Ciri – Ciri Kelinci Hamil, Peternak Kelinci Wajib Tahu

Ciri – Ciri Kelinci Hamil, Peternak Kelinci Wajib Tahu

Ciri – Ciri Kelinci Hamil – Setelah induk kelinci betina dikawinkan dengan pejantan diharapkan langsung hamil beberapa hari kemudian, agar proses peternakan berjalan lancar sehingga cepat mengahsilkan anakan pula.

Jika kamu adalah seorang yang baru terjun dalam dunia ternak kelinci dan masih pemula, tentu akan kesulitan dalam menentukan apakah kelinci betina hamil atau tidak.

Supaya pendeteksian Kelinci Hamil lebih akurat sebaiknya anda ketahui dulu ciri-ciri kelinci betina hamil itu seperti apa, baik dari segi fisik maupun tingkah lakunya.

Di minggu-minggu pertama biasanya kelinci yang tengah hamil muda tidak begitu mencolok perbedaannya. Oleh karena itulah, diperlukan pengetahuan serta pengalaman yang cukup agar bisa mendeteksi kelinci hamil secara akurat.

Perlu anda ketahui, ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika bisa membedakan mana Kelinci yang hamil dan yang tidak di usia dini. Salah satunya usaha peternakan kelinci bisa lebih cepat berkembang, sebab anda dapat melakukan tindakan lebih cepat dan tepat terhadap kelinci betina yang tidak hamil tersebut dengan cara segera mengawinkannya kembali, tanpa harus menunggu hingga 1 bulan kemudian.

Selain itu anda juga dapat memberikan perawatan pada kelinci yang hamil dengan tepat sehingga dapat mengurangi resiko -resiko. Berikut tanda kehamilannya.

Ciri-Ciri Kelinci Hamil

Doyan makan

Kelinci yang hamil umumnya mengonsumsi makanan lebih banyak. Sebab untuk kebutuhan makanan bagi anak-anaknya yang masih berada di dalam kandungan.

Membuat sarang

Kurang lebih 5 hari sebelum melahirkan biasanya induk kelinci betina yang tengah hamil akan membuat sarang dari rumput yang ada di dalam kandang. Indukan tersebut sering kali kelihatan mengangkut rumput dengan cara digigit lalu dibawa ke dalam kotak sarang.

Ada benjolan di perut

Biasanya diusia kehamilan yang ke 17 ke atas pada bagian perut ada semacam benjolan kecil seperti bakso. Untuk mengehui ada tidaknya benjolan tersebut maka anda harus meraba perut bagian bawah. Caranya angkat induk kelinci dengan lembut lalu dielu-elus kemudian diraba bagian bawah perutnya menggunakan ujung jari secara lembut. Jikalau tidak ada benjolan cobalah sedikit ditekan untuk memastikan ada tidaknya benjolan tersebut.

Lebih agresif

Induk kelinci betina yang telah hamil biasanya karakternya cendrung agresif baik pada pemilik maupun pada kelinci lain yang ada di dalam kandang. Hal ini mungkin sebuah upaya untuk melindungi janin yang ada di dalam perutnya.

Tips Tambahan

Masa kehamilan seekor Kelinci sekitar 30 hari terhitung dari kehamilan hari pertama sampai melahirkan. Nah, 5 hari sebelum kelahiran sebaiknya anda siapkan kotak sarang yang biasanya terbuat dari kayu, atau karton yang cukup kokoh.

Sebelum melahirkan anakana maka indukan akan membuat sarang terlebih dahulu dari rumput yang ada di dalam kandangnya. Lalu beberapa jam sebelum kelahiran indukan akan mencabuti bulunya sendiri sebagai alas anak-anaknya. Bayi kelinci yang baru lahir belum ditumbuhi bulu jadi hanya kulit tipis menjadi pelindung tubuhnya.

Akhir Kata

Demikian tips cara mengetahui ciri-ciri kelinci hamil. Berharap informasi singkat di atas dapat memberikan manfaat pada rabbit lovers semua.

 

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch – Kelinci saat ini telah menjelma menjadi hewan peliharaan favorit …