Begini Syarat dan Cara Cek Penerima Bantuan Langsung Tunai BBM

Begini Syarat dan Cara Cek Penerima Bantuan Langsung Tunai BBM

Syarat dan Cara Cek Penerima Bantuan Langsung Tunai BBM – Beberapa waktu yang lalu pemerintah telah resmi menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Untuk itu pemerintah juga memberikan kompensasi kepada masyarakat untuk meringankan imbas dari kenaikan harga bbm bersubsidi ini.

Kompensasi tersebut berupa bantuan sosial tunai bahan bakar minyak atau BLT BBM yang juga telah mulai disalurkan ke masyarakat.

Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 12,4 triliun untuk disalurkan kepada 20,65 juta daftar penerima. Lalu siapa saja yang berhak menjadi penerima BLT BBM ini ? dan bagaimana cara mengecek daftar penerima Bantuan Tunai BBM ?

Cara Cek BSU di Apliksi JMO

Untuk mengecek siapa saja daftar penerima bantuan tunai bbm dapat dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi cek bansos, atau bisa juga dengan mengunjungi webite cekbansos.kemensos.go.id.

Kemudian apabila belum mendapatkan bantuan tunai BBM masyarakat dapat mengajukan diri sebagai penerima atau mendaftarkan orang lain yang dianggap pantas melalui Program usul dan sanggah.

Program usul dan sanggah adalah sebuah fitur yang tersedia di dalam aplikasi Cek bansos yang dapat di download dari Google Playstore. Selain fitur usul dan sanggah, aplikasi cek bansos ini juga dapat digunakan untuk mengecek daftar penerima bansos.

Syarat Penerima BLT BBM Rp 600 ribu

Adapun beberapa persyaratan yang harus terpenuhi untuk bisa mendapatkan bantuan langsung tunai BBM dari pemerintah adalah sebagai berikut :

  1. Warga miskin atau rentan miskin
  2. Bukan aparatur sipil negara (ASN), TNI atau Polri
  3. Terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam DTKS Kemensos
  4. Warga atau pekerja berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta.

Jika tidak terdaftar menjadi penerima BLT BBM namun telah memenuhi persyaratan di atas, kamu bisa mengajukan diri menjadi penerima BLT menggunakan fitur usul dan sanggah yang ada dalam aplikasi cek bansos.

Selain bisa untuk mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang dirasa layak untuk mendapatkan bantuan langsung tunai, aplikasi cek bansos juga bisa digunakan untuk menyanggah penerima bantuan yang dianggap sebenarnya mampu dan tidak memenuhi persyaratan diatas.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menhubungi call center kemensos di nomor 021-171. Atau masyarakat juga bisa mendatangi kantor desa atau kelurahan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.