Ternak Kelinci Hias, Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Ternak Kelinci Hias, Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Ternak Kelinci Hias – Banyak peluang bisnis yang bisa dijalakan dan dikembangkan oleh seseorang berdasarkan hobi atau kecintaannya. Salah satu bisnis yang kini masih terbuka lebar dan memiliki prospek keuntungan menggiurkan adalah peluang bisnis ternak kelinci hias. Mengapa? Kelinci hias yang terkenal lucu dan gemesin tersebut selalu menarik perhatian untuk dijadikan hewan peliharaan favorit terutama bagi anak-anak, remaja dan wanita. Disamping itu kelinci hias mempunyai nilai jual yang relatif mahal.

Selain kelucuan dan keimutannya, kelinci hias termasuk binatang peliharaan yang dapat berkembang biak dengan sangat produktif. Betapa tidak… dalam sekali melahirkan induk kelinci betina dapat melahirkan anakan sebanyak 7 ekor sekaligus. Tentu hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para peternak lantaran produktifitasnya yang tinggi, sehingga mampu mendatangkan pundi-pundi uang ke kantong anda.

Peluang Bisnis Ternak Kelinci Hias

Nah untuk lebih jelasnya berikut kami jelaskan beberapa alasan mengapa harus memilih peluang bisnis kelinci hias sebagai bisnis utama maupun sampingan yang menguntungkan. Silakan anda perhatikan apa kira-kira yang menjadi alasan logisnya sehingga layak dikembangkan. Berikut beberapa keuggulan atau kelebihan peluang bisnis beternak kelinci hias.

Kelinci hias produktifitasnya sangat tinggi

Produktifitasnya yang tinggi bahkan lebih tinggi dari hewan peliharaan lain seperti kucing dan anjing dan masih lebih tinggi dari hewan ternak seperti kambing, sapi dan domba. Dalam satu tahun seekor induk kelinci betina dapat melahirkan sekitar 6 kali dengan jumlah anak rata-rata 6 ekor dalam sekali kelahiran. Masa kehamilan yang singkat hanya 30 hari.

Dengan begitu satu indukan akan menghasilkan anakan sebanyak kurang lebih 36 ekor dalam setahun. Merupakan angka yang cukup membanggakan bukan!. Perkembangbiakan kelinci memang sangat cepat dengan pola perawatan kelinci dari hamil hingga melahirkan yang relatif mudah.

Harga anakan dan induk kelinci hias relatif mahal

Di Marketplace, rata-rata anakan kelinci hias umur 45 hari atau setelah disapih dari induknya dipatok harga Rp 50.000 ke atas. Umumnya jenis kelinci hias yang paling banyak diminati oleh rabbit lovers adalah kelinci anggora, rex bulu karpet, fuzzy lop, netherland dwarf dan masih banyak lagi lainnya.

Perawatan relatif mudah

Kelinci hias selain terkenal akan kelucuannya ternyata perawatannya juga mudah. Pemilik hanya cukup menyediakan kandang sederhana namun memiliki kontruksi yang baik bagi kelinci, seperti bagian alas berlubang (agar kotoran jatuh ke bawah) dan kandang tidak terkena panas matahari langsung dan hujan.

Pakannya pun berupa rumput dan sayuran, selain itu ia juga doyan makan pellet. Nah, apabila anda bisa buat pellet sendiri tentu hal ini menjadi nilai tambah bagi peternak. Sebab lebih praktis dan pakan dapat disimpan cukup lama, jadi tanpa perlu ngarit setiap hari.

Kelinci hias disukai banyak orang

Salah satu hewan peliharaan favorit adalah kelinci hias. Banyak orang meyukai kelinci lantaran lucu dan bikin gemes, terutama anak-anak, remaja dan wanita. Sehingga hal ini menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, rasanya dimana ada anak-anak, remaja dan wanita disitulah usaha bisnis kelinci hias akan terus berkembang, sebab itulah target market kelinci hias sehingga penjualan tidak akan terlalu sulit nantinya.

Pemasaran relatif mudah

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan dalam menjual anakan kelinci hias hasil peternakan. Salah satunya yaitu menjual kelinci hias di tiap-tiap ada acara pasar malam atau expo. Selain itu anda juga bisa menjual dari rumha saja dengan bantuan promosi online lewat facebook, bbm dan twitter. Nah selain anda jualan offline anda juga bisa jualan online dengan bantuan internet tadi.

Kotoran dan air seni kelinci bisa buat pupuk

Air seni kelinci memiliki kadar nitrogen cukup tinggi, sehingga sangat baik bila dijadikan pupuk organik. Pupuk organik dari air seni kelinci juga mempunyai nilai jual jadi selain anda mendapatkan penghasilan dari penjualan anakan maka anda juga mendapatkan pemasukan dari hasil penjualan pupuk organik tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai peluang bisnis ternak kelinci hias. Semoga dengan adanya ulasan sederhana di atas anda bisa memahami bahwa peluang usaha dibidang kelinci hias ini  memang patut dijalankan. Sejatinya meski tidak jadi peternak anda bisa menjadi pengepul kemudian mendistribusikan anakan kelinci yang lucu dan gemesin tersebut kepada rabbit lovers di tanah air. Selain ternak ternak kelinci hias, kamu juga bisa mencoba peluang usaha ternak kelinci pedaging. Selamat mencoba.

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch – Kelinci saat ini telah menjelma menjadi hewan peliharaan favorit …