Ternak Kelinci Pedaging, Peluang Usahan yang Menguntungkan

Ternak Kelinci Pedaging, Peluang Usaha yang Menguntungkan

Ternak Kelinci Pedaging – Banyak orang berfikir apa kira-kira peluang usaha yang layak dan cocok untuk dijalankan serta dikembangkan guna mendapatkan penghasilan. Saat ini peluang usaha yang menguntungkan dengan modal yang tidak terlalu menguras isi kantong serta dapat dilakukan dengan relatif gampang adalah budidaya kelinci pedaging.

Selain ternak kelinci hias, peluang bisnis beternak kelinci pedaging atau potong menjadi alternatif yang tepat bagi anda yang ingin memulai usaha di bidang peternakan. Adapun fokus usaha ini adalah menyediakan daging kelinci untuk dikonsumsi masyarakat luas tak ubahnya daging ayam, sapi dan kambing. Mengingat Daging Kelinci lebih unggul dibanding semua daging tersebut.

Peluang Usaha Ternak Kelinci Pedaging

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh balai dinas peternakan bahwa daging kelinci memiliki kadar protein lebih tinggi bila dibandingkan dengan daging sapi, ayam juga kambing, serta kandungan lemak jenuh daging kelinci lebih kecil dibanding ke tiga daging tersebut.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa daging kelinci lebih sehat, tinggi protein dan yang tak kalah penting rendah kolesterol, sehingga lebih sehat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, daging kelinci sejatinya termasuk daging unggulan layak konsumsi setiap hari.

Bahkan pemerintah menganjurkan masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi daging kelinci yang lebih sehat tersebut. Daging kelinci menjadi alternatif guna memenuhi kebutuhan protein masyarakat, jadi tidak hanya tergantung pada daging ayam dan sapi. Apalagi harga daging ayam, sapi dan kambing terus melonjak naik maka daging kelinci menjadi pilihan tepat karena harganya lebih murah namun kaya gizi.

Saat ini daging kelinci sudah banyak dijadikan menu masakan lezat seperti sate Kelinci, bakso Kelinci, tongseng Kelinci bahkan menu masakan siap saji diantaranya somay Kelinci, stick Kelinci dan sebagainya. Bila anda bisa kreatif dan sedikit berinovasi maka penjualan akan lebih mudah sebab dagingnya bisa dibuat berbagai macam olahan seperti disebut di atas jadi tidak hanya dijual dalam kondisi hidup, melinkan bisa juga dalam bentuk karkas.

Poin-poin di atas menjadi alasan mengapa budidaya kelinci pedaging layak untuk dikembangkan. Selain itu simak juga beberapa kelebihan/keunggulan usaha kelinci pedaging.

Berikut Keunggulan Budidaya atau ternak Kelinci Pedaging

  • Kelinci perkembangbiakannya sangat cepat. Dalam sekali hamil mampu melahirkan anakan kurang lebih 6 ekor sekaligus hanya dalam waktu 1 bulan dan perawatan kelinci dari hamil hingga melahirkan sangat mudah. Tentu ini menjadi keunggulan tersendiri.
  • Kebutuhan daging kelinci di pasar nasional dan pasar ekspor akan selalu meningkat setiap tahunnya seiring bertambah mahalnya daging ayam dan sapi.
  • Bulu kelinci dapat dijadikan berbagai aksesoris antara lain jaket, tas, baju seperti yang telah banyak dikembangkan di Paris, Perancis. Pasar ekspor bulu kelinci atau wool saat ini masih kekurangan.
  • Air seni dan kotoran kelinci dapat dijadikan pupuk organik yang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman, sebab air seninya mengandung nitrogen cukup tinggi. Pupuk organik dari kotoran dan air seninya juga mempunyai nilai jual selain dagingnya.
  • Harga daging kelinci tergolong terjangkau yakni berkisar Rp 50.000 / kg. Dan dagingnya memilki kadar protein lebih baik bila dibandingkan dengan jenis daging sapi, unggas bahkan kambing.

Akhir Kata

Demikian ulasan peluang usaha ternak kelinci pedaging yang bisa anda coba. Semoga artikel sederhana ini dapat menambah wawasan anda yang ingin memulai wirausaha di bidang peternakan khususnya kelinci pedaging. Dengan harapan pada akhirnya pelaku usaha bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari hasil usaha budidaya hewan berkuping panjang ini.

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch – Kelinci saat ini telah menjelma menjadi hewan peliharaan favorit …