Cara Daftar DTKS Online, Untuk Mendapat Bantuan Dana Sosial (Bansos) Pemerintah

Cara Daftar DTKS Online – Pemerintah masih terus melanjutkan program Bantuan Dana Sosial yang diberikan kepada masyarakat seperti PKH, BLT BBM, BPNT, dan masih banyak yang lainya.

Hal ini tentu akan sangat meringankan beban masyarakat dengan ekonomi yang tidak mampu dan juga terdampak oleh pandemic Covid 19.

Namun pada kenyataan di lapangan, ternyata masih banyak bantuan yang tidak tepat sasaran dan banyak juga masyarakat yang layak mendapatkan bantuan tapi justru tidak mendapatkan.

Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan Bantuan Dana Sosial atau bansos adalah terdaftar sebagai anggota Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kemensos.

Baca Juga : Cara Cek Penerima Bansos PKH Tahap 4, BLT Anak Sekolah hingga Ibu Hamil Secara Online

Baca Juga : Syarat untuk Mendapatkan BLT UMKM atau BPUM

Baca Juga : Cek Penerima BLT Balita Online di HP

Baca Juga : Cek Daftar Penerima BLT BBM Tahap 2

Masyarakat yang tidak terdata di DTKS dipastikan tidak dapat mendapatkan bantuan dari pemerintah. Bagi anda yang belum terdaftar tak perlu khawatir karena anda bisa mendaftar DTKS sendiri secara Online melalui aplikasi cek bansos ataupun dengan mendatangi ke kantor pemerintah setempat.

Selain dapat digunakan untuk mendaftar DTKS secara online, aplikasi cek bansos juga dapat digunakan untuk melakukan usulan dan sanggah penerima bansos.

Cara Daftar DTKS Online

Untuk mendaftar DTKS secara online dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi cek bansos. Untuk itu ikuti Langkah – Langkah berikut ini :

  1. Pertama download dan instal aplikasi cek bansos dari Google Playstore
  2. Setelah berhasil di instal, buat akun baru di aplikasi cek bansos dengan menggunakan KTP, KK, kemudian melakukan foto selfie dengan memegang KTP.
  3. Setelah berhasil membuat akun baru, Langkah selanjutnya adalah mengajukan diri ke DTKS dengan cara login ke aplikasi cek bansos
  4. Setelah berhasil login, masuk ke menu “Daftar Usulan” kemudian isi form pendaftaran dengan lengkap dan benar
  5. Setelah selesai klik “Tambah Usulan”

Setelah semua proses pendaftaran selesai, data yang anda masukan akan diproses dan diverifikasi oleh Kemensos. Cek secara berkala status pengajuan di https://cekbansos.kemensos.go.id/ atau melalui aplikasi Cek Bansos.

Sebagai informasi tambahan, DTKS adalah layanan system data yang mencakup pelaynan Kesejahteraan Sossial (PPKS),Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, dan juga Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Sebanyak 40% data penduduk dengan status kesejahteraan sosial rendah, termasuk juga dengan data penerima bantuan sosial pemerintah, tercatat di DTKS.

Berdasarkan data dari DTKS tersebut, kemensos dapat menentukan siapa saja yang berhak untuk menjadi penerima bantuan dana sosial.

DOWNLOAD