Karakteristik Kelinci

Karakteristik Kelinci , Hewan Imut Yang Menggemaskan

Karakteristik Kelinci Kelinci adalah hewan yang mempunyai tampang yang lucu dan menggemaskan. Selain itu, warna bulunya yang indah juga membuat kelinci banyak dipelihara dan di kembangbiakan sebagai binatang hias.

Jenis kelinci peliharaan yang ada di Jawa biasanya adalah jenis Lepus negricollis, sementara jenis kelinci yang biasanya ditemukan di Sumatra itu berjenis Nesolagus netseherischlgel. Sedangkan untuk ras kelinci ada berbagai macam yang antara lain kelinci Angora, Lyon, American Chinchilla, Dutch, English Spot, Himalayan, dan lain-lainnya.

Karakteristik Kelinci

Jika kalian hendak menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan, maka sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu karakteristik hewan ini secara lengkap. Tentu saja hal ini ada tujuannya, yakni supaya pemiliknya nanti bisa memberikan pelayanan yang tepat kepada kelinci sehingga nantinya kelinci bisa hidup sehat dan senang.

Berdasarkan buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5 oleh Christina Umi, karakteristik kelinci yang harus kalian ketahui sebelum berencana mengadopsinya sebagai hewan peliharaan yakni sebagai berikut.

Secara umum, berikut adalah klasifikasi kelinci:

  • Kerajaan: Animalia
  • Superfilum: Chordata
  • Filum: Vertebrata
  • Kelas: Mammalia
  • Ordo: Lagomorpha
  • Famili: Leporidae

1. Hewan Vertebrata

Kelinci termasuk kelompok hewan mamalia yang tergolong vertebrata. Vertebrata adalah hewan yang mempunyai tulang belakang, tulang belakang ini berfungsi untuk menopang tubuh, melindungi sumsum tulang belakang dan menghubungkannya ke sistem saraf. Itulah sebabnya mengapa komposisi tubuh kelinci dan sistem kerja organ kelinci jauh lebih sempurna.

Berikut ini adalah ciri-ciri kelinci sebagai hewan vertebrata:

  • Memiliki tulang belakang lurus dari kepala sampai ke ekor.
  • Mempunyai kepala, leher, badan dan juga ekor.
  • Mempunyai tengkorak di bagian kepala untuk melindungi otak.
  • Memiliki dua pasang alat gerak di bagian tubuh.

2. Vivipar

Kelinci merupakan hewan vivipar yang artinya kelinci berkembang biak dengan cara melahirkan. Proses reproduksi kelinci embrionik terjadi didalam tubuh kelinci betina, sehingga janin akan menerima nutrisi dari sang ibu. Berikut ini ciri-ciri yang menunjukan karakteristik kelinci sebagai hewan vivipar:

  • Melahirkan dari tubuh induknya.
  • Kelinci betina memiliki kelenjar susu.
  • Kelinci betina menyusui anaknya.
  • Tubuh dilapisi dengan rambut (bulu).
  • Mempunyai daun telinga.

3. Hewan Herbivora

Meskipun kelinci termasuk hewan mamalia, tetapi kelinci adalah hewan herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Kelinci lebih menyukai sayuran, biji-bijian atau rumput, tetapi makanan favorit kelinci adalah wortel. Nah ada beberapa makanan kelinci dengan gizi yang tinggi dan sangat baik bagi kelinci.

4. Hewan Nokturnal

Salah satu karakteristik kelinci yang jarang orang tahu adalah kelinci cenderung lebih aktif pada malam hari, atau yang biasa disebut dengan hewan nokturnal. Kelinci mempunyai penglihatan yang tajam sehingga tetap bisa melihat meski di ruangan yang remang-remang sekalipun. Mata kelinci bahkan terletak di sisi kanan dan kiri kepalanya sehingga, kelinci dapat melihat 360 derajat. Jadi, tidak heran jika hewan ini bisa menyelamatkan diri dengan cepat karena kelinci dapat menemukan mangsa dan pemangsa.

5. Bernapas dengan Paru-paru

Sebagai hewan mamalia, kelinci punya alat pernafasan berupa parau-paru. Kondisi ini dipengaruhi juga oleh habitat kelinci yang hanya bisa hidup didarat.

6. Memiliki Telinga yang Panjang

Yang membedakan kelinci dengan hewan lain adalah telinganya. Kelinci memiliki telinga yang panjang. Karena itulah, kelinci memiliki pendengaran yang sensitif untuk mendeteksi mangsanya. Tak hanya itu, telinga kelinci ini juga bisa untuk mengatur dan menstabilkan suhu tubuh.

7. Memiliki Gigi Depan yang Panjang

Kelinci mempunyai sepasang gigi depan yang besar atau gigi seri yang fungsinya untuk mengunyah atau memotong makanan. Selain itu, gigi kelinci juga cukup untuk menggigit dan melarikan diri dari pemangsa.

 

8. Memiliki Kaki Belakang yang Kuat

Bagaimana karakteristik organ gerak kelinci ? Kelinci punya dua kaki belakang yang kuat untuk berjalan, berlari dan juga melompat. Dengan kakinya yang kuat ini, memungkinkan kelinci bisa melompat hingga 10 kaki menggunakan keempat kakinya. Hal inilah yang membuat kelinci terkenal sebagai hewan yang lincah.

9. Kelinci Dapat Melahirkan 2040 Bayi Setiap Tahunnya

Tidak bisa membayangkannya bukan? Dalam setahun, kelinci bisa melahirkan hingga 2040. Jadi, tepat sekali jika kalian memutuskan untuk membangun peternakan kelinci.

10. Kelinci Membutuhkan Setidaknya 4 jam Latihan Setiap Hari

Jika kalian memelihara kelinci dan kelinci kalian sering mati secara mendadak meski sudah terpenuhi kebutuhan makanan nya, maka sebaiknya kalian periksa kandangnya. Kandang untuk kelinci itu minimal berukuran 60 x 50 x 40 cm. Dan jangan lupa setiap pagi nya kalian ajak kelinci kalian jalan-jalan.

11. Kelinci Tidak Bisa Muntah

Biasanya sebagian ibu-ibu marah kepada anak-anak mereka yang ingin memelihara kelinci karena bau muntah kelinci yang tidak sedap. Tetapi menurut pendapat peneliti, sebenarnnya kelinci itu tidak bisa muntah karena kelinci tidak memiliki usus (tanpa lambung) sebagai proses pencernaannya.

12. Kelinci Merupakan Hewan yang Mudah Stres

Kelinci termasuk hewan yang mudah sekali mengalami stres. Itulah mengapa kalian harus mengajaknya bermain diluar kandang dengan berjalan-jalan di pagi hari. Selain berjalan-jalan, kalian bisa juga membuatkan beberapa rintangan untuk kelinci kalian guna melatih lompatannya, tetapi buatlah yang sederhana saja jangan yang terlalu susah.

Manfaat Memelihara Kelinci

Setelah kalian mengetahui karakteristik serta cara merawat kelinci, tapi apakah kalian sudah yakin ingin memelihara kelinci? Supaya lebih mantap lagi, kalian bisa memahami manfaat memelihara kelinci berikut ini:

1. Menjadi Hiburan dan Mengisi Waktu Luang

Cobalah untuk bermain dengan kelinci, karena tingkah lakunya yang lucu dan energik bisa saja membuat kalian terhibur dari rasa penat. Seperti yang kita tahu kalau kelucuan hewan ini sudah tidak perlu diragukan lagi, jadi bisa kalian jadikan sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan.

2. Dapat Melatih Kedisiplinan

Saat memelihara kelinci, kalian akan dilatih disiplin. Tentunya kalian tidak mau bukan jika kelinci imut kalian mati. Jadi, kalian harus merawatnya dengan benar seperti memberinya makan tepat waktu, membersihkan kandangnya juga tepat waktu supaya kelinci tetap terjaga kesehatannya.

3. Belajar Menyayangi dan Mencintai Binatang

Manfaat yang satu ini sebenarnya berlaku untuk semua jenis hewan peliharaan. Tak hanya kepada kelinci, kita akan jadi pribadi yang menyayangi hewan jika kita berusaha merawat dan memeliharanya dengan baik dan bersungguh-sungguh.

4. Hiasan Rumah Agar Terlihat Lebih Hidup

Dengan hadirnya kelinci didalam rumah kalian akan membuat halaman jadi tampak lebih hidup karena tingkah lucunya.

5. Dapat Mengurangi Stres

Jika kalian merasa lelah setelah bekerja, cobalah kalian lihat wajah kelinci yang lucu ini sambil bermainlah sebentar dengannya. Hal ini bisa mengurangi stres mental.

Akhir Kata

Dan itulah tadi penjelasan tentang karakteristik kelinci, cara merawat dan juga manfaat memeliharanya. Mungkin kelinci sudah tidak asing lagi bagi kita, tetapi tidak banyak dari kita yang mengerti karakteristiknya.

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Anggora yang Perlu Diketahui

Ciri – Ciri Kelinci Anggora yang Perlu Diketahui

Ciri – Ciri Kelinci Anggora – Kelinci angora atau yang lebih umum dikenal dengan sebutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.