Penyebab Kelinci Gagal Hamil, Peternak Wajib Tahu !!!

Penyebab Kelinci Gagal Hamil, Peternak Wajib Tahu !!!

Penyebab Kelinci Gagal Hamil – Walaupun dalam proses mengawinkan sepasang kelinci jantan dan betina terlihat lancar dan sukses. Namun tidak sedikit peternak yang mengalami kelinci betina gagal hamil meskipun sudah dikawinkan sebelumnya. Maka dari itu, sebaiknya cari tahu apa kira-kira yang menjadi penyebabnya sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Secara umum ada beberapa faktor yang dapat menghmbat kelinci betina gagal hamil, meski telah dikawinkan dengan pejantan secara benar sesuai aturan yang sudah umum dilakukan.

Penting: perhatikan beberapa hal berikut yang dapat menjadi biang keladinya mengapa Kelinci Betina tidak hamil usai dikawinkan, hal ini penting jika kamu ternak kelnci. Berikut beberapa hal yang menjadi sabab musababnya.

Penyebab Kelinci Gagal Hamil

1. Umur terlalu tua atau terlalu muda

Umur kelinci yang terlalu tua dapat menjadi pemicunya, sebab produktifitasnya sudah mulai menurun. Sebagai acuan, kelinci yang dikatakan terlalu tua jikalau usia nya sudah 4 tahunan ke atas. Selain faktor usia ketuaan ternyata pabila usia kelinci masih berusia 5 bulan ke bawah maka tingkat keberhasilannya sangat kecil,  karena masih belum matang kelamin. Faktor usia ini berlaku untuk semua jenis kelamin apa itu jantan maupun betina.

2. Suhu udara terlalu panas

Oleh karena itu dalam proses perkawinan disarankan untuk mengawinkan pasangan induk kelinci di pagi hari atau malam hari, agar proses pembuahan didukung suhu udara yang nyaman bagi kelinci sehingga dapat meminimalisir kegagalan kehamilan.

3. Kelinci betina kegemukan

Induk Kelinci yang terlalu gemuk biasanya susah hamil. Hal ini berlaku untuk semua jenis peliharaan apakah itu kucing, anjing atau marmot sekalipin. Sepertinya sudah menjadi hokum alam, oleh karenanya sebaiknya pilih induk kelinci yang memiliki berat ideal.

4. Sperma induk pejantan lemah

Sperma induk pejantan yang lemah kerap menjadi penyebab kegagalan dalam membuahi induk betina. Sebaiknya saat sebelum mengawinkan kedua indukan diberikan makanan kelinci yang berkualitas dan bervariasi. Seperti kombinasi pellet, rerumputan dan sayuran hijau.

5. Cuaca tidak menentu

Faktor cuaca yang tidak menentu ini sudah sewajarnya bisa menghambat keberhasilan dalam mengawinkan kelinci. Maksud cuaca tidak menentu adalah cuaca sering kali berubah, misal dari cuaca cerah tiba-tiba turun hujan maupun sebaliknya. Sehingga kelinci jadi stres, daya tahan tubuh menurun akhirnya mudah terserang penyakit yang ujung-ujungnya gagal hamil.

Akhir Kata

Demikian ulasan singkat tentang faktor penyebab induk kelinci betina gagal hamil. Nah dengan mengetahui penyebabnya seperti diuraikan di atas diharapkan anda dapat meminimalisirnya terutama pada fakor internal kelinci. Sehingga Induk Kelinci Betina selalu hamil usai dikawinkan dengan pejantan.

Setelah kelinci berhasil hamil, maka kamu perlu mengetahui cara merawat kelinci hamil hingga melahirkan agar anakan kelinci selalu sehat.

Check Also

Ciri - Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch dan Harganya

Ciri – Ciri Kelinci Dutch – Kelinci saat ini telah menjelma menjadi hewan peliharaan favorit …