalian mempunyai banyak tanggungan lebih baik jangan terburu-buru untuk menjadi seorang pekerja lepas.

Sebaiknya banyak dipertimbangkan plus minusnya yang nanti akan dihadapai kedepannya.

Tetapi jika belum ada tanggungan dan ibaratnya masih numpang hidup dengana orang tua, ya boleh-boleh saja dicoba agak sedikit gambling untuk memutuskan terjun menjadi seorang freelancer.

 

Jadi lebih enak kerja sama orang kah?

Ya jika gajinya lumayan besar, maka lebih baik kerja sama orang lain dan mengumpulkan uang terlebih dahulu sampai sekiranya uangnya cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari hingga 1 tahun kedepan tanpa mendapatkan income.

Setelah itu barulah coba untuk menjadi seorang freelancer jika dirasa kalian udah tidak tahan bekerja ditempat kalian sekarang.

 

Tetep Lebih Enak Jadi Freelancer Ah.

Ya, jadi freelancer itu enak jika itu kalian sudah melakukannya secara konsisten hingga beberapa tahun kedepan dan sudah menghasilkan banyak uang.

Dan enaknya lagi, menjadi seorang freelancer bisa banyak waktu berkumpul bersama keluarga dan bisa bekerja saat sedang mood, tapi meskipun sedang tidak mood alangkah baiknya kalian tetap mengerjakan sesuatu yang baru dan memperbaharui ilmu supaya tidak mati dimakan zaman.

 

Penutup

Ada baiknya sebelum kalian menentukan menjadi seorang freelancer pertimbangkanlah terlebih dahulu, apalagi bagi kalian yang sudah mempunyai anak dan istri.

Fikirkan kesejahteraan mereka dan kebutuhan sehari-hari dari dibandingkan memilih ego yang buru-buru ingin bebas finansial dan tidak mau bekerja dibawah perintah orang lain.

kLIK lANJUTKAN uNTUK mELIHAT APLIKASI

  Secure Verified