Cara Merawat Kelinci Hamil Hingga Melahirkan

Cara Merawat Kelinci Hamil Hingga Melahirkan

Cara Merawat Kelinci Hamil Hingga Melahirkan – Kelinci yang sedang hamil dengan yang tidak seyogianya ada perbedaan. Bedanya pada perawatan kelinci hamil memerlukan perawatan yang lebih ekstra dan khusus agar janin yang ada dikandungannya berkembang dengan baik dan pastinya agar semua anakan dalam rahim si induk bisa lahir dengan selamat pada saat masa kelahiran tiba.

Umum diketahui bahwa induk kelinci betina yang tengah bunting kerap stres. Hal ini biasnya karena faktor pakan atau lingkungan yang tidak mendukung. Pada saat hamil indukan betina lebih sensitif, maka dari itu dibutuhkan perawatan yang baik dan benar. Selain itu, faktor penunjang lain nya harus terpenuhi dengan baik seperti pakan bernutrisi serta kebersihan kandang dsb.

Cara Merawat Kelinci Hamil Hingga Melahirkan

Berikut beberapa cara perawatan kelinci hamil sampai melahirkan baik itu kelinci hias ataupun kelinci pedaging pada dasarnya sama saja.

Berikan makanan bernutrisi

Penting hukumnya untuk memberikan makanan kelinci yang bergizi dan berkaulitas. Artinya sebagai pemilik harus menghidangkan makanan yang mengandung protein dan nutrisi penting dan selang seling. Seperti rumput-rumputan, kangkung, wortel, ampas tahu, pellet dan juga air minum. Makanan tersebut di atas dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi baik anakan maupun indukan, sehingga keduanya sama-sama sehat sampai kelahiran.

Pisahkan Kandang Induk Betina Dengan Pejantan

Selama dalam masa kehamilan induk kelinci betina harus dipisah dengan pejantan. Untuk menghindari stress yang dapat berakibat fatal terhadap si betina, maka sebaiknya pisahkan kendang betina dan jantan. Karena jika ditempatkan dalam satu kendang, jantan akan terus mengejar si betina dan memaksa untuk kawin setiap hari. Itu sangat berbahaya bagi si betina, jadi sebaiknya hindari menempatkan dalam satu kendang!

Jaga kebersihan kandang

Kebersihan Kandang kelinci tentu sangat akan menentukan Kesehatan dari betina yang sedang mengandung dan ke janin yang dikandungnya. Jika kandang kotor dan tidak dibersihkan maka akan menjadi sarang parasit dan menjadi sumber penyakit yang akan menyerang indukan dan akan berakibat juga ke janin kelinci. Selain itu kandang kelinci yang bersih dan tidak bau juga akan membuat kelinci betina merasa lebih nyaman.

Sediakan kotak sarang

Ketika sudah lima hari menjelang kelahiran, kandang harus disediakan kotak sarang sebagai tempat unutk melahirkan anak kelinci nantinya. Yang harus diperhatikan adalah, kotak sarang harus diberikan alas berupa kain ataupun rumput kering agar induk dan anak kelinci merasa nyaman Ketika sudah melahirkan.

Salah satu tanda indukan kelinci akan segera melahirkan adalah ia akan mencabuti bulu – bulunya yang kemudian akan dijadikan sebagai alas untuk menghangatkan anaknya karena anakan kelinci yang baru lahir belum memiliki bulu dan mata masih tertutup.

Akhir Kata

Sekian sharing kali ini tentang cara merawat kelinci hamil hingga melahirkan. Kamu juga perlu tahu ciri – ciri kelinci betina hamil agar tepat dalam melakukan penanganan. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi kita semua rabbitlovers.

 

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch – Kelinci saat ini telah menjelma menjadi hewan peliharaan favorit …