Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui

Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui ? Ini Solusinya

Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui – Bagi anda yang baru pertama kali beternak kelinci akan menemui hal-hal aneh yang belum menemukan jawabannya. Salah satunya adalah induk kelinci betina tidak menyusui anakan yang seolah-olah cuek dan sengaja tidak memberinya asi pada anakan usai melahirkan.

Jadi jikalau ada seorang peternak menanyakan hal tersebut sebaiknya diperjelas lagi, apakah induk kelinci betul-betul tidak mau menyusui bayinya atau indukan menyusui pada jam-jam tertentu tanpa sepengetahuan pemilik.

Untuk memastikan apakah benar indukan tidak memberi asi pada anak-anaknya, cobalah lihat kondisi bayi-bayi kelinci yang ada pada kotak sarang besok harinya. Jika semua beby dalam keadaan sehat dengan kondisi kulit tubuh bayi tersebut tidak terlihat kurus (kulit keriput) berarti semuanya baik-baik saja, sebab kesemua anakan sudah minum asi yang diberikan induknya dengan kata lain disusui oleh induknya.

Oleh karena itu, sebagai peternak kelinci yang baik penting hukumnya memahami karakteristik kelinci dalam peternakan khususnya ketika indukan sudah mulai berproduksi. Sebab hewan lucu ini memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri dengan hewan peliharaan lainnya.

Kelinci yang dicap sebagai hewan lucu dan gemesin ini sangat berbeda dengan kucing maupun hamster ketika sedang menyusi anak-anaknya. Kalau kucing dan hamster sering kali menyusui bayinya disiang bolong bahkan ketika banyak orang disekitarnya.

Hal ini berbeda dengan kelinci, kelinci biasanya menyusui bayinya di tengah malam, atau disaat hari sudah malam. Dalam waktu 24 jam paling tidak indukan akan menyusui bayi nya sebanyak 2 kali saja yakni di malam hari dan menjelang subuh.

Tips Ampuh Saat Induk Kelinci Baru Melahirkan

Nah, saat induk kelinci telah melahirkan anakan di sarang ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar bayi-bayi tersebut terus hidup hingga dewasa tanpa ada yang mati usia dini.

Perhatikan kebutuhan pakannya, jangan sampai telat memberinya makan. Pakan kelinci juga harus baik seperti rumput, kangkung, wortel dan pellet.

Air minum juga jangan sampai kehabisan, ar menjadi sumber utama kehidupan bagi anakan dan indukan, mengingat air susunya akan mengalir deras jika ditunjang dengan air bersih yang cukup. Meski pada rumput sudah mengandung air namun hanya dalam jumlah kecil.

Jagalah kondisi kandang kelinci agar selalu bersih dan kering. Dan pastikan kandang ternak kelinci harus terbebas dari hewan pemangsa seperti kucing dan tikus agar indukan merasa tenang.

Ciri-Ciri Anakan Kelinci Tidak Disusui Induknya

Perhatikan pada kondisi badan dan kulit bayi kelinci. Jika kondisi badannya gemuk atau kulitnya terlihat tidak kendur berati semuanya sudah menerima asupan air susu dari induknya.

Penyebab Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui

Induk Kelinci biasanya menyusui anaknya 2x dalam sehari, jadi untuk memastika penyebab induk kelinci tidak tidak menyusui harus diamati pada saat sore hari hingga subuh. Amati baik – baik dan jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan.

Jika hasilnya adalah induk kelinci tidak menyusui pada sore hari, maka bisa dikatakan itu adalah hal yang wajar. Penyebab yang harus diperhatikan oleh peternak jika induk kelinci tidak mau menyusui adalah sebagai berikut :

Indukan Kelinci Stress

Biasanya indukan kelinci mengalami stress di karenakan pada saat hamil indukan kelinci tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari peternak. Bisa dikarenakan kurangnya asupan makanan, kebersihan kandang yang tidak dijaga dan banyak faktor lainya.

Jika indukan kelinci yang sedang menyusui mengalami stress, segera pisahkan dengan anaknya dan sapih anakan kelinci tersebut. Jika anakan kelinci tidak dipisahkan dari indukanya, ada kemungkinan induk kelinci akan memakan anaknya karena stress.

Indukan Mengalami Masitis

Masitis adalah keadaan dimana kelenjar susu tersumbat, hal ini membuat induk kelinci merasa sakit ketika anaknya menyusu. Jika indukan kelinci mengalami masitis maka perlu penanganan dokter hewan. Penyebab dari masitis sendiri biasanya adalah karena gangguan fisiologi.

Air Susu Kering

Air Susu kering atau tidak ada biasany terjadi karena indukan kelinci mengalami gizi buruk pada saat hamil, proses melahirkan, dan pasca melahirkan. Jika ini yang terjadi pada Induk kelinci, beria asupan makanan yang bergizi dan seimbang terutama  makanan yang mengandung serat dan berikan air minum yang cukup agar kelinci indukan dapat memproduksi air susu kembali.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai induk kelinci tidak menyusui anak-anaknya. Semoga bermanfaat.

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch – Kelinci saat ini telah menjelma menjadi hewan peliharaan favorit …

Leave a Reply

Your email address will not be published.