Beginilah Penjelasan SSI Mengenai Blockchain Self-Sovereign Identity

Beginilah Penjelasan SSI Mengenai Blockchain Self-Sovereign Identity – Kalian merasa kesal dengan perusahaan yang mengambil data pribadi kalian? Dengan Self-Sovereign Identity akan mengubah sistem untuk selamanya.

Self-Sovereign Identity atau SSI akan menawarkan keamanan, privasi, dan juga keamanan yang lebih baik dibandingkan identitas digital seperti pendaftaran berbasis Google ataupun Facebook.

Penggunaan identitas digital meningkat di kalangan masyarakat dan bisnis. Saat ini, kalian bisa  menggunakan profil Google atau Facebook kalian untuk masuk ke situs web publik seperti Chick-fil-A, Domino’s, eBay, Instagram, dan lain sebagainya. Tetapi, identitas digital ini rentan terhadap insiden peretasan dan bisa mengungkapkan lebih banyak informasi tentang kalian dibangingkan yang kaian sadari.

SSI merupakan identitas digital generasi berikutnya yang bisa mengamankan login kalian dalam pengaturan pribadi dan profesional.

 

Apa Konsep SSI?

SSI berfungsi sebagai identitas digital bebas gangguan berdasarkan teknologi blockchain. Ketika kalian menggunakan SSI untuk masuk ke layanan apa pun, maka kalian akan mengontrol data yang terkait dengan identitas kalian dan bukan penyedia layanan. Penyedia layanan online juga akan mengalami peningkatan efisiensi sistem dan peluang bisnis dengan memberikan kalian kontrol yang lebih besar atas data kalian.

Cara kerja SSI sederhana, dimana penerbit nantinya akan menerbitkan dokumen yang ditandatangani secara digital untuk kalian. Penerbit akan membangun juga kepercayaan dokumen dengan melalui jaringan blockchain. Kalian akan menerima dokumen kalian dalam dompet digital, sebagian besar aplikasi berbasis blockchain. Kalian bahkan bisa menggunakan layanan pemerintah dan swasta, menggunakan aplikasi dompet SSI untuk mengotentikasi identitas kalian secara digital.

SSI mendemokratisasi pembagian identitas online dengan memungkinkan kalian untuk memutuskan jenis data apa dan pada tingkat mana kalian ingin berbagi dengan halaman web atau aplikasi.

 

Teknologi Dibalik SSI

Blockchain merupakan teknologi dasar di balik SSI, seperti blockchain Ethereum. Pengidentifikasi Terdesentralisasi (DID) akan memainkan peran kunci dalam menyiapkan identitas yang aman. Blockchain berpartisipasi sebagai sumber tepercaya untuk publikasi DID atau pencabutan transaksi registri.

Berikut adalah elemen terpenting dari SSI yang antara lain:

 

  1. Pengenal Terdesentralisasi

Pengidentifikasi terdesentralisasi atau DID setara dengan identitas pribadi yang unik. Penerbit dokumen akan membuat DID di lingkungan blockchain yang tahan sensor. Nantinya akan ada tautan terenkripsi dari DID ke dokumen yang ditandatangani oleh otoritas.

Dokumen yang ditandatangani secara digital berisikan informasi yang penting terkait dengan titik akhir layanan dan kunci publik resmi. Terdapat banyak metode DID terdaftar seperti Hyperledger Indy, W3C, Ethereum, dan juga Bitcoin.

DID merupakan kode sederhana yang berisikan skema Uniform Resource Identifier (URI), pengidentifikasi metode DID, dan juga pengidentifikasi khusus metode DID. Dokumen DID akan berisikan kode DID ini bersama dengan informasi untuk otentikasi kriptografi dari pengontrol DID.

 

  1. Kredensial yang Dapat Diverifikasi

Kredensial yang bisa diverifikasi membuktikan informasi tentang DID tertentu. Ini adalah standar penting dari setiap ekosistem SSI. Misalnya, SIM digital yang memungkinkan kalian untuk mengemudikan mobil adalah salah satu contoh dari kredensial yang bisa diverifikasi.

Untuk skema publik dan ekosistem SSI layanan sosial, nantinya lembaga pemerintah akan membuat profil identitas atau DID yang bisa diverifikasi secara digital untuk penerima manfaat. Nantinya DID tersebut akan menyimpan informasi penerima seperti nama, SSN, tanggal lahir, usia, dan lain-lain. Dan agensi juga akan menyimpan DID ini dalam jaringan yang berbasis blockchain.

Saat ada orang yang memenuhi syarat mendekati titik layanan untuk menggunakan layanan sosial atau publik, maka penyedia layanan bisa dengan mudah mengotentikasi penerima dari pertukaran DID. Untuk verifikasinya yaitu menggunakan sistem digital, seperti memindai kode QR. Ini akan menyelamatkan kalian dan penyedia layanan dari penundaan administratif.

Pemegang DID harus menyimpan identitas digitalnya di aplikasi dompet yang aman. Selama verifikasi kredensial, mungkin pengguna juga mendapatkan kata sandi satu kali untuk mengautentikasi proses. Penyedia layanan, seperti bank, hanya akan melihat kode terenkripsi daripada informasi pengenal pribadi atau PII.

 

  1. Standar Ethereum untuk SSI

Saat mengembangkan ekosistem SSI berdasarkan blockchain Ethereum, standar Ethereum berikut akan memainkan peran yang penting:

  • ERC Lightweight Identitymenunjuk pada smart contract Ethereum DID registry. Ini merupakan registri yang bisa digunakan satu kali. Tetapi, ini juga berfungsi sebagai sumber daya umum untuk setiap pengguna di jaringan blockchain.
  • EIP-780 Ethereum Claims Registryakan memungkinkan untuk membuat, mendapatkan, dan juga menghapus klaim yang mengeluarkan identitas. Setiap lembaga pemerintah ataupun penyedia layanan publik yang berwenang untuk mengeluarkan klaim kepada penerima manfaat melalui kunci tipe byte32.
  • Standar hashing untuk SSI berbasis Ethereum yaitu EIP712. Ini memfasilitasi penandatanganan digital dari data terstruktur yang diketik.
  • Pada saat menjalankan SSI pada blockchain Ethereum, maka protokol ERC-1484mengumpulkan data DID.
  • Protokol EIP-1078dari blockchain Ethereum akan memungkinkan masuk tanpa kata sandi untuk ekosistem SSI.
  • Organisasi, grup, manusia, mesin, dan juga bot akan menggunakan profil proxy yang unik dan bisa dikenali di sistem SSI mana pun. ERC-725akan menentukan protokol standar untuk akun atau profil proxy tersebut.

 

Apa Saja Manfaat Self-Sovereign Identity?

Teknologi SSI ini akan menguntungkan bagi penyedia layanan dan penerima manfaat. Sistem akses berbasis SSI akan menjadi transparan, mudah diaudit, bebas dari kesalahan manusia, dan juga lebih aman.

 

  1. Privasi Data Perawatan Kesehatan

Pemerintah di seluruh dunia memberlakukan privasi catatan medis pasien sebagai praktik kepatuhan wajib untuk industri perawatan kesehatan. Lumedic Exchange merupakan proyek percontohan yang memastikan privasi data pasien dengan mengirimkan catatan perawatan kesehatan melalui otentikasi berbasis SSI antara rumah sakit, perusahaan asuransi, dan juga toko obat.

 

  1. Membatasi Penyakit Menular

Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) meneliti pelancong udara global agar bisa mencegah penyakit menular. Contoh kerja terbaik yaitu membatasi penyebaran COVID-19 melalui IATA Travel Pass. Dengan melalui teknologi SSI, IATA akan langsung mengidentifikasi status vaksinasi dan tes COVID-19 dari setiap penumpang.

 

  1. Identifikasi Staf yang Mudah

SSI bisa meningkatkan sistem identifikasi karyawan untuk akses ke sumber daya perusahaan dengan cara yang hemat biaya. Sistem identifikasi digital semacam itu juga memfasilitasi pergerakan tanpa batas selama keadaan sedang darurat.

NHS Inggris mengeluarkan Paspor Staf NHS untuk petugas kesehatannya seperti dokter dan juga perawat. Sistem verifikasi identitas berbasis SSI ini akan memungkinkan pergerakan tenaga kerja penting secara efisien selama krisis seperti pandemi, epidemi, dan lain-lain.

 

  1. Layanan Keuangan Lebih Cepat

Teknologi SSI bisa mempercepat kecepatan pemrosesan sektor jasa keuangan. Contohnya, MemberPass® Bonifii merupakan sistem otentikasi identitas berbasis SSI yang menyelesaikan banyak masalah terkait layanan Credit Union di AS.

 

  1. Membangun Identitas Warga Negara

Penduduk di negara mana pun bisa menggunakan verifikasi berbasis SSI untuk menggunakan layanan seperti perbankan, jaminan sosial, pendidikan, perawatan kesehatan, perpajakan, dan lain-lain dengan cara yang lebih cepat dan lebih aman. SSI4DE adalah sebuah sistem yang dikelola oleh Kementerian Urusan Ekonomi Federal Jerman. Skema ini akan memungkinkan identifikasi nasional warga Jerman yang lebih mudah untuk kebutuhan publik dan pribadi.

 

  1. Regulasi Keuangan yang Mudah

Verifikasi Pengenal Badan Hukum (LEI) akan memungkinkan untuk mengaudit layanan keuangan lepas pantai atau lintas negara. Teknologi SSI juga bisa meningkatkan efisiensi proses ini.

The GLEIF atau Global Badan Hukum Identifier Yayasan Swiss merupakan database eksklusif untuk informasi LEI yang berkualitas tinggi. Yayasan ini menggunakan teknologi SSI untuk otentikasi transaksi.

 

SSI Membuat Kita Mengontrol Identitas Kita

Kalian bisa tetap mengontrol data serta identitas kalian saat sedang memanfaatkan layanan pribadi atau publik melalui beberapa klik menggunakan teknologi SSI. Platform SSI seperti Everest, uPort, dan juga Evernym telah bekerja sama dengan badan pemerintah dan swasta untuk menawarkan akses layanan berbasis SSI. Karena teknologinya bergantung pada blockchain, maka identitas kalian hampir tidak bisa diretas.

kLIK lANJUTKAN uNTUK mELIHAT APLIKASI

  Secure Verified